Sukses

Ayat-Ayat Al-Quran tentang Surga dan Neraka, Gambarkan Isi dan Penghuninya

Ayat Al-Quran tentang surga dan neraka bisa membuat kamu memahami bagaimana gambaran tempat tinggal manusia di akhirat.

Liputan6.com, Jakarta Ayat Al-Quran tentang surga dan neraka tentunya cukup sering muncul di berbagai surat. Ayat-ayat ini tentunya bisa menjadi acuan kamu dalam mengenal surga dan neraka dalam agama Islam. Seperti yang diketahui, surga dan neraka adalah tempat tinggal manusia di kehidupan akhirat.

Surga adalah alam akhirat yang membahagiakan roh manusia yang hendak tinggal di dalamnya (dalam keabadian). Sementara itu, neraka adalah alam akhirat tempat orang kafir dan orang durhaka mengalami siksaan dan kesengsaraan.

Ayat Al-Quran tentang surga dan neraka bisa membuat kamu memahami bagaimana gambaran tempat tinggal manusia di akhirat ini. Hal ini tentunya juga bisa membuat seorang muslim untuk lebih rajin lagi dalam beribadah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/3/2023) tentang ayat Al-Quran tentang surga dan neraka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Surah Ali Imran ayat 131 dan 133

Salah satu ayat Al-Quran tentang surga dan neraka terdapat dalam surah Ali Imran ayat 131 dan 133. Surah Ali Imran ayat 131 dan 133 menceritakan tentang orang kafir yang akan masuk neraka dan orang bertakwa yang akan mendapatkan surga kelak. Kedua surah ini menjadi bukti bahwa surga dan neraka itu ada, dan akan ditempati oleh orang-orang yang pantas menempatinya.

Jadi, sebagai seorang muslim, kamu tentunya harus bertakwa agar mendapatkan surga. Berikut surah Ali Imran ayat 131 dan 133 yang menjadi salah satu ayat Al-Quran tentang surga dan neraka:

وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْٓ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ ۚ

Artinya: “Dan peliharalah dirimu dari api Neraka, yang telah disediakan bagi orang-orang kafir.” (QS Ali ‘Imran: 131)

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

Artinya: “Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabbmu dan mendapatkan Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Ali ‘Imran: 133)

3 dari 5 halaman

Surah An-Nisa ayat 145

Surah An-Nisa ayat 145 merupakan salah satu ayat Al-Quran tentang surga dan neraka. Surah An-Nisa ayat 145 ini menjelaskan bahwa Allah SWT telah menamai surga dan neraka, dan hanya Dia yang berhak menentukan tempat kembali setiap manusia.

Berikut surah An-Nisa ayat 145 yang menjadi salah satu ayat Al-Quran tentang surga dan neraka:

إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār, wa lan tajida lahum naṣīrā

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka. Allah SWT telah menamakan neraka dan surga dengan nama yang berbeda. Allah SWT lah yang berhak menentukan tempat kembali berdasarkan setiap catatan amal hambaNya.”

4 dari 5 halaman

Surah Muhammad Ayat 15

Ayat Al-Quran tentang surga dan neraka berikutnya yaitu surah Muhammad ayat 15. Surah Muhammad ayat 15 ini menjelaskan tentang gambaran orang-orang yang akan mendapatkan kenikmatan di surga dan orang-orang yang mendapatkan penderitaan di neraka.

Berikut surah Muhammad ayat 15 yang menjadi salah satu ayat Al-Quran tentang surga dan neraka:

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَ ۗفِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗ ۚوَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۗوَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ ۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ

“Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?” (QS Muhammad: 15)

5 dari 5 halaman

Surah Hud Ayat 106-108

Surah Hud ayat 106-108 juga merupakan salah satu ayat Al-Quran tentang surga dan neraka. Surah Hud ayat 106-108 ini menjelaskan bahwa orang-orang yang masuk ke dalam neraka dan surga akan kekal di dalamnya, kecuali jika Allah SWT menghendaki lain.

Berikut surah Hud ayat 106-108 yang menjadi salah satu ayat Al-Quran tentang surga dan neraka:

فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ ۞   خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ  ۞  وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَۗ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ ۞

Artinya, “Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka. Di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik napas (dengan merintih). Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga. Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain) sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya." (Surah Hud ayat 106-108)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.