Sukses

10 Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Aman, Tanpa Efek Samping

Jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan pola hidup sehat agar terhindar dari haid tidak lancar.

Liputan6.com, Jakarta Cara melancarkan haid kerap dicari para wanita yang sedang bermasalah dengan siklus menstruasinya. Bagi wanita yang sedang memiliki masalah haid tidak lancar, kerap mencari berbagai cara untuk mengatasi masalah ini.

Mulai dari mengonsumsi obat-obatan pelancar haid hingga mengubah pola hidup sehat. Di antara cara melancarkan haid, kamu disarankan untuk memilih cara melancarkan haid secara alami dan aman.

Bukan tanpa alasan, cara melancarkan haid secara alami ini dipercaya minim efek samping yang membahayakan kesehatan. Ketimbang mengonsumsi obat-obatan pelancar haid yang tidak jelas komposisinya, kamu bisa melakukan cara melancarkan haid dengan bahan-bahan alami yang lebih aman.

Cara melancarkan haid secara alami, selain aman juga dapat menyehatkan tubuh. Hal ini dikarenakan bahan-bahan dan cara-cara tersebut sangat aman untuk kesehatan tubuh karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Berikut cara melancarkan haid secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Haid Tidak Lancar

Sebelum mengenal cara melancarkan haid secara alami dan aman, penting bagi kamu untuk mengetahui apa penyebab utama haid tidak lancar. Ada beberapa faktor penyebab haid tidak lancar. Berikut beberapa penyebab haid tidak lancar yang perlu kamu perhatikan:

Stres

Otak terdiri dari beberapa bagian, salah satunya adalah hypothalamus. Bagian pada otak ini sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus merupakan hormon yang mengatur periode haid. Oleh karena itu, ketika kamu mengalami stres maka akan memberikan dampak pada kelancaran haid.

Penyakit

Penyebab haid tidak lancar berikutnya adalah adanya penyakit tertentu yang sedang kamu alami. Salah satu penyakit yang menjadikan haid tidak lancar adalah jamur.

Berat Badan Turun Drastis

Penyebab haid tidak lancar lainnya adalah berat badan yang menurun sangat drastis. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Kondisi ini secara tidak langsung dapat memberikan dampak pada jadwal haid kamu.

Tiroid

Penyebab haid tidak lancar juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher, mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tetapi, ketika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid akan dapat berpengaruh pada jadwal haid.

Hormon Tidak Seimbang

Hormon yang tidak stabil atau tidak seimbang dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Hal ini dikarenakan haid merupakan hasil kerja sama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila salah satu komponen tersebut bermasalah, maka jadwal haid akan terganggu.

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar ini, ada cara melancarkan haid secara alami yang bisa kamu coba agar kembali lancar. Cara melancarkan haid ini berguna bagi kamu yang haidnya terlambat 2 bulan hingga 4 bulan atau lebih.

3 dari 7 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Aman

Air Kelapa Hijau

Cara melancarkan haid secara alami yang pertama dengan mengonsumsi air kelapa hijau. Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit.

Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Kunyit

Cara melancarkan haid secara alami berikutnya dengan memgonsumsi kunyit. Kunyit sering dijumpai sebagai jamu tradisional. Bukan tanpa alasan, ternyata kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat, yaitu kurkumin.

Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cara melancarkan haid dengan kunyit dengan meminum jamu kunyit. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk memperlancar haid.

4 dari 7 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Aman

Jahe

Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya seperti minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin.

Jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan haid secara alami. Konsumsilah air seduhan jahe dengan madu setiap hari untuk memperlancar haid.

Jus Wortel

Wortel sudah sangat terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan vitamin C, kalsium, dan iron yang membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula dapat menjadi cara melancarkan haid yang efektif.

5 dari 7 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Aman

Daun Pepaya

Cara melancarkan haid secara alami berikutnya dengan mengonsumsi daun pepaya. Daun pepaya memiliki banyak manfaat dan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.

Cara melancarkan haid dengan daun pepaya adalah meminum air rebusannya. Caranya, rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral. Rebus hingga air tinggal satu gelas. Lalu minum ramuan tersebut. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid.

Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mencukupi tubuh dengan gizi yang seimbang secara tidak langusng dapat menjadikan produksi hormon tidak bermasalah. Membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi dapat menjaga produksi hormon agar tidak terganggu. Apabila produksi hormon aman, maka sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa lancar.

 

6 dari 7 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Aman

Rutin Mengonsumsi Air Mineral

Cara melancarkan haid yang mudah tentu saja adalah dengan rajin dan teratur konsumsi air mineral. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan turut lancar pula.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Cara melancarkan haid selanjutnya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat memang identik dengan makanan yang sehat serta olahraga. Namun, kamu juga perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan tidak sehat seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang. Beberapa kebiasaan buruk tersebut telah terbukti dapat mengganggu jadwal haid.

7 dari 7 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami dan Aman

Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Cukup melakukan gerakan olahraga sederhana, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh. Lakukan saja yang mudah seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

Istirahat Cukup dan Teratur

Mencukupi tubuh dengan mendapatkan istirahat yang teratur dan cukup dapat menjadikan hormon kortisol berproduksi dengan baik. Hal ini akan membuat produksi hormon kortisol terproduksi dengan baik, sehingga saat kamu mengalami stres dapat teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon pengatur periode haid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini