Sukses

Push Up Bertujuan Melatih Otot Lengan, Kenali Manfaat Lainnya

Ketahui gerakannya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Push up bertujuan melatih otot lengan dan beberapa otot lainnya di sekitarnya. Push up adalah latihan gerak badan dengan menelungkupkan badan, kemudian mengangkat dan menurunkannya berganti-ganti dengan meluruskan dan melipat lengan. 

Push up merupakan salah satu latihan otot yang mudah dilakukan di mana saja. Tidak hanya untuk menguatkan otot lengan hingga otot perut, push-up juga baik untuk jantung hingga tulang. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan melakukannya secara rutin.

Push up bertujuan melatih otot lengan, dada, hingga bahu. Push up secara rutin bahkan merupakan cara diet yang cukup efektif. Push up merupakan latihan yang efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran di rumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023) tentang push up bertujuan melatih otot lengan dan manfaat lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Push Up Bertujuan Melatih Otot Lengan

Seperti yang telah disebut sebelumnya, push up bertujuan melatih otot lengan. Namun, tidak hanya otot lengan, push bertujuan melatih otot lainnya juga. Gerakan ini dapat menguatkan beberapa bagian otot dalam satu waktu. Di antaranya, push up bertujuan melatih otot dada, bahu, trisep, bisep, hingga otot punggung atas.

Tidak hanya itu, push up bertujuan melatih otot inti, pinggul, hingga kaki juga, karena kamu harus mempertahankan bentuk yang tepat untuk otot-otot ini ketika push up. Jadi, gerakan push up memiliki sangat banyak manfaat terutama untuk otot tubuh kamu. Push up bertujuan melatih otot tubuh bagian atas maupun bawah. Namun, yang paling utama tentu push up bertujuan melatih otot lengan.

3 dari 5 halaman

Push Up dapat Menurunkan Berat Badan

 

Selain push up bertujuan melatih otot, manfaatnya juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini tentunya karena dalam melakukan gerakan push up, maka kamu akan membakar kalori dalam tubuh. Bahkan, melakukan push up dapat membakar hingga 2 kalori dalam tubuh. Namun, manfaat push up satu ini tentunya akan kamu dapatkan bila melakukannya secara rutin.

Push Up dapat Mencegah Cedera Bahu dan Punggung Bawah

Manfaat push up selanjutnya adalah dapat mencegah cedera bahu dan punggung bawah. Push up yang dilakukan secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari kasus cedera secara efektif. Gerakan push up akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

Selain itu, push up juga akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah. Otot-otot primer dan sekunder akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.

4 dari 5 halaman

Push Up dapat Menjaga Kesehatan Tulang

 

Manfaat push up berikutnya adalah dapat mengurangi risiko osteoporosis dengan menjaga kesehatan tulang. Kegiatan yang padat setiap harinya dan usia yang semakin bertambah tentunya dapat memengaruhi kekuatan tulang kamu. Dengan melakukan push up dan menjaga pola makan yang sehat setiap harinya, maka kamu akan terbebas dari risiko osteoporosis. Kamu bisa melakukan push up secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang.

Push Up dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga dapat lebih terjada dengan push up. Push up bertujuan melatih otot, namun juga dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung. Sehingga hal ini dapat menghilangkan plak yang menempel pada pembuluh darah dan tentunya membantu untuk kesehatan jantung.

Melakukan push up secara rutin dapat mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Hal ini tentunya karena push up dapat meningkatkan kinerja jantung.

Push Up dapat Meningkatkan Proses Metabolisme

Saat melakukan push up secara rutin, sistem kerja otot pun ikut terlatih, sehingga aliran tubuh pun akan menjadi semakin lancar. Hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen sehingga aliran darah menjadi lebih baik, yang kemudian dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

Lancarnya metabolisme tubuh membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan cepat. Metabolisme yang lancar juga dapat menghindari diri kamu dari kegemukan karena bahan makanan yang masuk lambat diolah.

5 dari 5 halaman

Gerakan Push Up yang Benar

Push up bertujuan melatih otot lengan dan otot-otot lainnya. Teknik dasar push up adalah menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), push-up adalah latihan gerak badan dengan menelungkupkan badan, kemudian mengangkat dan menurunkannya berganti-ganti dengan meluruskan dan melipat lengan.

Menurut Collins English Dictionary, push-up adalah latihan untuk menguatkan otot lengan dan dada. Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan mendorong dengan tangan untuk mengangkat tubuh hingga lengan lurus.

Sementara itu, menurut Merriam Webster Dictionary, gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah dilakukan dalam posisi tengkurap dengan mengangkat dan menurunkan tubuh dengan meluruskan dan menekuk lengan sambil menjaga punggung tetap lurus dan menopang tubuh pada tangan dan kaki.

Cambridge Dictionary menjelaskan push up adalah latihan fisik di mana kita berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan mencoba mendorong tubuh dengan lengan sambil menjaga kaki dan punggung tetap lurus.

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah menekuk sikut, kemudian meluruskannya sambil tetap melihat ke bawah. Dalam gerakan ini, kamu mengangkat seluruh tubuh dengan ditopang oleh lengan dan kaki saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.