Sukses

5 Obat Penyakit Kulit Kurap dari Bahan Alami Serta Cara Mencegahnya

Obat penyakit kulit kurap dari bahan alami bisa menjadi solusi selain obat-obatan

Liputan6.com, Jakarta Obat penyakit kulit kurap dapat dengan menggunakan salep antijamur atau antimikotiik. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi tablet anti jamur yang diresepkan oleh dokter. Hal ini dilakukan kalau keluhan tak kunjung membaik setelah penggunaan salep tadi. 

Tidak hanya dengan salep dan resep dari dokter, kamu juga bisa mengatasinya sendiri di rumah. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan untuk mengobati penyakit kulit kurap ini. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati penyakit kurap.

Obat penyakit kulit kurap dari bahan alami bisa menjadi solusi selain obat-obatan. Berbagai bahan alami yang dapat mengobati penyakit kulit kurap ini biasanya memiliki sifat antijamur. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa kondisi dalam rangka menghilangkan kurap.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/2/2020) tentang obat penyakit kulit kurap

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lengkuas dan Bawang Putih

Lengkuas

Obat penyakit kulit kurap dari bahan alami yang pertama adalah lengkuas. Bahan dapur ini dikenal sebagai anti jamur. Kamu bisa menggunakan sebagai pengobatan untuk kurap dengan cara mememarkan lengkuas. Setelah dimemarkan, tempelkan pada area kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat.

Bawang Putih

Obat penyakit kulit kurap selanjutnya adalah bawang putih. Bahan dapur yang juga memiliki sifat anti jamur ini terkenal ampuh untuk melawan penyakit kulit. Cara menggunakannya adalah tumbuk halus beberapa suing bawang putih untuk membuat pasta. Kemudian gunakan pasta untuk mengompres area kulit yang terinfeksi tiga kali dalam sehari.

Jika kurap sudah agak berkurang, kamu perlu melanjutkan pengobatan ini selama satu atau dua minggu untuk mencegah infeksinya muncul kembali.

3 dari 5 halaman

Lidah Buaya, Daun Tembakau, dan Belerang

Lidah Buaya

Sebenarnya, lidah buaya tidak dapat menghilangkan jamur. Namun lidah buaya dapat membantu melawan iritasi kulit akibat ruam sebagai obat penyakit kulit kurap.

Caranya cukup dengan menggunakan 1 buah daun lidah buaya. Setelah itu belah jadi dua dan gosokkan lendirnya pada area kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

Daun Tembakau

Kamu bisa juga menggunakan daun tembakau sebagai salah satu obat penyakit kulit kurap. Caranya cukup gunakan beberapa helai daun tembakau, lalu tumbuk halus dan oleskan pada kulit yang terkan kurap. Lakukan perawatan ini dengan teratur 1-2 kali sehari.

Belerang

Belerang atau sulfur merupakan salah satu bahan alami yang dapat dipercaya dapat menangkal beberapa masalah kesehatan kulit, termasuk membunuh bakteri dan jamur. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan belerang sebagai obat penyakit kulit kurap berikutnya.

Kamu bisa menggunakan belerang cair yang biasa dijual di toko obat untuk mengompres area kulit yang terkena kurap. Setelah itu diamkan mengering dan bilas. Kamu bisa melakukannya 1-2 kali sehari sampai infeksi sembuh.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kurap Tanpa ke Dokter

Obat penyakit kulit kurap yang utama tentunya adalah salep jamur. Kurap dapat dihilangkan dengan mengoleskan salep kurap atau jamur yang dijual bebas, antara lain salep yang berisi clotrimazole atau miconazole. Oleskan salep kurap sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal berikut agar kurpa dapat dibasmi:

- Tidak mengenakan pakaian dengan bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada area kurap. Jika harus memakainya, tutupi area kurap dengan perban.

- Mencuci baju dan seprai setiap hari selama kurap belum sembuh dan jaga kebersihan lingkungan sekitar.

- Membersihkan dan mengeringkan kulit secara teratur, khususnya area kulit yang terkena kurap.

- Kompres kurap dengan handuk kecil yang dibasahi air dingin selama 20 hingga 30 menit. Lakukan sebanyak 2-6 kali sehari.

- Hindari menggaruk area yang yang terasa gatal, karena dapat menimbulkan infeksi bakteri pada kulit.

Bila dalam 2 minggu tidak ada perbaikan, segeralah konsultasikan kepada dokter kulit. Dokter kulit akan menghilangkan kurap berdasarkan lokasi kurap dan luasnya area. Untuk obat penyakit kulit kurap yang masih ringan, dokter dapat memberikan obat oles berisi antijamur yang lebih kuat dibandingkan dengan obat yang dijual bebas.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Penyakit Kurap

Sebelum mengenali berbagai obat penyakit kulit kurap, kamu tentunya bisa menjaga kesehatan dengan mencegah penyakit tersebut muncul. Tak perlu takut terserang penyakit kurap ini, kamu bisa mencegahnya dengan cara seperti berikut ini:

1. Mencuci handuk di air hangat dengan menggunakan sabun dan dikeringkan dengan baik.

2. Menggunakan handuk yang bersih setelah mandi. Pastikan juga kulit kamu kering setelah mandi, terutama pada bagian lengan, sela jari kaki, dan selangkangan.

3. Bersihkan juga lantai kamar mandi dan juga bak mandi sehabis digunakan.

4. Menggunakan pakaian yang bersih setelah mandi.

5. Menghindari bertukar pakaian, topi, dan sisir dengan orang lain terutama dengan penderita penyakit kurap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini