Sukses

Jaringan Meristem adalah Jaringan Pertumbuhan, Ini Ciri dan Fungsinya pada Tumbuhan

Jaringan meristem adalah jaringan dalam tumbuhan yang mampu mempertahankan kemampuan untuk membelah.

Liputan6.com, Jakarta Jaringan meristem adalah jaringan dalam tumbuhan yang mampu mempertahankan kemampuan untuk membelah. Jaringan meristem adalah jaringan yang terletak di sejumlah bagian tubuh, yakni di ujung batang, di bagian pangkal batang dan ruas.

Jaringan meristem adalah jaringan dalam tumbuhan yang memiliki fungsi agar tumbuhan dapat terus tumbuh. Sebab, jaringan meristem memiliki fungsi antara lain adalah untuk menambah tinggi dan panjang tumbuhan, memperbesar dan melebarkan batang, dan sebagainya.

Selain itu masih ada beberapa fungsi lain dari jaringan meristem, sebab jaringan meristem adalah jaringan pada tumbuhan yang memiliki kemampuan untuk mendukung pertumbuhan tumbuhan.

Jaringan meristem adalah jaringan pada tumbuhan yang dapat dikenali dari ciri-cirinya. Untuk lebih memahami apa itu jaringan meristem, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Jaringan Meristem

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jaringan meristem adalah jaringan pada tumbuhan yang dapat langsung dikenali berdasarkan ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri jaringan meristem antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bentuk

Jaringan meristem adalah jaringan yang dapat dikenali dari bentuk dan ukuran selnya. Jaringan meristem memiliki bentuk dan ukuran sel yang sama. Namun biasanya jaringan meristem ini memiliki satu atau lebih inti sel yang berukuran besar.

2. Dinding Sel Tipis

Ciri berikutnya dari jaringan meristem adalah memiliki bentuk dinding sel yang tipis. Bahkan ruang antar sel biasanya tidak ditemukan.

3. Mengandung Protoplasma

Selain itu, ciri ciri jaringan meristem selanjutnya adalah selnya dipenuhi dengan protoplasma. Hal ini terjadi karena saking banyaknya protoplasma yang terdapat dalam sel pada jaringan meristem.

4. Isi Sel Tidak Mengandung Zat Makanan

Memang salah satu ciri ciri jaringan meristem adlaah tidak mengandung zat makan pada isi sel. Jaringan meristem juga tidak berfungsi sebagai jaringan penyimpan makanan.

5. Sel Muda dan Berukuran Kecil

Ciri ciri jaringan meristem lainnya adalah sel muda dan berukuran kecil. Karena itulah, sel penyusun jaringan meristem bersifat embrional atau selalu aktif membelah. Selain itu, ciri ciri jaringan meristem lainnya adalah belum mengalami diferensiasi dan spesialisasi, vakuola kecil, inti besar, plastida belum matang dan berbentuk sama ke segala arah.

3 dari 5 halaman

Macam Jaringan Meristem Berdasar Asalnya

Ada banyak macam jaringan meristem pada tumbuhan. Menurut asalnya, jaringan meristem dibagi menjadi dua macam yaitu meristem primer dan meristem sekunder

Meristem Primer

Jaringan meristem primer adalah jaringan muda yang asalnya dari perkembangan sel-sel embrionik atau sel yang masih aktif membelah. Jaringan meristem primer ini biasanya terletak di ujung akar dan ujung batang. Dengan adanya jaringan meristem primer menjadikan batang dan akar bertambah panjang.

Pertumbuhan jaringan ini disebut dengan pertumbuhan primer. Menurut Haberlandt, meristem primer asalnya dari promeristem yang berkembang menjadi protoderm (bakal epidermis), prokambium (bakal berkas pengangkut), dan meristem dasar (bakal parenkim).

