Sukses

Energi Kinetik adalah Energi Gerak, Ketahui Rumus dan Contoh Penerapannya

Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh pengaruh suatu massa atau tenaga gerak.

Liputan6.com, Jakarta Energi kinetik adalah energi yang dimiliki pada benda yang bergerak. Sebuah benda bisa bergerak disebabkan oleh adanya sebuah energi. Pergerakan sebuah benda terjadi karena energi, yang dihasilkan dari adanya kerja atau usaha.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh pengaruh suatu massa atau tenaga gerak. Istilah kinetik lahir dari bahasa Yunani yaitu kinetikos yang berarti gerak. Semua benda yang bergerak memiliki energi kinetik.

Energi kinetik adalah sebuah benda yang didefinisikan sebagai usaha untuk menggerakkan benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu. Energi kinetik pada sebuah benda sama dengan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya, dimulai dari keadaan diam.

Berikut ini ulasan mengenai definisi energi kinetik beserta rumus dan contoh penerapannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (22/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi Energi Kinetik

Definisi energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena pengaruh gerak yang dilakukan benda tersebut ataupun dipengaruhi oleh benda lain yang mengenainya. Sederhananya, setiap jenis benda yang bergerak dapat disebut sebagai benda yang memiliki energi kinetik. Energi kinetik termasuk dalam klasifikasi energi mekanik. Selain energi kinetik, ada juga energi potensial yang termasuk dalam klasifikasi energi mekanik.

Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda diam pada ketinggian atau posisi tertentu. Energi potensial merupakan posisi relatif suatu benda terhadap sistem dan dapat muncul dalam bentuk lain. Energi potensial juga terbagi menjadi tiga, yaitu energi potensial gravitasi, energi potensial elastis, dan energi potensial kimia. Seperti ini pemaparannya:

1. Energi potensial gravitasi adalah energi yang dimiliki benda karena ketinggiannya atas suatu bidang datar sebagai acuan, seperti lantai atau tanah.

2. Energi potensial elastis adalah energi yang terdapat di benda-benda bersifat elastis, seperti karet, pegas, dan busur panah. Energi potensial elastis ini disebabkan kecenderungan benda untuk berada di posisinya yang semula

3. Energi potensial kimia adalah energi yang tersimpan dalam atom dan ikatan kimia. Selain itu, energi potensial kimia juga terdapat pada cadangan makanan hasil fotosintesis yang berasal dari energi cahaya dan diubah oleh tumbuhan hijau.

3 dari 4 halaman

Rumus Energi Kinetik

Energi kinetik hanya dimiliki oleh suatu benda yang bergerak saja. Besar kecilnya energi kinetik yang ada pada suatu benda, tergantung dari massa dan kecepatan/kelajuan benda tersebut. Menurut Drs. Kandi, M.A., dan Drs. Yamin Winduono, M.Pd, mengungkapkan bahwa energi kinetik suatu benda berbanding lurus dengan massa benda dan kecepatan kuadratnya. Apabila sebuah benda bergerak semakin cepat, maka energi kinetik dari benda tersebut akan semakin besar pula, begitupun sebaliknya. Besar energi kinetik dapat dinyatakan dengan persamaan berikut:

Rumus energi kinetik: Ek = ½ m.v²

Keterangan:

Ek = energi kinetik (joule)

m = massa (kg)

v = kecepatan (m/s)

Sedangkan, hubungan antara usaha (W) dan energi kinetik dapat diturunkan dari persamaan berikut:

∆Ek = ½ mv2² - ½ mv1² maka, rumus yang dapat dituliskan adalah W = ∆Ek

Contoh Soal 1

Diketahui sebuah mobil mempunyai massa 600 kg, yang melaju dengan kecepatan 30 m/s. Berapakah energi kinetik pada kecepatan laju mobil tersebut?

Jawab: Ek = ½ m.v²

Ek = ½ 600. 30²

Ek = ½ 600. 900

Ek = 270.000 J

Jadi, energi kinetik yang dihasilkan pada kecepatan mobil tersebut adalah 270.000 Joule.

Contoh Soal 2

Sebuah benda dengan 40 kg, dilemparkan dengan kelajuan awal sama dengan nol yang melaju 8 m/s. Hitunglah energi kinetiknya!

Jawab: Ek = ½ m.v²

Ek = ½ 40.8²

Ek = ½ 2560

Ek = 1280 J

Jadi, energi kinetik yang dihasilkan sebuah tersebut adalah 1280 Joule.

4 dari 4 halaman

Contoh Penenerapan Energi Kinetik dalam Kehidupan

Energi kinetik dapat pula disebut sebagai energi gerak, sebab setiap benda yang dapat bergerak termasuk benda yang memiliki energi kinetik. Secara keilmuan, energi kinetik atau energi gerak tersebut dapat dipengaruhi oleh massa benda dan kecepatan benda tersebut dalam bergerak.

Secara umum pengertian energi kinetik dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:

1. Energi radiasi, contohnya pancaran cahaya matahari.

2. Energi suara yang merambat melalui benda padat, cair ataupun gas (udara).

3. Energi panas.

4. Energi mekanik.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali benda yang dapat bergerak dan memiliki energi kinetik. Misalnya seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa pancaran sinar matahari juga termasuk energi kinetik dari jenis radiasi karena cahaya bergerak dan merambat hingga menerangi bumi. Selain itu, ada pula benda seperti sepeda, ataupun kendaraan bermotor yang melaju secara konstan juga termasuk contoh benda yang memiliki energi kinetik khususnya energi mekanik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.