Sukses

Demi Lihat Aurora, Pilot Ini Bermanuver 360 Derajat Pukau Penumpang Pesawat

Aksi pilot jadi pengalaman penerbangan sekali seumur hidup.

Liputan6.com, Jakarta Transportasi udara sudah lama dikenal punya jadwal yang tertib. Pasalnya, pesawat tak segan menanti penumpang yang datang ke Bandara terlambat. Mengingat jam terbang hingga landasan pacu juga digunakan untuk rute penerbangan lain. Namun ada hal-hal yang bisa ditolerir netizen seperti sebuah aksi unik pilot yang tengah jadi sorotan ini.

Melansir dari India Times, seorang pilot nekat memutar balikkan pesawat keluar jalur untuk melihat fenomena Aurora. Tak heran jika setiap orang bakal takjub melihat keindahan cahaya yang terbentuk di langit utara ini. Penerbangan malam yang monoton akhirnya berubah jadi pengalaman seumur hidup para penumpang. 

Penerbangan tersebut berada dalam jalur dari Islandia ke Inggris. Aksi nekat pilot memutar balik pesawat hingga 360 derajat itu berhasil direkam aplikasi radar penerbangan. Siapapun bisa melihat pesawat tersebut bermanuver, putar balik 360 derajat hingga ke posisi semula. 

Aksi ini jarang terjadi di dunia penerbangan terlepas dari keadaan darurat hingga menyebabkan mengubah jalur penerbangan. Kendati demikian, sang pilot-lah yang sepenuhnya bertanggung jawab terhadap aksinya. Siapa sangka, para penumpang pesawat yang diketahui dari maskapai Easyjet itu terpukau dengan keindahan Aurora Borealis. 

Berikut Liputan6.com merangkum aksi viral penerbangan pilot bermanuver 360 derajat demi melihat aurora melansir dari berbagai sumber, Jumat (3/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keajaiban Aurora 10 Menit

Pengalaman langka penerbangan Easyjet rute Islandia pada pukul 20:30 hari Senin (27/2/2023) ini dibagikan lewat Twitter. Salah satu penumpang pesawat, Adam Groves berterima kasih kepada sang pilot atas pengalaman seumur hidup melihat aurora. 

“Terima kasih banyak kepada pilot @easyJet EZY1806 dari Reykjavik ke Manchester yang melakukan penerbangan 360 derajat pada pertengahan penerbangan untuk memastikan semua penumpang dapat melihat Cahaya Utara yang luar biasa,” cuit Adam.

Ia juga membagikan potret aurora borealis yang terlihat menakjubkan di ketinggian. Pasalnya, di waktu penerbangan malam, penumpang hanya bisa melihat lampu rumah di daratan. Itupun jika cuaca cerah, jika berkabut atau mendung, pemandangan hanya gelap gulita. 

Kepada BBC, Groves berbagi pengalamannya, "Kami lepas landas dan di tengah penerbangan, pilot mematikan semua lampu dan pemandangan dapat dilihat dari jendela kiri. Tapi kami duduk di sisi kanan dan setelah beberapa menit pilot beralih kembali dan melakukan putaran 360 untuk dilihat semua orang." 

3 dari 3 halaman

Dipuji Maskapai dan Netizen Meski Terlambat

Maskapai Easyjet juga memuji upaya pilot dalam sebuah pernyataan: "Kami senang bahwa kapten dalam penerbangan kami dari Reykjavik ke Manchester kemarin malam dapat melakukan [manuver] yang terkendali untuk memungkinkan penumpang menyaksikan tampilan yang menakjubkan dari udara. Salah satu pemandangan alam terbesar, Aurora Borealis."

Maskapai lebih lanjut menambahkan, "Kru kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk pelanggan kami dan kami senang dapat berbagi pemandangan khusus cahaya utara ini dengan mereka."

Meskipun  pesawat terlambat dari jadwal pendaratannya, para penumpang lebih senang dari apapun. Putaran 360 derajat direkam oleh banyak pelacak penerbangan online.

Flighttrader24.com membagikan klip untuk menunjukkan bagaimana pilot mengambil jalan memutar kecil untuk mendapatkan pandangan yang jelas dari cahaya utara untuk penumpang yang beruntung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.