Meristem Sekunder

Jaringan meristem sekunder adalah jaringan yang asalnya dari jaringan dewasa yang sudah berhenti pertumbuhannya, tetapi kembali menjadi embrional. Jaringan meristem sekunder biasanya terletak pada antara xilem dan floem.

Meristem sekunder mencakup kambium dan kambium gabus. Kambium adanya di akar dan batang tumbuhan dikotil serta pada tumbuhan berbiji terbuka. Kambium gabus adanya di kulit batang dan membentuk jaringan gabus yang sulit dilewati air bahkan tidak dapat dilewati air. Pertumbuhan sekunder menjadikan tumbuhan semakin besar.

4 dari 5 halaman

Macam Jaringan Meristem Berdasar Letaknya

Selain berdasarkan asalnya, jaringan meristem adalah jaringan pada tumbuhan yang dapat dibedakan menjadi tiga. Setiap jenis jaringan meristem ini memiliki fungsinya masing-masing. Adapun macam-macam jaringan meristem berdasarkan letaknya adalah sebagai berikut;

1. Jaringan Meristem Apikal

Jaringan meristem apikal adalah jaringan meristem yang terletak di ujung-ujung tanaman seperti pucuk atau pokok batang dan cabang, maupun ujung-ujung akar. Maka dari itu, jaringan meristem apikal ini juga disebut sebagai jaringan mmeristem ujung.

Fungsi jaringan meristem apikal adalah sebagai jaringan penunjang pertumbuhan tinggi tanaman, penyebaran kanopi cabang dan ranting, serta jaringan yang dapat memperpanjang jangkauan penyerapan akar.

Meristem apikal yang berada pada ujung akar memungkinkan akar untuk menghasilkan sel-sel baru agar akar tanaman semakin panjang sehingga bisa menembus tanah dan memperoleh air dan mineral yang dibutuhkan dari dalam tanah.

Jaringan yang terbuat dari meristem apikal disebut jaringan primer. Pada saat proses pemanjangan meristem apikal, didapatkan tunas apikal (tunas ujung) yang akan menjadi cabang samping, daun, dan bunga.

2. Jaringan Meristem Interkalar

Jaringan meristem interkalar adalah jaringan meristem yang terletak di antara jaringan-jaringan dewasa, misalnya seperti jaringan pada pangkal ruas batang atau pangkal tangkai ranting. Jaringan meristem interkalar kadang juga disebut sebagai jaringan interkalar.

Jaringan meristem interkalar juga dapat ditemukan pada batang rumput-rumputan. Adapun fungsi jaringan meristem interkalar adalah sebagai jaringan yang menopang pertumbuhan tinggi tanaman karena memiliki pertumbuhan memanjang lebih cepat seiring pertumbuhan meristem apikal dari 2 ujung tanaman.

3. Jaringan Meristem Lateral

Jaringan meristem lateral atau juga disebut meristem samping adalah jaringan meristem yang terletak sejajar dengan permukaan organ, contohnya kambium dan kambium gabus. Jaringan meristem ini berfungsi sebagai jaringan yang membelah dan memperbesar diameter batang atau akar ada tanaman.

Pertumbuhan jaringan meristem lateral yang menuju arah samping memungkinkan tumbuh besarnya akar dan batang tanaman. Pertumbuhan jaringan meristem lateral lazim disebut pertumbuhan sekunder. Oleh karena itu, jaringan ini pun kerap disebut jaringan sekunder.

5 dari 5 halaman

Fungsi Jaringan Meristem

Dari serangkaian penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa jaringan meristem adalah jaringan yang ada pada tumbuhan yang memiliki sejumlah fungsi bagi tumbuhan. Adapun fungsi jaringan meristem adalah sebagai berikut:

  1. Menambah tinggi dan panjang tumbuhan
  2. Memperbesar dan melebarkan batang
  3. Menyimpan cadangan makanan
  4. Pada akar membantu mencari nutrisi
  5. Membentuk cabang
  6. Membantu tumbuhnya sel-sel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.