Sukses

Pencuri Ini Terungkap Usai Bawa Lari CCTV Online 8 Hari, Bikin Geleng Kepala

Momen maling apes bawa CCTV pulang ke tempat persembunyian.

Liputan6.com, Jakarta Pelaku pencurian menjadi momok masyarakat yang wajib diberantas. Peran pihak berwenang sangat penting untuk menangkap pencuri. Meskipun terkesan sulit, polisi punya cara mereka sendiri untuk menangkap maling. Terkadang, kesalahan kecil pencuri jadi bukti kuat polisi bisa melakukan penggerebekan. 

Salah satunya momen unik lagi kocak maling yang tertangkap akibat kesalahan mereka membawa CCTV. Memang, kamera pengawas ini sering menjadi bukti kuat pencurian dan mengungkap siapa pencurinya. Namun melansir dari WISN 12 News, pencuri ini justru membawa pulang kamera CCTV. Apesnya lagi, CCTV ini masih online.

Alhasil aktivitas para pencuri ini terekam sampai 8 hari lamanya di apartemen mereka. Meski barang bukti sudah diamankan para pencuri, kamera CCTV ini jadi bumerang bagi mereka hingga akhirnya bisa terkuak lokasi persembunyian mereka oleh aparat. 

"Seseorang mengambil kamera dan berkata, 'Apa ini?' Dan kemudian mereka mengantonginya," kata Winship WISN 12 News.

Berbagai aktivitas para pencuri ini juga terekam kamera selama di markas persembunyian. Meski berhasil menjarah uang ratusan juta. Berikut Liputan6.com merangkum momen pencurian terbongkar dari CCTV dibawa pulang maling ini melansir dari berbagai sumber, Selasa (28/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Kejahatan Lain Terungkap

Erica Winship, manajer properti yang bertanggung jawab saat itu di Milwaukee, AS, melihat seluruh perampokan terungkap dalam rekaman pengawasan.

Semua percakapan para pencuri terekam kamera yang mereka ambil. Tak hanya itu, lokasi kamera tersebut diletakkan di meja makan. Hingga pengawas CCTV apartemen bisa melihat kejahatan lain yang dilakukan para pencuri tersebut. Mereka juga pengonsumsi narkoba. 

"Mereka mengambil alat sekitar $8.000 (sekitar Rp 120 juta). Mereka juga mengambil kamera, yang disembunyikan, yang mereka tidak tahu akan beroperasi hampir di mana saja, jadi kamera itu beroperasi di meja makan mereka sekarang. Kita bisa melihat semuanya,” kata Winship.

"Kami melihat orang menggunakan narkoba. Kami melihat orang berbicara tentang bagaimana mereka menjual barang, ke mana uangnya pergi," tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Lokasi Pencuri Terungkap Usai Kamera CCTV Dihancurkan

Kesuksesan para pencuri ini berangsur menjadi malapetaka bagi mereka. Kamera yang dibawa pulang di TKP pencurian lupa dimatikan, alhasil aktivitas para pencuri terekam sampai 8 hari di apartemen mereka. 

Pengawas CCTV masih tercengang melihat pencurian dan aktivitas para pencuri itu secara langsung.

"Mereka mungkin atau mungkin tidak [tahu kamera masih mentransmisikan], tapi saya rasa mereka tidak terlalu peduli. Sangat mengecewakan ketika seseorang bekerja keras untuk memperbaiki rumah untuk memastikan rumah itu layak huni dan indah untuk ditinggali seseorang, dan seseorang datang dan menghancurkannya,"  tambah Winship.

Kamera melakukan streaming langsung dari rumah pencuri selama delapan hari sampai salah satu dari mereka menghancurkannya. Polisi belum menyelesaikan penyelidikan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.