Sukses

5 Siksa Neraka Paling Mengerikan, Kamu Enggak Akan Kuat

Orang-orang kafir dan orang yang berbuat jahat selama di dunia akan mendapatkan balasan berupa siksa yang pedihnya tidak bisa dibayangkan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap amal perbuatan manusia selama hidup di dunia pasti akan mendapatkan balasannya. Jika amal tersebut tidak mendapatkan balasan yang setimpal ketika hidup di dunia, makan balasan tersebut akan didapatkan ketika di akhirat.

Bagi orang yang berat timbangan amal baiknya maka dia akan mendapatkan balasan surga. Sebaliknya, orang yang timbangan amal buruknya lebih berat, mereka akan mendapatkan balasan di neraka.

Maka jangan khawatir jika ada orang jahat atau zalim tampak hidup senang di dunia meski selalu berbuat keji dan jahat, maka mereka akan mendapatkan balasan dari apa yang mereka lakukan di neraka. Perlu diketahui bahwa neraka adalah seburuk-buruknya tempat di akhirat.

Orang-orang kafir dan orang yang berbuat jahat selama di dunia akan mendapatkan balasan berupa siksa yang pedihnya tidak bisa dibayangkan. Tidak hanya pedih, membayangkannya pun sudah sangat mengerikan. Tidak hanya mengerikan, siksa neraka bersifat sangat kekal.

Bahkan ketika tubuh seseorang telah hancur akibat siksa neraka, tubuh mereka akan kembali utuh tanpa cela seperti sedia kala, lalu menerima siksaan serupa hingga hancur lagi. Hal itu akan terus berulang.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus melakukan amal saleh agar tidak terhidar dari macam-macam siksa neraka yang mengerikan dan kekal. Lalu siksaan macam apa yang akan diterima para penghuni neraka yang selama hidup di dunia gemar melakukan perbuatan dosa? Berikut adalah sejumlah siksa neraka paling mengerikan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (11/3/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kulitnya Dibakar hingga Hangus

Jangankan dibakar api neraka, terkena sengatan matahari saja kulit kita bisa terbakar dan terasa perih ketika tersentuh atau terkena air. Jadi bisa dibayangkan betapa sakitnya jika kulit kita dibakar dengan api neraka hingga hangus.

Itu bukan satu-satunya hal yang menyakitkan dari siksa neraka ini. Ketika kulit telah menjadi hangus karena terbakar api neraka, kulit-kulit tersebut akan tumbuh lagi dan diganti dengan kulit yang baru, sehingga siksa neraka yang sama bisa diberikan lagi.

Kemudian setelah kulit mereka hangus lagi, kulit penghuni neraka akan diganti dengan yang baru lagi, lalu dibakar lagi, begitu seterusnya. Siksa neraka tersebut akan kekal abadi.

Allah Berfirman dalam surat An-Nisa ayat 56 yang artinya,

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allâh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (An-Nisâ’: 56)

3 dari 6 halaman

2. Kepalanya Disiram Air Mendidih

Jangankan kepalanya disiram air mendidih dalam jumlah banyak, ketumpahan secangkir kopi yang masih panas saja kita sudah merasa kesakitan dan merasa tidak nyaman. Jadi bisa dibayangkan betapa mengerikannya siksa neraka dalam bentuk disiram air mendidih di kepalanya.

Tidak hanya disiram dengan air mendidih, orang-orang kafir yang ingkar kepada Allah SWt juga akan mengenakan pakaian dari api neraka. Tentu bisa dibayangkan betapa sakitnya untuk menjalani siksa neraka semacam ini.

Allah berfirman dalam Surat Al-Hajj ayat 19-20 yang artinya,

“Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).” (QS. Al-Hajj: 19-20)

4 dari 6 halaman

3. Wajahnya Diseret hingga Bersentuhan dengan Api Neraka

Bayangkan saja saat kita terjatuh dengan bagian wajah dulu. Tentu saja rasanya akan sangat sakit. Apalagi jika pada saat terjatuh di bagian wajah terlebih dahulu, kita juga terseret di permukaan jalan aspal atau tanah, tentu kulit wajah kita bisa terkelupas karenanya. Membayangkannya saja pasti membuat kita merasa ngeri.

