Sukses

Mengenal Tujuan Humas dalam Organisasi, Pahami Fungsi dan Keuntungannya

Tujuan humas yang paling utama adalah untuk menjaga reputasi atau nama baik perusahaan ataupun lembaga tetap baik.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan humas yang paling utama adalah untuk menjaga reputasi atau nama baik perusahaan ataupun lembaga tetap baik. Hal inilah yang mendasari setiap tugas dan tanggung jawab humas dalam membangun dan membina hubungan yang baik dengan semua pihak.

Humas atau kependekan dari hubungan masyarakat merupakan salah satu jabatan yang selalu ada dan dibutuhkan setiap perusahaan serta berbagai lembaga atau instansi lainnya. Dalam hal ini, humas memiliki peranan penting dalam menjembatani kepentingan perusahaan atau lembaga dengan masyarakat atau publik. 

Bukan hanya itu, humas juga seseorang yang bertugas membina hubungan baik dengan pihak luar, mulai dari hubungan kerja sama dengan perusahaan atau lembaga lain maupun hubungan dengan media. Hal ini tidak lain dilakukan untuk melancarkan setiap pekerjaan atau proyek yang sedang dilakukan, sehingga akan mencapai hasil yang optimal dan menguntungkan bagi semua pihak.

Untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai definisi humas, tujuan humas, hingga fungsi dan keuntungan penggunaanya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (25/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Humas

Humas adalah kepanjangan dari hubungan masyarakat. Dalam sebuah organisasi, humas berperan mengomunikasikan segala yang berkaitan dengan masyarakat dan organisasi. Peranan humas yang paling utama adalah membangun hubungan baik dan saling menguntungkan dengan publik.

Membangun sebuah citra yang baik di masyarakat adalah tugas seorang humas. Begitu juga fungsi humas dalam organisasi, mampu mengomunikasikan segala sesuatu dengan baik dan bijak. Humas bekerja dengan strategi komunikasi, bisa mengelola penyampaian dan penyebaran informasi yang dapat dimengerti sekaligus diapresiasi publik terkait organisasi.

Tujuan humas yang utama saat didirikan adalah mengoptimalkan keberadaan organisasi. Bukan sekadar membangun reputasi positif dan nama baik organisasi. Melainkan membantu organisasi lebih dipercaya dan mampu mencapai tujuan organisasi itu berdiri. Begitu juga mampu memberikan keuntungan bagi organisasi dan publik.

 

3 dari 6 halaman

Tujuan Humas

Setelah memahami pengertian humas, berikutnya perlu diketahui hal apa yang menjadi tujuan humas dalam melakukan setiap tugasnya. Tujuan humas yang paling utama tidak lain adalah menjaga reputasi positif atau nama baik dan menjaga hubungan strategis dengan publik, calon pelanggan, mitra kerja, investor, karyawan, dan pihak-pihak pemangku kepentingan lainnya. Dengan tujuan humas tersebut dilakukan untuk mencapai target perusahaan atau lembaga dengan baik dan optimal.

 

4 dari 6 halaman

Fungsi Humas

Setelah memahami pengertian dan tujuan humas, selanjutnya akan dibahas fungsi yang dijalankan oleh seorang humas. Berikut adalah beberapa fungsi hubungan masyarakat yang perlu diketahui :

1.    Fungsi humas adalah mengantisipasi, menganalisis, dan mengartikan opini dan sikap publik terhadap organisasi serta menyusun strategi dengan menggunakan media untuk memberikan pengaruh pada publik.

2.    Fungsi humas adalah merancang strategi untuk mendukung setiap kampanye atau gerakan baru melalui konten editorial organisasi tersebut.

3.    Fungsi humas adalah menulis dan mendistribusikan siaran pers kepada publik terkait dengan organisasi.

4.    Fungsi humas adalah membuat atau menyusun penulisan pidato yang menjadi tanggung jawab organisasi.

5.    Fungsi humas adalah merencanakan dan melaksanakan acara yang berhubungan dengan publik dan media.

6.    Fungsi humas adalah menulis konten untuk web resmi yang dimilikinya.

7.    Fungsi humas adalah mengembangkan strategi krisis hubungan masyarakat yang berkaitan dengan organisasi berdiri.

8.    Fungsi humas dalam organisasi adalah memberikan pelayanan dan ulasan publik di situs media sosial yang berkaitan dengan kepentingan organisasi.

9.    Fungsi humas dalam organisasi adalah melakukan konseling pada karyawan organisasi yang membahas kebijakan tindakan, tanggung jawab organisasi serta tanggung jawab mereka.

10. Fungsi humas dalam organisasi adalah berhubungan dengan badan pemerintah dan legislatif atas nama organisasi.

11. Fungsi humas dalam organisasi adalah berhubungan dengan kelompok publik dan organisasi lain yang berkaitan dengan kebijakan sosial organisasi dan peraturan pemerintah.

12. Fungsi humas dalam organisasi adalah membangun dan memelihara hubungan baik dengan investor berdasarkan kepentingan organisasi berdiri.

5 dari 6 halaman

Keuntungan Humas

Setelah mengetahui pengertian, tujuan humas, dan fungsi yang dijalankan, berikutnya perlu diketahui pula beberapa keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan humas yang dilakukan. Berikut beberapa keuntungan hubungan masyarakat yang bisa didapatkan suatu perusahaan atau lembaga:

1.    Kredibilitas: mendapatkan kepercayaan publik, karena publik biasanya lebih percaya terhadap pesan yang datang dari pihak ketiga dibandingkan konten iklan yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

2.    Jangkauan: strategi hubungan masyarakat yang baik dapat menarik banyak media berita, sehingga dapat menyebarkan informasi dan konten ke khalayak yang lebih luas.

3.    Efektivitas biaya: proses hubungan masyarakat dapat membantu menghemat biaya untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dibandingkan penggunaan promosi berbayar.

6 dari 6 halaman

Pentingnya Humas dalam Perusahaan Maupuan Organisasi

Hal terakhir yang perlu diketahui mengenai humas adalah beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa hubungan masyarakat penting untuk dilakukan setiap perusahaan, organisasi, atau instansi lainnya. Berikut beberapa alasan yang perlu Anda ketahui:

1.    Dapat membangun citra merek yang positif di kalangan masyarakat, dengan memanfaatkan layanan media sebagai pihak ketiga yang lebih dipercayai masyarakat.

2.    Strategi hubungan masyarakat yang baik dapat dimanfaatkan perusahaan atau lembaga untuk mengambil peluang yang ada. Hal ini tentu untuk memudahkan dan melancarkan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

3.    Dapat membangun reputasi merek yang baik, dengan mengirimkan atau menyebarkan pesan positif sejalan dengan nilai-nilai yang ada pada produk yang diciptakan.

4.    Membangun dan memperkuat hubungan dengan komunitas, sehingga secara tidak langsung akan menanamkan citra merek yang kuat di mata publik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini