Sukses

15 Penyebab Bau Badan Tak Sedap dan Cara Mengatasi, Bisa Jadi Indikasi Penyakit

Bukan keringat, inilah beberapa faktor penyebab bau badan tidak sedap.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab bau badan tidak sedap perlu untuk diketahui supaya dapat mengatasi sesuai dengan pemicunya. Setiap orang memiliki bau badan yang unik dan bau tersebut biasanya muncul ketika seseorang banyak berkeringat.

Pada umumnya, penyebab bau badan tidak sedap bukanlah keringat, melainkan bakteri yang ada di kulit. Saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap.

Selain karena bakteri yang ada di kulit, munculnya bau badan juga bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Tak hanya itu, penyebab bau badan juga dapat menandakan adanya masalah kesehatan, terutama jika terjadi secara mendadak dan terus-menerus.

Berikut ini ulasan mengenai penyebab bau badan tidak sedap dan cara mengatasinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (11/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

1. Masa pubertas

Penyebab bau badan tidak sedap yang pertama adalah masa pubertas. Perubahan bau badan menjadi bagian normal dalam masa pertumbuhan atau pubertas karena kelenjar keringat dan hormon androgen di dalam tubuh menjadi lebih aktif.

2. Perubahan hormonal

Penyebab bau badan tidak sedap yang berikutnya adalah perubahan hormonal. Seperti menopause, menstruasi, dan kehamilan.

3. Berkeringat berlebihan dan kebersihan tubuh yang buruk

Penyebab bau badan tidak sedap yang berikutnya adalah berkeringat berlebih dan kebersihan tubuh yang buruk. Saat tubuh berkeringat, bakteri yang ada di kulit akan bercampur dengan keringat dan berkembang biak sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap.

4. Makanan

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi ternyata juga bisa memengaruhi aroma tubuh anda. Nutrisi yang terkandung dalam makanan memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa makanan tertentu juga mengandung zat-zat yang bisa menjadi penyebab bau badan. Bawang merah, bawang putih, dan kari adalah penyebab bau badan yang paling populer karena rempah-rempah tersebut mengandung zat alisin. Brokoli, kubis, brussels dan sayuran lainnya yang termasuk dalam keluarga cruciferous, ternyata juga bisa membuat keringat yang dihasilkan tubuh berbau tidak sedap. Hal itu akibat kandungan sulfur dan sulfida yang terdapat di dalamnya.

5. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan tertentu memiliki efek samping, yaitu membuat tubuh menghasilkan keringat berlebih bila dikonsumsi. Obat-obatan penyebab bau badan antara lain obat antipsikotik dan antidepresan. Mengonsumsi aspirin dan acetaminophen dalam dosis berlebihan juga bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.

3 dari 5 halaman

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

6. Stres

Penyebab bau badan yang lainnya adalah karena mengalami stres. Hal ini tak lain karena keringat dihasilkan kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin. Di mana kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur. Hal ini lah yang dapat memicu bau badan.

7. Diabetes

Pada umumnya, tubuh penderita diabetes tingkat tinggi akan memanfaatkan lemak sebagai pengganti glukosa dan proses tersebut akan menghasilkan senyawa asam penyebab bau badan.

8. Infeksi kulit

Kulit yang terinfeksi juga bisa menyebabkan bau badan. Bakteri yang terdapat di kulit yang terinfeksi bisa menghasilkan keringat berurea. Keringat inilah yang akhirnya menyebabkan bau tidak sedap muncul. Jadi, bila ada bagian kulit anda yang mengalami infeksi sebaiknya segera diatasi agar bakteri mikroorganisme tidak semakin berkembang.

9. Infeksi saluran kemih

Penyebab bau badan yang lainnya adalah infeksi saluran kemih. Terjadi ketika bakteri masuk ke saluran kemih dan berkembang biak. Jenis infeksi ini dapat menyebabkan urine menghasilkan bau yang kuat.

10. Infeksi pusar

Pusar terinfeksi akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan disertai dengan keluarnya cairan, kemerahan, gatal, bengkak, atau bahkan pendarahan.

4 dari 5 halaman

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

11. Infeksi vagina

Penyebab bau badan yang lainnya adalah infeksi vagina. Infeksi parasit atau bakteri pada vagina dapat menyebabkan perubahan bau vagina secara tiba-tiba.

12. Tuberkulosis (TBC)

Penyebab bau badan yang lainnya adalah TBC. Infeksi bakteri yang terjadi di paru-paru, tenggorokan, dan leher yang menyebabkan napas berbau tidak sedap.

13. Uremia

Penyebab bau badan yang lainnya adalah uremia. Merupakan gejala gagal ginjal yang menyebabkan napas atau urine berbau.

14. Obstruksi usus

Penyebab bau badan yang lainnya adalah obstruksi usus. Jika usus tersumbat, maka dapat meningkatkan risiko muntah dan menyebabkan napas memiliki bau yang tidak sedap.

15. Kanker

Penyebab bau badan yang lainnya adalah kanker. Meskipun jarang terjadi, beberapa kasus kanker stadium lanjut mengalami bau badan yang tidak sedap akibat luka terkait kanker yang terinfeksi.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap

1. Mandi secara teratur

Mandi secara teratur sebanyak 2–3 kali sehari adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan bau badan. Saat mandi, pastikan area yang sering berkeringat dibasuh dengan bersih dan menyeluruh.

2. Gunakan sabun antibakteri

Untuk menghilangkan bau badan, Anda bisa menggunakan sabun antibakteri saat mandi. Sabun jenis ini dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan, sehingga bau badan pun akan berkurang. Namun, sabun ini mungkin tidak cocok digunakan oleh orang yang memiliki kulit sensitif.

3. Keringkan badan dengan benar

Setelah mandi, pastikan Anda selalu mengeringkan badan dengan benar, terutama pada area tubuh yang banyak menghasilkan keringat, misalnya ketiak. Caranya adalah dengan mengusap lembut bagian tubuh dengan handuk sampai kering, sehingga bakteri penyebab bau badan akan sulit berkembang biak.

4. Kenakan pakaian yang bersih dan dapat menyerap keringat

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang bersih dan sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Untuk mengurangi keringat berlebih, kenakan pakaian yang dapat menyerap keringat, yaitu yang berbahan katun. Pakaian berbahan ini tidak membuat tubuh merasa gerah.

5. Perhatikan asupan makanan

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan produksi keringat lebih banyak dan bau dari biasanya. Makanan tersebut meliputi makanan pedas, berlemak, dan makanan yang mengandung bahan berbau tajam, misalnya bawang. Dengan membatasi asupan jenis makanan tersebut, bau badan bisa berkurang.

6. Lakukan teknik relaksasi

Melakukan relaksasi secara rutin, seperti yoga dan meditasi, dapat membantu Anda untuk mengontrol stres yang merangsang produksi keringat berlebih pemicu bau badan.

7. Memakai Deodoran

Memakai deodorant adalah cara menghilangkan bau badan dengan cepat paling sederhana untuk bagian ketiak. Deodoran memiliki aroma yang bisa menutupi bau tidak sedap pada ketiak. Deodoran akan membuat kulit ketiak jadi lebih asam dan bisa mencegah adanya reaksi antara keringat dengan bakteri. Selain deodoran, bisa gunakan antiperspiran. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.