Sukses

Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Latin Beserta Arti, Kenali Adab-adabnya

Doa masuk masjid dan keluar masjid sangat mudah dihafal karena cukup pendek.

Liputan6.com, Jakarta Doa masuk masjid dan keluar masjid harus diketahui dan dipraktikkan setiap muslim. Tuntunan untuk membaca doa masuk masjid dan keluar masjid disampaikan Rasulullah SAW dalam hadis yang berbunyi:

“Apabila salah satu di antara kalian masuk masjid, maka ucapkan salam kepada Muhammad Saw (bersholawat), kemudian berdoalah, “ Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.” Saat hendak keluar masjid, berdoalah sebagaimana lafalnya, 'Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadilah kepadaMu.”" (HR. Muslim, Abu Dawud, Nasa'i, Ibnu Majah)

Doa masuk masjid dan keluar masjid sangat mudah dihafal karena cukup pendek. Jadi, kamu harusnya dapat dengan mudah menerapkannya setiap ke masjid. Mengucapkan doa merupakan salah satu adab saat berkunjung ke masjid.

Menerapkan adab-adab saat akan masuk dan keluar masjid ini tentunya akan membuat ibadahmu makin disenangi oleh Allah SWT. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/3/2023) tentang doa masuk masjid dan keluar masjid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Adab Masuk Masjid

Dalam mengenali doa masuk masjid dan keluar masjid, kamu perlu memahami adab masuk masjid terlebih dahulu. Adab masuk masjid ini bisa kamu kenali dari kamu keluar rumah, hingga nantinya mengucapkan doa masuk masjid dan keluar masjid. Selain doa masuk masjid dan keluar masjid, kamu juga perlu mengenali doa keluar rumah serta doa menuju masjid.

1. Membaca doa keluar rumah

Bismillahi tawakkaltu'alallahi laa hawla wa laa quwwata illa billahi.

Artinya: "Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali Allah."

2. Membaca doa menuju masjid

Alloohummaj-'al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam 'ii nuuroon wa 'an yamiinii nuuroon wa'an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa kholfii nuuroon waj-'al lii nuuroon.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya dalam pendengaranku cahaya, di pandanganku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya."

3. Berjalan ke masjid dengan santai, tanpa harus tergesa-gesa.

4. Memastikan diri sebelum berangkat ke masjid sudah dalam keadaan suci.

5. Mengenakan pakaian yang bersih dan sopan.

6. Setibanya di masjid, lepaskan alas kaki dengan dimulai dari kaki kiri terlebih dahulu kemudian baru kanan.

7. Masuk ke masjid dengan mendahulukan kaki kanan.

8. Membaca doa masuk masjid. Bisa membaca doa pendek seperti di bawah ini:

Allahummaftahlii abwaaba rahmatika 

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

9. Melaksanakan salat sunah atau salat tahiyatul masjid dua rakaat. Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk mengerjakannya.

Sabda Nabi Muhammad SAW:

"Jika salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan salat sunnah dua rakaat (sholat sunnah tahiyatul masjid)." (HR. Bukhari Muslim).

3 dari 5 halaman

Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid dan keluar masjid memang penting dipahami setiap muslim. Doa masuk masjid ada dua versi, yaitu versi pendek dan versi panjang. Berikut doa masuk masjid yang perlu kamu kenali:

Doa Masuk Masjid Pendek

Allahummaftahlii abwaaba rahmatika.

Artinya:

"Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Doa Masuk Masjid Panjang

Bismillah wash shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya: 

"Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu."

4 dari 5 halaman

Doa Keluar Masjid

Selain doa masuk masjid, kamu juga perlu mengenali doa keluar masjid. Jangan lupa juga untuk selalu membaca doa masuk masjid dan keluar masjid ini setiap harinya. Berikut doa keluar masjid:

Doa Keluar Masjid Pendek

Allahummaghfirlii dzunubii waftahlii abwaba fadhlika.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

Doa Keluar Masjid Panjang

A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba fadhlik.

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."

5 dari 5 halaman

Adab Keluar Masjid

Mengenali doa masuk masjid dan keluar masjid tentu tidak lengkap tanpa memahami adab keluar masjid juga. Doa masuk masjid dan keluar masjid sangat penting dalam adab keluar masjid. Adab keluar masjid ini bisa kamu kenali dari melangkahkan kaki keluar, hingga membaca doa pulang dari masjid.

1. Keluar dengan mendahulukan kaki kiri.

2. Membaca doa keluar masjid.

Allahumma innii as-aluka min fadhlika, yang artinya “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu."

3. Membaca doa pulang dari masjid.

Allahumma inni a'udzu bika biwashlika min shaddika wa a'udzu biqobulika min raddika wa a'udzu biqurbika min thordika. Allahummaj'alna min ahli tho'atika wa widdika wa ahhilna lidzikrika wa hamdika ya arhamar rahimin.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ketersambungan-Mu dari penolakan-Mu, dan aku berlindung dengan penerimaan-Mu dari berpaling-Mu, aku berlindung dengan kedekatan-Mu dari mengusir-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang taat kepada-Mu dan senang kepada-Mu, dan jadikanlah kami orang-orang yang senantiasa mengingat-Mu dan memuji-Mu, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Paling Pengasih di antara para pengasih."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.