Salah satu macam siksa neraka ada yang seperti itu. Bedanya wajah penghuni neraka tidak diseret di atas permukaan jalan atau tanah, melainkan diseret hingga wajahnya bersentuhan dengan api neraka. Tentu saja hal itu lebih menyakitkan daripada ketika kulit wajah ini bergesekan dengan permukaan jalan. Tidak hanya diseret, penghuni neraka juga akan diperlakukan secara hina dan dicemooh.

Allah berfirman dalam Al-Qamar ayat 47-48 yang artinya,

“Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka di atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka), “Rasakanlah sentuhan api neraka.” (QS. al-Qamar: 47-48)

5 dari 6 halaman

4. Api Neraka Akan Membakar hingga Jantung

Tidak seperti api di dunia fana ini yang membakar sesuatu mulai dari permukaannya. Panas api neraka akan langsung terasa hingga menembus permukaan kulit para penghuni neraka. Api neraka bahkan bisa menembus organ-organ tubuh manusia yang paling dalam, termasuk jantung.

Allah berfirman dalam Surah Al-Humazah ayat 4-7 yang artinya,

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya ia benar-benar akan dilemparkan ke dalam huthamah. Dan tahukah kamu apa huthamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang membakar sampai ke jantung.” (QS. al-Humazah: 4-7)

Ketika api huthamah membakar jantung penghuni neraka, mereka tidak langsung mati, melainkan masih tetap hidup dan merasakan kepedihan siksa neraka tersebut. Bahkan ketika mereka mati akibat api huthamah, penghuni neraka akan dihidupkan lagi dengan tubuh yang utuh seperti sedia kala, lalu dibakar lagi dengan api huthamah.

6 dari 6 halaman

5. Dipaksa Merangkak dengan Isi Perut Terburai

Dari sekian siksa neraka yang ada dalam daftar, mungkin siksa neraka yang satu ini adalah siksa yang paling pedih dan mengerikan. Jangankan mengalami sendiri, melihat orang lain terburai isi perutnya saja banyak orang sudah pasti merasa tidak nyaman, bahkan ada yang sampai pingsan.

Akan tetapi ada jenis siksa neraka, di mana penghuninya akan merangkak layaknya keledai. Tidak hanya itu, penghuni neraka tersebut merangkan dalam keadaan isi perutnya terburai. Siksa neraka tersebut akan diberikan kepada orang-orang yang gemar menyuruh orang lain untuk melakukan kebaikan, namun dirinya sendiri justru tidak pernah melakukannya.

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Usamah ibn Zaid bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

“Seseorang akan ditarik dan dilemparkan ke dalam neraka pada hari kiamat nanti. Kemudian semua isi perutnya akan keluar dan terburai di dalam neraka, dan ia dipaksa berjalan berkeliling seperti seekor keledai yang menarik sebuah jentera.

Penduduk neraka berkumpul di sekelilingnya dan berkata, “Hai Fulan, apa kesalahanmu? Apakah kamu tidak menyuruh kami berbuat baik dan melarang kami melakukan kejahatan?” Ia menjawab, “Saya selalu menyuruh kamu berbuat baik, tetapi saya sendiri tidak melakukannya, dan saya selalu melarang kamu melakukan kejahatan, tetapi saya sendiri sering melakukannya.” Kemudian ia berjalan berkeliling seperti seekor keledai menarik jentera.”

 

Salah seorang penghuni neraka yang akan menerima siksa neraka semacam itu adalah ‘Amr ibn Lahi. Dia adalah orang pertama yang mengubah agama masyarakat Arab.

Nabi Muhammad SAW melihatnya menarik isi perutnya sendiri di neraka. Muslim meriwayatkan dari Jabir ibn ‘Abdullah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Saya melihat ‘Amr ibn ‘Amir al-Khuza’i menarik isi perutnya sendiri di neraka, dan ia adalah orang pertama yang memulai tradisi sa’ibah (melepas unta betina untuk makan rumput dengan bebas demi berhala).”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.