Sukses

Magang Adalah Periode Pengalaman Kerja dalam Jangka Waktu Tertentu, Ketahui Tujuannya

Magang adalah periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh suatu organisasi untuk jangka waktu terbatas.

Liputan6.com, Jakarta Magang adalah istilah yang kerap digunakan oleh pelajar untuk belajar mengenai suatu bidang dengan cara terlibat langsung dalam industri terkait. Biasanya, magang adalah salah satu persyaratan agar para pelajar atau mahasiswa bisa lulus.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian magang adalah calon ahli. Sedangkan menurut Undang-Undang, istilah magang adalah bagian dari salah satu bentuk pelatihan.

Dalam pelaksanaannya, magang memiliki tujuan yakni untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan mahasiswa/i dalam dunia kerja nyata. Pembelajaran ini dilaksanakan melalui hubungan yang intensif antara perserta program magang dan perusahaan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian magang beserta tujuan dan manfaatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (10/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Apa itu Magang?

Dikutip dari buku Dasar-Dasar Micro Teaching (2022) karya Dr. Ina Magdalena, M.Pd, menjelaskan bahwa magang adalah suatu kegiatan belajar yang menggabungkan antara kegiatan belajar dan praktik dalam rangka pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, magang adalah calon ahli. Sementara berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, magang adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu. Program ini biasanya dilakukan oleh pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga mahasiswa.

Melansir dari buku berjudul Belajar Sambil Bekerja dan Bekerja Sambil Belajar (2021) karya Muhammad Firdaus, menjelaskan bahwa magang adalah salah satu bentuk pembelajaran di tempat kerja yang memberi kesempatan kepada seorang pelajar atau mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dalam kurun waktu tertentu pada pekerjaan nyata sambil didampingi oleh seorang yang mahir pada pekerjaan yang sedang dipelajari.

Definisi lain, pengertian magang adalah periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh suatu organisasi untuk jangka waktu terbatas. Magang sendiri memiliki beragam istilah lain seperti PKL hingga PPL.

3 dari 5 halaman

2. Tujuan dari Magang

Setelah mengetahui pengertian magang, anda perlu memahami tujuan dari magang itu sendiri. Berikut penjelasannya:

  1. Mengembangkan pengetahuan eksplisit peserta magang mengenai teori dan prinsip yang mendasari suatu tugas atau pekerjaan.
  2. Mengembangkan pengetahuan tacit peserta magang, termasuk sikap dan perilaku kerja yang sesuai dengan tugas jabatan diembannya atau akan diembannya di masa mendatang.
  3. Mengembangkan keterampilan kerja peserta magang mengenai tugas jabatan yang diembannya atau akan diembannya di masa mendatang.
  4. Mensosialisasikan peserta magang pada kompleksitas suatu pekerjaan dan lingkungan di mana pekerjaan itu berlangsung.

Sedangkan tujuan magang bagi mahasiswa nonkependidikan adalah sebagai berikut ini:

  1. Mampu merencanakan bidang kerja dan standar pelaksanaan pekerjaan yang ada di tempat kerja sesuai bidang keahliannya secara sistematis.
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan permasalahan di tempat kerja secara kritis dan bertanggung jawab sesuai bidang keahliannya.
  3. Mampu melaksanakan dan melaporkan pekerjaan di tempat kerja sesuai dengan bidang keahliannya secara terbimbing/mandiri, terukur, dan bertanggung jawab.
  4. Mampu melakukan interaksi, komunikasi dan kerja sama dengan teman  sejawat,  staf dan pimpian di tempat kerja.
4 dari 5 halaman

3. Manfaat Magang

Dikutip dari buku Belajar Sambil Bekerja dan Bekerja Sambil Belajar (2021) karya Muhammad Firdaus yang menjelaskan tentang manfaat dari magang adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan kesempatan kepada peserta magang untuk belajar dalam kondisi yang autentik sehingga tidak terbentur pada masalah training transfer (kesulitan mengimplementasikan hasil pembelajaran pada pekerjaan) yang umum terjadi pada pelatihan klasikal.
  2. Memberi kesempatan kepada peserta magang untuk menginternalisasi budaya kerja yang berpengaruh terhadap efektifitas pelaksanaan suatu tugas jabatan.
  3. Selain mengembangkan pengetahuan eksplisit, peserta magang juga dapat mengembangkan pengetahuan tacit yang sangat menentukan profesionalisme seseorang dalam melaksanakan tugas.
  4. Pegawai yang ditugaskan magang dapat mengembangkan kompetensinya, dan pada saat yang sama tetap memperoleh haknya akan gaji dan tunjangan sesuai peraturan perudang-undangan yang berlaku.
  5. Peserta magang dapat memperoleh kualifikasi formal yang setara dengan yang didapatkan melalui pelatihan klasikal sesuai peraturan yang berlaku.
  6. Efisiensi anggaran pengembangan pegawai karena keikutsertaan dalam program magang tidak membutuhkan pembiayaan mahal.
  7. Selain mengembangkan kompetensi mengenai suatu tugas jabatan tertentu, peserta magang juga dapat mengembangkan pengetahuan mengenai bagaimana belajar sehingga peserta tersebut akan lebihmudah mengembangkan kompetensinya jika diberikan tugas lain atau dihadapkan pada tantangan situasi kerja berbeda di masa yang akan datang.

Dengan kata lain magang adalh ajang dalam mengenali minat atau passion diri sebelum melamar pekerjaan yang diinginkan dan diminati, mengubah minat yang dimiliki menjadi keterampilan yang akan dijadikan bekal dalam melaksanakan tugas pada real dunia kerja dan mengubah minat yang dimiliki menjadi aksi nyata yang akan membawa pengalaman akan dunia kerja senyatanya.

5 dari 5 halaman

4. Syarat dan Isi Perjanjian Magang

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri, terdapat isi perjanjian magang adalah sebagai berikut ini:

  1. Hak dan kewajiban peserta pemagangan.
  2. Hak dan kewajiban penyelenggara pemagangan.
  3. Program pemagangan.
  4. Jangka waktu pemagangan.
  5. Besaran uang saku.

Adapun jangka waktu pemagangan paling lama adalah 1 tahun. Sementara besaran uang saku yang diperoleh peserta meliputi biaya transportasi, uang makan, dan insentif. Sedangkan untuk persyaratan pelajar ataupun mahasiswa boleh melakukan magang adalah:

  1. Usia paling rendah 17 tahun untuk pencari kerja
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Lulus seleksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.