Sukses

Cara Melakukan Gerakan Kayang Posisi Tidur dan Berdiri, Perhatikan Tahapannya

Cara melakukan gerakan kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan empat titik dalam keadaan terbalik mengangkat perut dan pinggul.

Liputan6.com, Jakarta - Kayang adalah salah satu gerakan olahraga yang melatih kekuatan dan kelenturan tubuh. Ada dua cara melakukan gerakan kayang, yakni dengan posisi badan tidur terlentang atau posisi badan berdiri dengan bantuan tembok.

Dalam buku berjudul Dr. Olahraga Menjelaskan Senam Lantai (2012) oleh Fis Adriyani, cara melakukan gerakan kayang adalah utamanya posisi kaki bertumpu dengan empat titik dalam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat perut serta panggul.

Pada posisi tidur terlentang, cara melakukan gerakan kayang adalah mengangkat badan dari posisi terlentang hingga membentuk lengkungan dan tangan menyentuh matras. Sedangkan pada posisi berdiri, cara melakukan gerakan kayang adalah dapat membentuk lengkungan dengan bantuan tembok untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Melakukan gerakan kayang secara rutin yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, dapat memberikan manfaat, seperti meningkatkan kekuatan otot, menguatkan tulang belakang, meningkatkan kelenturan tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Termasuk meningkatkan keseimbangan tubuh dan memperbaiki postur tubuh.

Namun, sebelum melakukan gerakan kayang, penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan gerakan dengan benar dan tidak memaksakan diri untuk menghindari terjadinya cedera.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara melakukan gekaran kayang posisi badan tidur dan posisi badan berdiri, Sabtu (25/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Posisi Badan Terlentang atau Tidur

Cara melakukan gerakan kayang dimulai dengan posisi badan telentang, lalu kedua lutut di tekuk dan diletakkan rapat atau dihimputkan pada pinggul. Posisi ini akan membantu menstabilkan tubuh dan memudahkan untuk melakukan gerakan kayang dengan benar. Pastikan untuk memilih permukaan yang cukup lembut dan tidak terlalu keras saat melakukan gerakan kayang ini.

2. Letakkan Tangan di Belakang Kepala

Selanjutnya, cara melakukan gerakan kayang adalah posisi tangan harus diletakkan di belakang kepala dengan jari-jari saling berhadapan. Posisi ini akan membantu menjaga keseimbangan dan meningkatkan kekuatan pada otot perut ketika sedang kayang. Selain itu, pastikan agar bahu tetap rileks dan tidak terlalu tegang selama melakukan gerakan kayang.

3. Tekuk Kedua Siku dan Telapak Tangan di Matras

Cara melakukan gerakan kayang ketiga adalah dengan menekuk kedua siku dan meletakkan telapak tangan pada matras dengan ibu jari di samping telinga. Pastikan agar posisi tangan dan siku tidak terlalu dekat dengan kepala, dan pastikan agar lengan berada pada posisi yang tepat dan sejajar dengan bahu.

4. Mengangkat Badan ke Atas

Selanjutnya, cara melakukan gerakan kayang adalah mengangkat badan secara perlahan ke atas, kemudian diikuti dengan dorongan dari kedua tangan dan kaki lurus. Pastikan untuk menjaga posisi tubuh dan keseimbangan selama melakukan gerakan kayang ini.

Kunci utama dalam mengangkat badan ke atas dari cara melakukan gerakan kayang adalah dengan melakukan gerakan secara perlahan dan teratur. Lalu, pastikan untuk mengontrol napas dan memperhatikan teknik pernapasan yang tepat, serta menjaga posisi tubuh dan keseimbangan yang baik.

Selain itu, pastikan agar posisi tangan dan siku tidak terlalu dekat dengan kepala, dan pastikan agar lengan berada pada posisi yang tepat dan sejajar dengan bahu.

5. Kepala Masuk di Antara Kedua Tangan

Langkah terakhir dari cara melakukan gerakan kayang adalah membawa kepala masuk di antara kedua tangan. Posisikan kepala di antara kedua lengan, dan perhatikan agar posisi kepala dan leher tetap terjaga dengan baik.

Pastikan juga untuk menjaga keseimbangan tubuh dan posisi yang stabil selama melakukan gerakan ini. Kunci utama dalam melakukan gerakan kepala masuk di antara kedua tangan dari cara melakukan gerakan kayang adalah dengan menjaga posisi kepala dan leher tetap stabil, serta memperhatikan keseimbangan tubuh dan posisi yang tepat.

Pastikan untuk tidak memaksakan gerakan dan selalu mengikuti gerakan secara perlahan dan teratur.

Itulah cara melakukan gerakan kayang yang dimulai dengan posisi badan terlentang yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

3 dari 3 halaman

1. Posisi Badan Berdiri

Langkah pertama dari cara melakukan gerakan kayang adalah memposisikan badan dengan berdiri. Pastikan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan posisi yang tepat selama melakukan gerakan. Buka sedikit bagian kaki dan posisikan tangan masing-masing di samping kaki, dengan posisi tangan sejajar dengan bahu.

2. Letakkan Tangan di Samping Kaki

Lalu, cara melakukan gerakan kayang adalah dengan memposisikan tangan masing-masing berada di samping kaki, dengan posisi tangan sejajar dengan bahu. Pastikan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan posisi yang tepat saat melakukannya.

Kunci utama dalam melakukan gerakan kayang pada tahap ini adalah menjaga posisi tubuh yang stabil dan benar. Pastikan untuk menarik perut ke dalam dan menjaga posisi tubuh tegap. Selain itu, pastikan juga untuk mengendalikan napas dan fokus pada gerakan yang dilakukan secara perlahan dan teratur.

3. Gerakan Tangan Secara Bersamaan

Langkah ketiga dari cara melakukan gerakan kayang adalah gerakan tangan secara bersamaan atau satu tangan dengan mengayunkannya ke belakang. Ketika melakukan gerakan ini, pastikan untuk mempertahankan posisi kepala yang tegak dan mengarah ke langit-langit serta menjaga keseimbangan tubuh yang baik.

Kemudian, cara melakukan gerakan kayang adalah gerakkan badan ke belakang dengan mengayunkan tangan secara perlahan dan pastikan untuk mendaratkan telapak tangan dengan baik pada matras.

4. Pastikan Dibantu Tembok

Cara melakukan gerakan kayang dengan posisi berdiri bagi pemula, disarankan untuk memulainya dengan posisi berdiri dan menggunakan bantuan tembok untuk mendukung tubuh.

Maka dengan melakukan gerakan ini, cedera dapat dihindari dan tubuh tidak cepat lelah terutama bagi pemula yang belum terbiasa melakukan gerakan kayang. Posisikan tubuh dengan berdiri dan buka sedikit pada bagian kaki, kemudian posisikan tangan masing-masing berada di samping kaki dan tempelkan punggung tangan ke dinding atau tembok yang kokoh.

Adanya bantuan tembok dari cara melakukan gerakan kayang akan membuat pemula lebih mudah mempertahankan keseimbangan dan menghindari cedera yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk mengontrol napas dan mempertahankan posisi kepala yang tegak selama melakukan gerakan kayang ini.

Itulah cara melakukan gerakan kayang yang dimulai dengan posisi berdiri dibantu tembok yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.