Sukses

17 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kenali Kandungan Nutrisinya

Daun kemangi mengandung senyawa aktif seperti eugenol, estragol, linalool, dan sineol yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang menjadikan manfaat daun kemangi untuk kesehatan mencegah kerusakan sel karena radikal bebas.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun kemangi untuk kesehatan sudah diakui oleh para ahli kesehatan. Kemangi atau Ocimum basilicum merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bahan masakan atau sebagai penyedap dalam kuliner. Selain itu, daun kemangi juga dapat dijadikan sebagai sumber makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Daun kemangi mengandung senyawa aktif seperti eugenol, estragol, linalool, dan sineol yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang menjadikan manfaat daun kemangi untuk kesehatan mencegah kerusakan sel karena radikal bebas. Daun kemangi dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam salad, tumisan, atau sebagai garnish pada hidangan makanan. Selain itu, daun kemangi juga dapat diolah menjadi pesto yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan saus atau dip.

Perlu diingat bahwa konsumsi daun kemangi sebaiknya dalam jumlah yang wajar dan sesuai dengan anjuran, karena mengonsumsi daun kemangi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan efek samping lainnya. Berikut manfaat daun kemangi beserta kandungan nutrisinya untuk kesehatan yang Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan: Kandungan Nutrisi

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisinya yang kaya. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun kemangi.

1. Vitamin C 

Daun kemangi mengandung vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Vitamin A 

Daun kemangi juga mengandung vitamin A, yang penting untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Kalsium 

Daun kemangi mengandung kalsium, mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat dan sehat.

4. Zat Besi 

Daun kemangi mengandung zat besi, yang penting dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Antioksidan 

Daun kemangi mengandung senyawa antioksidan seperti eugenol, estragol, linalool, dan sineol. Senyawa ini membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel yang telah terjadi.

6. Karotenoid 

Daun kemangi mengandung karotenoid, pigmen alami yang membantu melindungi mata dan melawan infeksi serta beberapa jenis kanker.

7. Kalium 

Daun kemangi mengandung kalium, yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengatur tekanan darah.

8. Magnesium 

Daun kemangi juga mengandung magnesium, yang penting untuk menjaga kesehatan otot, sistem saraf, dan sistem pencernaan.

9. Serat 

Daun kemangi mengandung serat, yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan 

Daun kemangi mengandung zat aktif seperti eugenol, estragol, dan linalool yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya membuat manfaat daun kemangi untuk kesehatan juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan membantu mempercepat proses pencernaan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Kandungan magnesium dan kalium dalam daun kemangi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan asam askorbat dan asam folatnya juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Kandungan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan membuat manfaat daun kemangi untuk kesehatan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi juga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi 

Kandungan eugenol dalam daun kemangi memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kandungan eugenol juga dapat membantu mengurangi bau mulut.

5. Menjaga Kesehatan Kulit 

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam daun kemangi dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, daun kemangi juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan kulit berminyak.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata 

Kandungan vitamin A dalam daun kemangi dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina dan mencegah gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, dan katarak.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Tulang 

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan juga dapat memelihara fungsi tulang. Kandungan kalsium, magnesium, dan vitamin K dalam daun kemangi dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan magnesium diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang, sedangkan vitamin K membantu dalam proses pembentukan tulang.

8. Mengatasi Stres 

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan dapat mengatasi stres dan menjaga kestabilan mental seseorang. Kandungan linalool dalam daun kemangi dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Linalool memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

9. Mencegah Diabetes 

Kandungan asam klorogenat dalam daun kemangi dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Asam klorogenat dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

10. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan 

Kandungan eugenol dan sitral dalam daun kemangi memiliki efek antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan. Daun kemangi juga dapat membantu mengatasi masalah batuk, pilek, dan sinusitis.

11. Meningkatkan Produksi ASI 

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan juga dapat menjadi ASI booster. Kandungan flavonoid dalam daun kemangi dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Flavonoid dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

12. Meningkatkan Libido 

Kandungan arginin dalam daun kemangi dapat membantu meningkatkan libido pada pria dan wanita. Arginin dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ intim dan meningkatkan gairah seksual.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

13. Menjaga Kesehatan Otak 

Kandungan eugenol dalam daun kemangi dapat membantu melindungi otak dari kerusakan sel saraf dan meningkatkan kinerja otak. Selain itu, kandungan asam askorbat dan vitamin A dalam daun kemangi juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.

14. Mengatasi Infeksi Jamur 

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan jug dapat mengatasi infeksi akubat jamur. Kandungan estragol dalam daun kemangi memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mengatasi infeksi jamur pada kulit dan kuku.

15. Meningkatkan Kesehatan Ginjal 

Kandungan kalium dalam daun kemangi dapat membantu mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan menjaga kesehatan ginjal.

16. Membantu Mengatasi Radang Sendi 

Kandungan antiinflamasi dalam daun kemangi dapat membantu mengatasi radang sendi dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

17. Mencegah Kanker 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kemangi untuk kesehatan dapat mencegah terbentuknya sel kanker yang dapat merugikan kesehatan. Kandungan eugenol dan estragol dalam daun kemangi terbukti memiliki sifat antikanker yang dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker pada tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.