Sukses

Sunset adalah Matahari Terbenam, Ketahui Sinonim dan Contoh Kalimat

Susaet adalah kata dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti matahari terbenam.

Liputan6.com, Jakarta Sunset adalah kata yang cukup sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari terutama ketika membahas tentang rencana berlibur atau bepergian. Bahkan banyak orang memilih tempat wisata hingga mengatur jadwal keberangkatan agar dapat menikmati sunset.

Lalu apa yang dimaksud dengan sunset? Sunset adalah kata dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti matahari terbenam. Tentu bukan tanpa alasan mengapa seseorang bisa mengatur rencana liburannya sedemikian rupa agar bisa menikmati sunset.

Sebab sunset adalah salah satu fenomena alam di mana matahari tenggelam di ufuk barat. Pada saat matahari tenggelam di ufuk barat, biasanya akan menghasilkan pacaran cahaya berwarna jingga yang sangat indah.

Maka tidak jarang jika momen munculnya sunset ini sering dimanfaatkan untuk mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan atau untuk diunggah di media sosial seperti Instagram.

Untuk lebih memahami apa itu sunset dan bagaimana kata tersebut digunakan dalam percakapan sehari-hari, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Sunset

Seperti yang telah sedikit dijelaskan sebelumnya, sunset adalah kata dari bahasa Inggris, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti matahari terbenam. Sementara itu menurut Cambridge Dictionary, sunset adalah waktu di sore hari ketika Anda terakhir melihat matahari di langit.

Sedangkan menurut Merriam Webster, sunset adalah penurunan nyata matahari di bawah cakrawala; waktu ketika bagian atas matahari menghilang di bawah cakrawala sebagai akibat dari rotasi bumi.

Sementara itu, Collins Dictionary memiliki definisi yang sedikit berbeda mengenai sunset. Menurut sumber tersebut, sunset adalah waktu di sore hari ketika matahari menghilang dari pandangan dari langit; sunset adalah warna dan cahaya yang Anda lihat di bagian barat langit saat matahari menghilang di sore hari.

Dari serangkaian penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sunset adalah waktu ketika matahari tenggelam di ufuk barat pada sore hari, yang masih menyisakan pancaran cahaya berwarna jingga.

3 dari 5 halaman

Sunset dalam Konteks Bisnis dan Hukum

Dalam bahasa Inggris, sunset tidak hanya digunakan untuk merujuk pada peristiwa ketika matahari tenggelam di ufuk barat saja. Kata sunset bahkan juga digunakan dalam percakapan yang membahas topik terkait bisnis dan hukum.

Dalam konteks bisnis dan hukum, seperti dikutip dari Cambridge Dictionary, sunset adalah istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan bagian dari undang-undang atau kontrak yang menyatakan kapan kontrak tersebut akan berakhir, atau kondisi di mana kontrak tersebut akan berakhir.

Sumber tersebut juga menjelaskan bahwa sunset adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tanggal dimana sesuatu harus berakhir secara hukum.

Dari penjelasan singkat tersebut, dapat dipahami bahwa sunset adalah istilah yang tidak hanya merujuk pada peristiwa ketika matahari terbenam saja, melainkan juga merujuk pada akhir dari berlakunya sebuah kontrak. Dengan kata lain, sunset adalah istilah yang merujuk pada tanggal suatu kontrak berakhir, atau kondisi-kondisi yang menyebabkan suatu kontrak berakhir.

4 dari 5 halaman

Sinonim Sunset

Dalam bahasa Inggris, terdapat sejumlah kata yang memiliki relasi makna atau sinonim dengan sunset. Kata-kata ini memiliki makna yang kurang lebih mirip dengan sunset. Adapun kata-kata yang bersinonim dengan sunset antara lain adalah sebagai berikut:

1. dusk

Salah satu sinonim sunset adalah dusk. Dusk sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya senja. Secara definisi, dusk berarti tahap senja yang lebih gelap.

2. nightfall

Kata berikutnya yang bersinonim dengan sunset adalah nightfall. Sama dengan dusk, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, nightfall berarti senja. Secara definisi, nightfall adalah waktu di malam hari saat hari menjadi gelap.

3. sundown

Kata selanjutnya yang juga bersinonim dengan sunset adalah sundown. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sundown berarti terbenamnya matahari. Secara definisi, sundown adalah waktu di malam hari ketika Anda terakhir melihat matahari di langit.

4. twilight

Kata lain yang juga bersinonim dengan sunset adalah twilight. Twilight sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti aram-temaram. Secara definisi twilight adalah pancaran cahaya lembut dari langit saat matahari berada di bawah cakrawala, yang disebabkan oleh pembiasan dan hamburan sinar matahari dari atmosfer.

5. evening

Kata yang bersinonim dengan sunset adalah evening. evening dalam bahasa Indonesia berarti sore hari atau malam hari. Secara definisi, evening adalah bagian akhir dan penutupan siang dan bagian awal malam.

6. eventide

Kata lain yang juga bersinonim dengan sunset adalah eventide. Eventide jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia juga memiliki arti malam. Sedangkan secara definisi, eventide adalah penghujung hari.

7. gloaming

Kata lain yang juga bersinonim dengan sunset adalah gloaming. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, gloaming artinya senja. Sedangkan secara definisi, gloaming adalah waktu hari ketika hari menjadi gelap tetapi belum sepenuhnya gelap.

8. crepusular light

Istilah lain yang juga memiliki makna yang mirip dengan sunset adalah crepuscular light. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, crepusular light berarti cahaya krepusular. Sedangkan secara definisi, crepuscular light adalah cahaya redup seperti langit yang sedikit terang.

5 dari 5 halaman

Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata Sunset

Untuk lebih memahami apa arti sunset lebih dalam, penting bagi kita untuk melihat sejumlah contoh bagaimana kata tersebut digunakan dalam contoh kalimat. Berikut adalah sejumlah contoh kalimat dengan menggunakan kata sunset:

1. He heard himself speaking in an even tone about the view, the river, the gold of the coming sunset.

(Dia mendengar dirinya berbicara dengan nada datar tentang pemandangan, sungai, emas dari matahari terbenam yang akan datang.)

2. The prophets had long been painting the visionary dawn with pigments of that glorious sunset.

(Para nabi telah lama melukis fajar visioner dengan pigmen matahari terbenam yang mulia itu.)

3. Every evening, at sunset, the gates were closed, and during the night no one was allowed to pass through in either direction.

(Setiap malam, saat matahari terbenam, gerbang ditutup, dan pada malam hari tidak ada yang diizinkan lewat di kedua arah.)

4. In dry weather, they are now to be watered with lukewarm water softly showered upon them, between sunset and twilight.

(Dalam cuaca kering, mereka sekarang harus disiram dengan air suam-suam kuku yang dihujani dengan lembut ke atas mereka, antara matahari terbenam dan senja.)

5. When the arcs form around sunrise or sunset, they tend to be almost totally red.

(Ketika busur terbentuk di sekitar matahari terbit atau terbenam, mereka cenderung hampir seluruhnya berwarna merah.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.