Sukses

Kejurnas ASKI 2024 Diikuti 750 Atlet Karate, 4 Terbaik Dikirim ke Kejuaraan Dunia di Jepang

Kejurnas ASKI 2024 menyediakan empat tiket kepada atlet karate terbaik untuk mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Pusat Akademi Seni beladiri Karate Indonesia (PP ASKI) Kejuaraan Nasional di Jakarta pada awal Mei 2024. Kejurnas ASKI kedelapan ini berlangsung pada 4-5 Mei 2024 di Gelanggang Olahraga Jakarta Timur dengan memperebutkan piagam Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kejurnas ASKI 2024 ini diikuti 750 atlet dari 19 Pengurus Provinsi (Pengprov), mulai dari Sumatera Barat hingga Maluku. Kejurnas kali ini mempertandingkan kelas kata dan kumite perorangan maupun beregu, dimulai dari kelas pra usia dini sampai kelas senior.

"Ini agenda dua tahunan ASKI dalam rangka mengevaluasi seberapa besar kemampuan dari seluruh atlet kita dari seluruh Indonesia untuk bisa kita seleksi menjadi yang terbaik. ASKI saat ini sudah ada di 32 provinsi di Indonesia, kemudian hari ini hadir dari 19 Provinsi mulai dari kadet, junior sampai juga senior. Kategorinya kata dan kumite,” kata Ketua Umum PP ASKI, Syaifullah Nasution saat membuka acara.

Peserta membludak karena atlet karate terbaik di Kejurnas ASKI 2024 ini akan mendapat kesempatan emas berlaga di Gichin Funakoshi Cup di Tokyo, Jepang. Atlet yang akan dikirim ke Jepang ini dari kategori kata dan kumite masing-masing putra dan putri.

"Pada kejurnas ini nantinya best of the best ada empat orang kita akan dikirim ke kejuaraan dunia di Jepang yang akan dilaksanakan bulan Oktober 2024. Tentu ini salah satu forum yang bagus untuk dimanfaatkan atlet ASKI dan dalam rangka membawa nama Indonesia ke dunia internasional di dunia perkaratean. Ini sejalan dengan agenda yang dibuat PB Forki sebagai federasi yang menaungi semua perguruan yang ada di Indonesia,” lanjut Syaifullah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tamu Spesial Meriahkan Kejurnas ASKI 2024

Memeriahkan Kejurnas ASKI 2024, juga diadakan seminar nasional dengan menghadirkan Senior Managing Director Japan Karate Association Head Quarters (JKA-HQ) World Federation, Seizo Izumiya, Jumat (3/5/3034) di Gelanggang Remaja Jakarta Timur.

Pemegang DAN 8 JKA itu memberikan kesempatan kepada tokoh karate perguruan Shotokan untuk berdiskusi dan melakukan latihan bersama. Kehadiran Seizo Izumiya di Jakarta ini sekaligus menguatkan posisi PP ASKI sebagai organisasi yang berafiliasi ke JKA WF, organisasi karate terbesar dan tertua di dunia.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Luar Negeri PB FORKI Darly Siregar yang mewakili Ketua Umum PB FORKI Hadi Tjahjanto mengatakan kejuaraan yang dilakukan PP ASKI merupakan turnamen yang harus dilakukan untuk pembinaan dan proses regenerasi atlet.

"Kejuaraan yang dilakukan oleh PP ASKI memang harus dilakukan oleh setiap perguruan karate yang berada di bawah PB FORKI karena di situ adalah proses pembinaan dan menggali potensi-potensi atlet yang ada," ujar Darly Siregar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.