Sukses

16 Wisata Kaliurang Jogja yang Hits dan Instagramable, Mudah Dijangkau Wisatawan

Wisata Kaliurang Jogja yang wajib banget dikunjingi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable menyuguhkan panorama gunung Merapi dan berbagai wahana asyik ala outbound. Di tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable tentu cocok untuk liburan bersama keluarga, teman-teman, sampai pasangan.

Ada banyak tempat estetik untuk berswafoto dan nongkrong. Tak heran bila di tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini banyak diminati anak-anak muda. Di wisata Kaliurang, populer sekali dengan ciri khas udara yang sejuk dan konon bikin betah berlama-lama para wisatawan.

Tak cuma menyuguhkan panorama alam, ada berbagai wahana dan spot estetik. Di tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable inipun banyak tempat-tempat ikonik yang penuh wisata edukasi. Tentu berkunjung ke wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable bersama anak-anak menjadi lebih bermanfaat.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable dari berbagai sumber, Minggu 2/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Kaliurang Jogja yang Hits dan Instagramable

Desa Wisata Ledok Sambi

Ledok Sambi adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Ledok Sambi termasuk kawasan pedesaan yang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini, termasuk pilihan penginapannya.

Daya tarik Ledok Sambi ada pada pemandangan sawah hijau terhampar luas, udara yang sejuk dan suasana yang tenang dan mengesankan. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas outbound, belajar kesenian, mengikuti aktivitas keseharian warga dan lain-lain. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 19, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman Bunga Matahari Helio Garden

Taman Bunga Matahari Helio Garden adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Taman ini terletak di Jalan Kaliurang km 21, Pakem, Sleman, Yogyakarta, dekat dengan Meseum Merapi. Di sini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan bunga matahari yang indah dan menarik.

Tentu wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini bisa menjadi spot menarik untuk berfoto bersama teman-teman atau selfie untuk diunggah ke media sosial. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi menarik dan terjangkau untuk mengisi liburan Anda.

Bukit Klangon

Menikmati pemandangan dengan hamparan awan tentu memanjakan mata. Beberapa bukit di Jogja banyak yang bisa dikunjungi untuk menikmati hamparan kapas putih tersebut. Bukit Klangon sebagai salah satu tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable.

Gardu pandang di Bukit Klangon bisa jadi tujuan kamu selanjutnya. Di tempat ini terdapat spot foto yang keren berlatar belakang Gunung Merapi. Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat Kota Yogyakarta.

3 dari 7 halaman

Wisata Kaliurang Jogja yang Hits dan Instagramable

The World Landmark Merapi Park Jogja

The World Landmark Merapi Park adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable, wajib banget dikunjungi. Di sini kamu bisa melihat beberapa landmark dari seluruh dunia. Bagi kamu yang gemar mengambil foto selfie, tempat ini adalah tempat yang cocok buatmu. Tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable satu ini cocok untuk liburan keluarga.

Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang menarik dari bangunan landmark seperti Menara Eiffel, Kincir Angin seperti di Belanda, Pagoda Thailand, jam raksasa Big Ben London, Menara Pisa Italia dan sebagainya. Peta wisata Jogja ini berlokasi di Jalan Kaliurang km 25, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bunker Kaliadem

Bunker atau lubang bawah tanah adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Tempat ini dulunya digunakan masyarakat di Desa Kepuharjo, Cangkringan, untuk melindungi diri ketika awan panas dari Merapi datang. Perjalanan ini akan penuh emosional saat wisatawan disajikan cerita-cerita seputar Bunker Kaliadem yang bisa kamu perloeh dari pemandu wisata di sana.

Selain mendapatkan cerita penuh emosional, di wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini bisa menikmati indahnya alam di sekeliling Bunker Kaliadem ini. Kamu bisa menikmati setiap titik untuk berswafoto dan tentunya berfoto dengan Merapi dari dekat.

The Lost World Castle

Daerah sekitar Gunung Merapi memang memiliki banyak sekali destinasi sebagai tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Salah satunya adalah The Lost World Castle yang berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Tempat wisata di Sleman satu ini tidak kalah Instagramble, dengan berbagai spot foto yang anti-mainstream tentunya bisa memempercantik feed Instagram kamu.

Kastil wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare ini cocok dijadikan destinasi liburan keluarga dan memiliki pesan begitu unik, yaitu mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat beberapa tahun lalu, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti Dunia yang Hilang.

4 dari 7 halaman

Wisata Kaliurang Jogja yang Hits dan Instagramable

Museum Gunung Merapi 

Museum Gunung Merapi adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Selain bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah, kamu juga bisa mendapatkan banyak edukasi dan informasi sejarah mengenai gunung yang sangat ikonik ini. Dengan begitu, tentunya tempat ini juga cocok untuk wisata kelaurga untuk menambah wawasan kamu dan anak-anak.

Museum wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini berlokasi di Jalan Kaliurang Km. 22, Pakem, Kabupaten Sleman ini bisa menjadi alternative lainnya di sekitaran Gunung Merapi, terutama jika kamu ingin berwisata edukasi dan penasaran dengan informasi Gunung Merapi.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Di museum ini, kamu bisa berkeliling ke berbagai ruangan, mulai dari Ruang Gamelan hingga Guwo Selo Giri yang berisikan lukisan tokoh-tokoh Mataram.

Selain di bagian indoor, kamu juga akan berkunjung ke museum outdoornya yang bernama ruangan Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa. Bagi wisatawan yang ingin ke wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable bisa berkunjung langsung ke lokasinya yang berada di Dusun Kaliurang barat, Desa Pakembinangun, kecamatan Pakem.

5 dari 7 halaman

Wisata Kaliurang Jogja yang Hits dan Instagramable

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Sesuai dengan namanya, Stonehengen Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehenge di Inggris.

Deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput bisa menjadi pemandangan yang unik. Apalagi dengan cuaca yang sejuk. Tempat wisata di Kaliurang ini bisa dijadikan tempat berfoto bersama teman-teman dan keluarga.

Lava Tour Merapi

Jika ingin berkeliling melihat pemandangan Gunung Merapi, mengikuti tur dengan Jeep Lava Tour Merapi menjadi pilihan tepat. Kamu bisa menyewa jeep bersama teman-teman ataupun keluarga dan berjalan-jalan di sekitar merapi.

Dalam tour Merapi nanti kamu akan berkeliling ke beberapa tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable seperti ke bunker kaliadem, Tlogo Putri dan lain-lain.

6 dari 7 halaman

Wisata Kaliurang Jogja yang Hits dan Instagramable

Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri merupakan tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Embung atau kolam yang di dalamnya terdapat beberapa bebek air mainan ini memberikan kesejukan tersendiri bagi kamu yang mengunjunginya.

Selain itu, di wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya. Tidak hanya pemandangan dan permainannya saja yang menarik, tetapi udara di sini juga sejuk. Kamu dan keluarga pun bisa berkeliling sambil jalan santai di area tempat wisata.

Makam Mbah Marijan

Sosok Mbah Marijan cukup dikenal sebagai guru kunci dari gunung Merapi. Ya, dirinya tewas akibat letusan pada tahun 2010 lalu. Meskipun hanya makam biasa, namun hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung ke sana baik untuk berziarah maupun hanya sekedar ingin mengetahui kisah Mbah Marijan selam menjadi guru kunci Merapi.

Taman Kita Oreo

Taman Kita Oreo adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Taman Wisata Oreo ini masih terdapat di dalam kawasan Taman Wisata Kaliurang. Taman ini dirancang berupa taman bermain menyerupai bentuk biskuit yang menarik.

Di tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini, Anda bisa melakukan piknik sederhana dan bisa berbincang-bincang dengan pengunjung lainnya. Fasilitas ini memang dibuat dengan tujuan untuk memberikan ruang interaksi sosial bagi setiap pengunjungnya.

7 dari 7 halaman

Wisata Kaliurang Jogja yang Hits dan Instagramable

Taman Wisata Kaliurang

Tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga atau teman-teman. Di sini, Anda bisa mencoba fasilitas outbond seperti flying fox yang dapat memacu adrenalin. Bukan hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan rumah pohon Ridz High Rope saat memasuki area taman.

Tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini juga mempunyai udara yang sejuk serta dikelilingi pepohonan yang rindang. Dengan begitu, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas dengan nyaman tanpa takut kepanasan.

Di sini, Anda juga bisa membawa perlengkapan piknik seperti tikar dan bekal makanan untuk dinikmati bersama keluarga. Tidak perlu khawatir, cukup dengan membayar tiket masuk 8 ribu rupiah Anda bisa menikmati sajian pemandangan alam yang memesona.

Museum Sisa Hartaku

Selain gunung Merapi yang menjadi ciri khasnya, kamu juga bisa lebih dekat merasakan bagaimana kejadian meletusnya Merapi saat itu dengan mengunjungi Museum Sisa Hartaku.

Berkunjung ke tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable yang satu ini, kamu dapat menemukan berbagai penyimpanan barang-barang warga setempat yang masih tersisa setelah terjadinya letusan gunung Merapi tersebut.

Berbeda dengan bentuk gedung museum pada umumnya yang penah kamu jumpai. Museum Sisa Hartaku ini berupa bangunan yang dulunya adalah rumah, yang saat ini rumah ini hanya tersisa dindingnya saja.

Di sana kamu bisa melihat banyak perkakasa sehari-hari yang sudah tidak layak digunakan lagi, seperti sepeda sepeda motor, TV, meja, kursi, peralatan dapur, hingga hewan ternak.

Kaliadem

Kaliadem adalah wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable. Tempat wisata ini berada di kawasan Kaliurang, dekat dengan Gunung Merapi. Tempat wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini merupakan bunker yang menyajikan berbagai macam informasi sejarah dari Gunung Merapi.

Selain mendapatkan sajian pemandangan yang indah dan menyejukkan, di sini Anda bisa belajar sejarah tentang Gunung merapi. Ini bisa wisata edukasi menarik yang bisa Anda kunjungi bersama anak-anak.

Terlebih di waktu liburan sekolah, dengan berkunjung ke wisata Kaliurang Jogja yang hits dan instagramable ini tentu dapat menambah wawasan sejarah bagi anak-anak. Sehingga anak akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan liburan sekolah pun dapat dimanfaatkan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini