Sukses

Review adalah Ringkasan Berdasarkan Analisis dan Fakta, Pahami Cara Memulainya

Memahami istilah review dengan lebih sederhana, mudah dipraktikkan!

Liputan6.com, Jakarta Review adalah salah satu kegiatan yang semakin populer di era sekarang. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk melakukannya. Apalagi revolusi industri 4.0 membuat media berkembang begitu pesat, review bisa tetap bernilai disampaikan oleh siapa saja melalui media sosialnya.

Media sosial yang membuat kegiatan review semakin mudah dilakukan. Setiap orang memiliki kekuatan untuk memberikan kritik dan saran dalam bentuk ringkasan seperti review. Satu hal yang perlu dipahami, review adalah ringkasan yang berdasarkan analisis dan fakta, bukan opini.

Kegiatan review sangat berguna untuk segala bidang, utamanya pemasaran, pendidikan, dan seni. Meski bisa dilakukan siapa saja, review adalah suatu ulasan dengan nilai. Pernyataan ini memiliki maksud, review harus memiliki manfaat tertentu bagi diri sendiri dan khalayak.

Berikut Liputan6.com ulas review adalah ringkasan berdasarkan analisis dan fakta dari berbagai sumber, Minggu (31/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal Tentang Review

Review adalah ringkasan yang berdasarkan pada analisis dan fakta. Kegiatan review bisa dilakukan oleh siapa saja dan diterapakan dalam bidang apa saja. Review adalah upaya memahami sesuatu dengan lebih mendalam.

Tujuan utama review adalah memberikan informasi, gambaran,  dan gagasan kepada diri sendiri serta orang lain. Praktik review memang lebih banyak dilakukan dalam bidang bisnis, utamanya membahas kelebihan dan kelemahan suatu produk atau jasa.

Meski demikian, review adalah praktik yang berguna di segala bidang. Termasuk bidang pendidikan, perfilman, dan masih banyak lagi lainnya. Di bidang pendidikan, review dilakukan untuk mengulas buku fiksi dan non-fiksi sampai jurnal.

Untuk bidang perfilman, review adalah kegiatan membedah isi cerita sampai proses pembuatannya. Selain pemasaran, review film paling banyak diminati untuk digarap dan dinikmati karena menyenangkan.

3 dari 7 halaman

Review Bukan Opini

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, review adalah hal yang tidak bisa dilakukan semena-mena. Review tidak tepat jika disamakan dengan opini. Namun review adalah ulasan yang lebih mengarah pada fakta dengan sudut pandang tertentu.

Bila disamakan dengan bentuk kritikan, review adalah medianya. Bukan kritik yang sekadar mencari kesalahan yang berdasar fakta, tetapi review kesalahan tersebut harus memiliki nilai guna tertentu.

Review bukanlah opini. Review adalah respon atau ulasan yang bisa memberikan manfaat. Di dunia pendidikan, review lebih mengarah para pengembangan ilmu pengetahuan.

Bidang pemasaran, review mengarah pada perbaikan produk dan jasa. Bidang perfilman, mengarah pada perbaikan sekaligus pembelajaran agar karya lebih baru dan epik bisa didapatkan di kemudian hari.

4 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Review

1. Review Jurnal

2. Review Buku Fiksi

3. Review Buku Non-Fiksi

4. Review Makanan

5. Review Film

6. Review Sinetron

7. Review Musik

8. Review Lagu

9. Review Metode

10. Review Barang

11. Review Jasa

12. Review Aplikasi

13. Review Teks

14. Review Suara

15. Review Gambar

16. Review Video

17. Review lain-lain.

5 dari 7 halaman

Tentang Review Jurnal

Mereview jurnal adalah kegiatan akademik yang dibutuhkan untuk mencari referensi pendukung atau mempelajari sebuah penelitian yang sudah ada dan diterbitkan menjadi jurnal ilmiah.

Kegiatan ini amat penting untuk terbiasa memahami dan mencari pokok-pokok yang disajikan dalam sebuah jurnal.

Hal ini bisa dijadikan sebagai rutinitas ketika sedang menempuh pendidikan setingkat sarjana maupun pasca sarjana guna menganalisis suatu penelitian.

Contoh Review Jurnal Pendidikan

Judul Jurnal : Penelitian terhadap Hubungan Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika

Penulis : Azela Nasyifa

Publikasi : Jurnal elektronik program Pascasarjana Universitas Pendidikan Panca Husada Link jurnal : https://drive.google.com/file/d/0B6yNA60bfjhbfjbjhsbfmsbfjs/view?pli=1 Diakses : 30/12/2016

Reviewer : Astriyani Rifatahari (012987)

Latar Belakang : Terdapat hubungan antara proses dengan hasil pembelajaran dari pendekatan saintifik hasil belajar Fisika dengan keterampilan proses sains

Tujuan:

Penelitian dalam jurnal bertujuan untuk mengukur hasil belajar yang ditunjukkan siswa dalam mata pelajaran Fisika beserta keterampilan proses sains antar siswa. Sampel diambil dari siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode umum

Sampel:

Sampel diambil dari siswa SMAN 3 Jakarta Utara kelas X yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 150 siswa serta mengambil sampel random dari sejumlah 3 kelas.

Metode:

Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan sifat penelitian quasi experimental design (Eksperimen semu) serta metode post tes only control group design. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif serta analisis inferensial.

Hasil:

Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar serta keterampilan proses sains antara siswa yang menjalani metode pembelajaran langsung serta siswa yang mengikuti metode pembelajaran saintifik (F=40,293;p<0,05).

6 dari 7 halaman

Contoh Review Jurnal Internasional

Judul : Strategy Management Accounting Practices In Croatia

Jurnal : The Jurnal  Of  international  Management  Studies

Volume & Halaman : Vol 7 number 2, October 2012, hal 93-100

Tahun : 2012

Penulis : Branka Ramljak and Andrijana Rogosic

Reviewer : Abdul Aziz (A210140110)

Tanggal : 29 Desember 2015

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan praktik akuntansi manajemen strategis dan implikasinya pada relevansi dan ketepatan waktu manajer informasi yang digunakan.

Subjek Penelitian

Subjek penelitian ini adalah 400 perusahaan besar di kroasia. Yag memiliki total aset 130.000.000 kunas, pendapatan dari 260.000.000 kunas dan rata-rata jumlah 250 karyawan selama setahun keuangan. 17,75% responden tidak menjawab pertanyan.

Assemen Data

Menggunakan data kuesioner, dan juga melalui telepon, pos, e-mail, yang dikirim kepada manajer sebagai responden.

Metode Penelitian

Menggunakan instrumen survei multiitem, menggunakan 5 jenis titik skala likert. Dan mengambil atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.

 Langkah Penelitian

Langkah penelitian yang digunakan adalah pada bulan April, Mei, Juni 2011 dilakukan perekrutan responden dari 400 perusahaan besar di Kroasia, yang dijadikan responden adalah para manajer perusahaan yang dimintai persetujuan mengenai persetujuan mengenai penelitian tersebut yang diberi paket kuesioner dikirim melalui telepon, pos, e-mail. Kemudian menggunakan instrumen survei multiitem dan mengambil data atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.

Hasil Penelitian

Hasil analisa dari penelitian  yang dilakukan adalah :

1. Perusahaan besar di Kroasia telah menerapkan satu atau metode yang lebih sophicticated akuntansi manajemen strategis

2. 66% dari perusahaan sempel menggunakan salah satu teknik akuntansi

3. 40% perusahaan menerapkan teknik penetapan biaya berdasarkan aktivitas

4. 39% perusahaan menerapkan kualitas biaya.

Kekuatan  Penelitian

Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner, ini mudah digunakan oleh subjek penelitian.

Kelemahan  Penelitian

1. Kelemahan pada penelitian ini adalah tingkat responnya masih rendah

2. Banyaknya metode yang digunakan dalam penelitian

3. Tambahnya ongkos penelitian dengan adanya pengiriman lewat pos kepada responden.

Kesimpulan

Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil penelitian dapat memberikan efek sinergis positif dari managemen strategis implementasi  teknik akuntansi yang berbeda. Dan dapat memberikan wawasan bagi seorang manajer dalam penyusunan rencara perusahaan, dan dalam pengambilan keputusan. Dapat dikatakan penelitian ini layak dijadikan refresi pengetahuan yang valid.

7 dari 7 halaman

Tentang Review Buku

Cara review buku ditugaskan untuk memungkinkan siswa untuk menyampaikan pendapat mereka sendiri tentang ide-ide penulis yang termasuk dalam buku atau bagian. Mereka adalah bentuk kritik sastra yang menganalisis ide-ide penulis, teknik menulis, dan kualitas.

Analisis buku sepenuhnya didasarkan pada pendapat, yang relevan dengan buku tersebut. Itu adalah praktik yang baik bagi mereka yang ingin menjadi editor, karena fakta mengedit memerlukan banyak kritik.

Cara review buku:

1. Mulai dengan meringkas buku.

2. Mulai pecah ini dengan karakter, pembangunan dunia, tema, dan plot.

3. Dedikasikan paragraf untuk masing-masing aspek penting ini, membahas seberapa baik penulis menanganinya.

4. Sertakan kutipan singkat sebagai contoh, jangan terlalu panjang mengutip.

5. Buat kesimpulan singkat dan manis. Ini harus memunculkan poin utama ulasan, berdasarkan fakta dan sudut pandang tertentu.

6. Temukan buku yang serupa atau hampir mirip.

7. Memberikan peringkat atau bintang dengan jumlah tertentu.

8. Ajakan bertindak untuk membaca atau membeli, perlu diletakkan di akhir.

9. Buatlah catatan selama membaca buku.

10. Apa yang diingat dari buku, bisa jadi itu "ingatan palsu" (false memory), tetapi tidak jika berbentuk tulisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.