Sukses

11 Jenis Anthurium Terpopuler yang Indah dan Banyak Dicari, Kenali Ciri-cirinya

Jenis anthurium menawarkan keindahan warna dan variasi bentuk bunga serta daun yang beragam.

Liputan6.com, Jakarta Jenis anthurium bisa dikenali dari bentuk daunnya yang berbeda-beda.  Anthurium adalah tanaman hias yang berasal dari keluarga Araceae yang memang memiliki bentuk daun yang indah. Tidak heran banyak orang yang menggemarinya dan menjadikannya tanaman hias di rumah.

Bunga anthurium ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias lainnya seperti aglaonema, philodendron, keladi hias, hingga Alokasia. Dalam keluarga Araceae, Anthurium adalah genus dengan jenis terbanyak, sekitar 1000 jenis.

Jenis anthurium menawarkan keindahan warna dan variasi bentuk bunga serta daun yang beragam. Ciri-ciri tanaman ini yaitu memiliki bentuk daun panjang bergelombang di tepinya, dengan panjang 10-30 cm, dan biasanya berwarna hijau tua.

Anthurium dapat hidup di iklim tropis lembap dan tropis kering.  Jadi, tanaman hias ini bisa diletakkan di tempat teduh, namun masih terkena sinar matahari. Hal ini membuat anthurium bisa dijadikan hiasan indoor atau penghias ruangan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/8/2021) tentang jenis anthurium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Anthurium

Anthurium Andraeanum

Jenis Anthurium yang pertama merupakan spesies tanaman berbunga dalam keluarga Araceae yang asli dari Kolombia dan Ekuador. Anthurium Andraeanum memiliki nama umum yaitu tailflower, bunga flamingo, atau laceleaf. Anthurium Andraeanum adalah salah satu tanaman yang terdaftar di NASA Clean Air Study, yang mana jenis Anthurium ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan formaldehida, xylene, toluene, serta amonia yang ada di udara.

Anthurium Crystallinum

Anthurium Crystallinum termasuk dalam jenis Anthurium asli hutan hujan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Anthurium Crystallinum mampu tumbuh hingga ukuran sekitar 90cm. Secara fisik tanaman hias ini memiliki bentuk daun oval dengan urat putih yang menojol serta memiliki bunga dengan warna spathes hijau dan hijau pucat. Yang menarik, jenis Anthurium ini mampu tumbuh pada suhu minimal 16 °C. Anthurium Crystallinum sendiri pernah memperoleh penghargaan Royal Horticultural Society Garden Merit, di Inggris.

3 dari 5 halaman

Jenis Anthurium

Anthurium Superbum

Anthurium Superbum memiliki habitat asli di daerah hutan dataran rendah yang memiliki suhu lembab seperti di daerah tropis dan subtropis. Akan tetapi, jenis anthurium ini sudah sangat jarang ditemui di habitat asalnya. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang mengambilnya untuk dibudidayakan atau untuk dijual kembali.

Anthurium Gelombang Cinta (Plowmanii)

Anthurium Gelombang Cinta atau Plowmanii ini merupakan jenis anthurium yang paling populer. Jenis gelombang cinta merupakan Anthurium yang kala itu paling banyak disukai oleh berbagai masyarakat dibandingkan jenis lainnya. Anthurium gelombang cinta ini memiliki daun yang berbentuk lebar, bergelombang, serta memiliki bentuk urat yang menonjol. Itulah mengapa bunga ini dinamakan gelombang cinta.

Anthurium Veitchii

Anthurium veitchii atau King Anthurium adalah tanaman hutan hujan tropis yang berbunga dan memiliki daun besar yang bisa mencapai panjang 1 kaki (30 cm) di dalam ruangan. Namun, di rumah kaca atau daerah tropis, daunnya dapat tumbuh hingga beberapa meter.

Daunnya yang panjang dan menjuntai membuat King Anthurium paling baik ditanam di keranjang gantung. Di habitat aslinya, tumbuhan ini cenderung tumbuh lebih tinggi di hutan. Jadi, tanaman ini lebih tahan terhadap sinar matahari langsung dibandingkan jenis Anthurium lainnya.

4 dari 5 halaman

Jenis Anthurium

Anthurium Keris

Anthurium Keris memiliki bentuk daun yang memanjang dan bergelombang. Bentuk tersebut yang menjadikannya dinamakan Anthurium Keris. Uniknya, semakin kecil ukuran dari lebar daun justru dianggap memiliki kualitas serta harga yang justru lebih mahal. Anthurium Keris memiliki beberapa jenis yaitu Anthurium Keris Hitam, Keris Merah, serta Keris Tangkai Merah.

Anthurium Hookeri

Ciri khas dari jenis Anthurium Hookeri yaitu bentuk daunnya lebih tipis dibandingkan jenis Anthurium lainya. Bentuk dari Anthurium Hookeri ini memiliki bunga lebar dan tinggi sehingga akan memiliki kesan tinggi dan gagah.

Anthurium Forgetii

Anthurium forgetii tumbuh di habitat aslinya di Kolombia dan telah beradaptasi dengan baik sebagai tanaman hias dalam ruangan. Salah satu perbedaan spesies ini adalah daunnya benar-benar bulat telur tanpa lobus atas. Lobus atas atau juga disebut sinus, memberikan tampilan berbentuk hati pada sebagian besar tanaman Anthurium.

5 dari 5 halaman

Jenis Anthurium

Anthurium Jenmanii

Jenis bunga Anthurium selanjutnya menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia. Anthurium Jenmanii adalah spesies dari keluarga Araceae yang memiliki ciri daun tebal, terlihat kokoh, dan kompak. Akan tetapi jenis Anthurium Jenmanii memiliki waktu pertumbuhan daun yang lambat.

Black Anthurium

Jenis Black Anthurium memiliki warna daun yang unik. Sekilas warnanya akan terlihat seperti hitam. Namun kenyataannya berwarna ungu sangat gelap. Selain itu, daun dari jenis anthurium ini memiliki warna yang mengkilap dan bunganya berwarna hijau tua.

Anthurium Corong

Bentuk dari Anthurium Corong layaknya nama yang disematkan. Memang, jenis Anthurium ini sangat mudah dikenal, karena memiliki bentuk daun yang sangat berbeda dibanding bentuk lainnya. Bentuk daun dari jenis Anthurium ini memanjang dan mengerucut layaknya corong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini