Sukses

Doa Membasuh Telinga dalam Bahasa Arab dan Latin, Lengkap Doa Sesudah Wudu

Wudu adalah bagian dari bersuci yang dilakukan oleh umat Islam dengan urutan-urutan yang sudah diajarkan dalam Islam.

Liputan6.com, Jakarta Doa membasuh telinga merupakan salah salah satu rangkaian dari tata cara wudu. Wudu adalah bagian dari bersuci yang dilakukan oleh umat Islam dengan urutan-urutan yang sudah diajarkan dalam Islam. 

Wudu merupakan aktivitas yang dilakukan sebelum melakukan ibadah sholat fardhu dan sunnah. Dengan berwudu terlebih dahulu, artinya umat Muslim sudah memastikan bahwa dirinya dalam kondisi yang suci, baik dari hadas besar maupun hadas kecil.

Urutan-urutan wudu yang benar dimulai dengan membaca niat, membasuh wajah, kedua tangan, menyapu kepala, telinga dan kaki. Ketika menyapu telinga, Anda bisa sambil melafalkan bacaan doa membasuh telinga sebagai penyempurna wudu anda.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa membasuh telinga dalam bahasa Arab dan Latin yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Membasuh Telinga Saat Wudu dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat bacaan doa membasuh telinga saat wudu dalam bahasa Arab, Latin dan artinya yang bisa anda lafalkan, yakni:

اللَّهُمَّاجْعَلْنِيمِنْالَّذِينَيَسْتَمِعُونَالْقَوْلَفَيَتَّبِعُونَأَحْسَنَهُ

Arab Latin: Allahumma ij'alni minalladzina yastami'unal qaula fayattabi'una ahsanahu.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku orang-orang yang mampu mendengar ucapan dan mampu mengikuti apa yang baik dari ucapan tersebut.”

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Niat Wudhu

Sebelum melakukan wudu, tata cara wudu yang pertama adalah membaca bacaan niat wudhu. Berikut ini bacaannya:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa Wudu Tiap Gerakan dan Tata Caranya

Berikut ini terdapat bacaan doa wudu setiap gerakan dalam wudu dan tata caranya, yakni:

a. Membaca doa niat, bacalah bacaan niat wudu terlebih dahulu seperti yang telah dijelaskan di atas.

b. Kemudian membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali. Saat membasuh tangan ini, Anda bisa sambil melafalkan bacaan doa membasuh tangan adalah:

اللّٰهُمَّاحْفَظْيَدَيَّمِنْمَعَاصِكَكُلِّهَا

Arab Latin: Allahumma ihfadh yadi min ma'ashika kullaha.

Artinya: “Ya Allah peliharalah kedua tanganku dari perbuatan maksiat pada-Mu.”

c. Setelah itu, berkumur sebanyak tiga kali. Saat berkumur, anda bisa sambil melafalkan bacaan doa ketika berkumur. Untuk doa wudhu saat berkumur ini dianjurkan agar dibaca di dalam hati. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّأَعِنِّيْعَلَىذِكْرِكَوَشُكْرِكَاللَّهُمَّاسْقِنِيمِنْحَوْضِنَبِيِّكَصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلَّمَكَأْسًالَاأَظْمَأُبَعْدَهُأَبَدًا

Arab Latin: Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika, Allahumma asqini min haudli nabiyyika shallallahu 'alaihi wa sallam ka'san la adzma'a ba'dahu Abadan.

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku (untuk selalu) mengingat dan bersyukur pada-Mu. Ya Allah, beri aku minuman dari telaga Kautsar Nabi Muhammad, yang begitu menyegarkan hingga aku tidak merasa haus selamanya.”

d. Membasuh lubang hidung sebanyak tiga kali. Dalam aktivitas ini, anda bisa sambil melafalkan bacaan doa membasuk lubang hidung. Sama seperti doa saat berkumur, doa saat membasuh lubang hidung juga dianjurkan agar dibaca dalam hati saja. Berikut adalah bacaannya:

اللَّهُمَّأَعِنِّيْعَلَىذِكْرِكَوَشُكْرِكَاللَّهُمَّاسْقِنِيمِنْحَوْضِنَبِيِّكَصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلَّمَكَأْسًالَاأَظْمَأُبَعْدَهُأَبَدًا

Arab Latin: Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika, Allahumma asqini min haudli nabiyyika shallallahu 'alaihi wa sallam ka'san la adzma'a ba'dahu Abadan.

Artinya: “ Ya Allah, tolonglah aku (untuk selalu) mengingat dan bersyukur pada-Mu. Ya Allah, beri aku minuman dari telaga Kautsar Nabi Muhammad, yang begitu menyegarkan hingga aku tidak merasa haus selamanya.”

e. Kemudian, membasuh wajah yang terlihat sejumlah tuga kali. Begini bacaan doa membasuh wajah saat wudhu, yakni:

اللَّهُمَّبَيِّضْوَجْهِيْيَوْمَتَبْيَضُّوُجُوهٌوَتَسْوَدُّوُجُوهٌ

Arab Latin: Allahumma bayyidl wajhi yauma tabyadldlu wujuhun wa taswaddu wujuh.

Artinya: “Ya Allah, putihkanlah wajahku di hari ketika wajah-wajah memutih dan menghitam.”

f. Setelah itu, anda bisa melanjutkannya dengan membasuh tangan kanan sebanyak tiga kali. Tangan kanan yang dibasuh dari jari jemari hingga siku. Berikut bacaan doa membasuh tangan kanan, yakni:

اللَّهُمَّأَعْطِنِيْكِتَابِيْبِيَمِينِيْوَحَاسِبْنِيْحِسَابًايَسِيرًا

Arab Latin: Allahumma a'thini kitabi biyamini, wa hasibni hisaban yasiran.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kananku, dan hisablah aku dengan hisab yang ringan.”

g. Selanjutnya membasuh tangan kiri sebanyak tiga kali. Tangan kiri yang dibasuh dari jari jemari hingga siku. Berikut bacaan doa membasuh tangan kiri, yakni:

اللَّهُمَّلَاتُعْطِنِيْكِتَابِيْبِشِمَالِيْوَلَامِنْوَرَاءِظَهْرِيْ

Arab Latin: Allahumma laa tu'thini bi syimaali, wa laa min waraa'i dzahri.

Artinya: “Ya Allah, jangan Kau berikan kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kiriku, dan jangan pula diberikan dari balik punggungku.”

h. Berikutnya, anda bisa melanjutkan dengan mengusap kepala sebanyak tiga kali. Berikut doa ketika membasuh kepala, yakni

اللَّهُمَّحَرِّمْشَعْرِيْوَبَشَرِيْعَلَىالنَّارِوَأَظِلَّنِيْتَحْتَعَرْشِكَيَوْمَلَاظِلَّإلَّاظِلُّك

Arab Latin: Allahumma harrim sya'ri wa basyari 'ala an-nari wa adzilni tahta 'arsyika yauma la dzilla illa dzilluka.

Artinya: “ Ya Allah, halangi rambut dan kulitku dari sentuhan api neraka, dan naungi aku dengan naungan singgasana-Mu, pada hari ketika tak ada naungan selain naungan dari-Mu.”

i. Tata cara yang lainnya yakni membasuh kedua telinga sebanyak 3 kali, dengan diawali yang kanan lalu kiri. Berikut bacaan doa membasuh telinga, yakni:

اللَّهُمَّاجْعَلْنِيمِنْالَّذِينَيَسْتَمِعُونَالْقَوْلَفَيَتَّبِعُونَأَحْسَنَهُ

Arab Latin: Allahumma ij'alni minalladzina yastami'unal qaula fayattabi'una ahsanahu.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku orang-orang yang mampu mendengar ucapan dan mampu mengikuti apa yang baik dari ucapan tersebut.”

j. Setelah itu, anda bisa meneruskan dengan membasuh kaki kanan sebanyak 3 kali. Bacaan doa ketika membasuh kaki adaah sebagai berikut:

اللهم اجْعَلْهُ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا. اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ

Arab Latin: Allahumma ij'alhu sa'yan masykuran wa dzamban maghfuran wa 'amalan mutaqabbalan. Allahumma tsabbit qadami 'ala shirathi yauma tazila fihi al-aqdam.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah (segenap langkahku) sebagai usaha yang disyukuri, sebagai penyebab terampuninya dosa dan sebagai amal yang diterima. Ya Allah, mantapkanlah telapak kakiku saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki yang tergelincir.”

k. Terakhir, anda membasuh kaki kiri sebanyak tiga kali. Berikut ini bacaan doa ketika anda membasuh kaki kiri, yakni:

اَللَّهُمَّإِنِّيأَعُوْذُبِكَأَنْتَنْزِلَقَدَمِيْعَنِالصِّرَاطِيَوْمَتَنْزِلُفِيْهِأَقْدَامُالْمُنَافِقِيْنَ

Arab Latin: Allahumma inni a'udzu bika an tanzila qadami 'anish-shirathi yauma tanzilu fihi aqdamul munafiqin.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu, dari tergelincir saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki orang munafik yang tergelincir.”

5 dari 5 halaman

Doa Sesudah Wudu

Setelah mengetahui bacaan doa membasuh telinga pada rangkaian wudu, Anda perlu mengetahi doa setelah atau sesudah wudu adalah sebagai berikut ini:

اشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Arab Latin: Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j'alnii minat tawwabiina, waj'alnii minal mutathahiriina waj'alnii min 'ibaadikash shalihiina.

Artinya: “ Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.