Sukses

Macam-macam Ikan Hias Air Tawar yang Populer, Cocok Dipelihara di Rumah

Miliki salah satu ikan hias air tawar untuk memperindah ruangan kamu.

Liputan6.com, Jakarta Pecinta ikan hias, kerap menjadikan ikan hias air tawar untuk dipelihara. Pemilihan ikan hias air tawar dikarenakan cukup mudah dalam perawatannya. Ada macam-macam ikan hias air tawar yang bisa kamu pelihara dengan beragam ukuran dan keindahannya.

Ikan hias air tawar bisa kamu jadikan alternatif untuk menghiasi ruangan agar nampak indah. Dengan adanya macam-macam ikan hias air tawar berbagai ukuran, membuat suasana ruangan semakin indah dan berwarna.

Tak hanya sebatas sebagai penghias ruangan, ikan hias air tawar juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah. Karena memiliki beragam keuntungan, berikut macam-macam ikan hias air tawar yang bisa kamu pelihara.

Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut macam-macam ikan hias air tawar berbagai ukuran dengan berbagai keindahan yang bisa kamu pelihara, Kamis (10/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ikan Araipama dan Ikan Arwana

Ikan Araipama

Pecinta ikan hias, kamu bisa menjadikan ikan hias air tawar Araipama untuk menghiasi akuarium di ruang tamu. Araipama masuk ke dalam macam-macam ikan hias air tawar yang terbesar.

Ikan air tawar ini berasal dari daerah tropis Amerika Serikat. Ikan tawar ini merupakan yang terbesar di dunia. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 2,5 meter dengan berat lebih dari 100 kilogram.

Araipama ini masih satu keluarga dengan ikan Arwana yang juga cukup populer. Namun, keberadaan ikan air tawar ini sudah semakin terancam. Hal ini dikarenakan banyaknya kolektor ikan yang memburunya secara ilegal.

Ikan Arwana

Ikan Arwana juga termasuk ke dalam macam-macam ikan hias air tawar yang banyak diminati. Ikan hias air tawar ini memiliki banyak peminat dikarenakan memiliki corak sisik yang unik dan cantik.

Ikan hias ini sangat disukai karena ikan Arwana memiliki ciri khas tersendiri. Ikan Arwana memiliki dua buah sungut di bawah bibirnya. Sungut pada ikan Arwana bukan sebatas hiasan semata. Akan tetapi, sungut pada ikan Arwana memiliki fungsi sebagai sensor getar yang digunakan untuk mengetahui poisisi mangsa.

Uniknya lagi, ikan Arwana ini memiliki gerakan yang meliuk-liuk serta sisik yang gemerlap memantulkan cahaya. Inilah yang membuatnya nampak elegan.

3 dari 5 halaman

Ikan Barbir dan Ikan Cupang

Ikan Barbir

Setelah mengenal beberapa ikan hias air tawar berukuran besar dengan keunikannya masing-masing, ada juga macam-macam ikan hias air tawar berukuran kecil yang tak kalah memesona. Ikan hias air tawar berukuran kecil yang bisa kamu pelihara adalah Mas Koki.

Ikan Mas Koko merupakan ikan hias air tawar kecil yang hidup di perairan dengkal dengan aliran air yang tenang dan berudara sejuk. Ikan Mas Koki direkomendasikan untuk dipelihara karena memiliki keunikan yang khas.

Ikan Mas Koki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar. Warna sisiknya pun bervariasi, mulai dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam, atau gabungan dari warna tersebut. Warna-warna pada tubuh ikan maskoki ditentukan oleh kandungan pigmen dalam tubuhnya.

Ikan Cupang

Ikan hias air tawar kecil yang populer selanjutnya adalah ikan Cupang. Berbeda dengan ikan Mas Koki yang memiliki keindahan pada sisiknya, ikan Cupang justru memiliki keindahan pada siripnya.

Keunggulan dari ikan Cupang terletak pada siripnya yang memiliki aneka warna. Ikan Cupang memiliki berbagai macam perpaduan warna seperti hitam, merah putih, kuning, ungu, dan biru.

Selain cocok dijadikan sebagai ikan hias, ikan Cupang juga bisa dijadikan sebagai ikan aduan. Hal ini dikarenakan ikan Cupang memiliki gerakan tubuh yang cukup agresif dan lebih suka menyerang ketika bertarung.

Ikan Cupang juga dikenal memiliki umur yang panjang. Namun, ikan ini merupakan ikan yang individualis dan tidak dapat dicampur dengan ikan hias lain di dalam satu akuarium.

4 dari 5 halaman

Ikan Gupi dan Ikan Komet

Ikan Gupi

Ikan Gupi juga termasuk ke dalam macam-macam ikan hias air tawar yang cocok menghiasi akuariummu. Ikan Gupi hias memiliki bentuk dan warna fisik menarik. Keindahan ikah Gupi dapat dilihat dari sirip dan ekornya yang merumbai panjang, mirip ikan Cupang.

Warna ikan Gupi tidak kalah dengan ikan hias air tawar berukuran kecil lainnya. Warna ikan Gupi juga sangat bervariasi.

Ikan Komet

Ikan hias air tawar yang bisa kamu pelihara selanjutnya adalah Komet. Ikan ini cukup populer karena memiliki warna tubuh yang beraneka ragam dan gerak tubuhnya yang cukup atraktif.

Berbeda dengan Cupang, Komet merupakan ikan yang cukup ramah. Ikan ini dapat beradaptasi di segala lingkungan dan hidup berdampingan bersama jenis ikan lain di akuarium.

5 dari 5 halaman

Ikan Louhan dan Ikan Koi

Ikan Louhan

Macam-macam ikan hias air tawar yang punya keunikan lainnya adalah Louhan. Louhan merupakan ikan hias yang terkenal dengan warna sisik dan benjolan yang khas di kepalanya. Ya, salah satu daya tarik ikan ini memiliki banyak peminat karena adanya benjolan yang ada di kepalanya.

Tak heran, kalau banyak pecinta ikan hias yang menjadikan Louhan sebagai peliharaan. Selain keunikannya tersebut, ikan Louhan juga sangat menguntungkan karena bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Semakin besar benjolan pada kepalanya, maka semakin mahal harga jualnya.

Ikan Koi

Ikan hias Koi juga sangat populer di kalangan pecinta ikan hiar air tawar akuarium. Hal ini dikarenakan ikan Koi memiliki warna corak yang sangat indah. Biasanya, ikan Koi dipelihara di dalam kolam. Namun, tak banyak juga yang memeliharanya di akuarium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.