Sukses

Viral Penampilan Anak Kim Jong Un yang Mewah Jadi Sorotan, Bikin Rakyat Korut Kesal

Rakyat menyoroti kehidupan anak Kim Jong Un yang mewah sementara mereka menghadapi kesulitan.

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terlihat mengajak putrinya, Kim Ju Ae dalam beberapa kesempatan. Momen tersebut sontak membuat sosok Kim Ju Ae menjadi sorotan dunia dan berbagai pihak. Gadis kecil itu tampil di depan kamera menemani ayahnya di acara-acara resmi.

Kehadiran Kim Ju Ae membuatnya diprediksi sebagai calon penerus kekuasaan keluarga Kim. Baru-baru ini, pemerintahan Kim Jong Un juga melaksanakan sebuah pertemuan besar untuk menangani problem tersebut. Namun, perhatian rakyat Korea Utara teralihkan oleh anak perempuan Kim Jong Un, yakni Kim Ju Ae.

Berdasarkan laporan Radio Free Asia (RFA), Kim Ju Ae, ayahnya, dan beberapa orang VIP lainnya hadir pada peluncuran pertama sehubungan dengan peresmian jalan baru di Pyongyang pada 25 Februari lalu. Penampilan anakpemimpin Korea Utara itu disebut mewah.

Ia tampak mengenakan mantel panjang dengan kerah bulu dan kancing emas. Penampilannya yang mewah itu pun membuat geram masyarakat Korea Utara. Mereka diam-diam mengungkapkan kemarahannya setelah melihat kehidupan anak Kim Jong Un yang hidup mewah sementara rakyat menghadapi kesulitan. Berikut berita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli, Jumat (3/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampilan yang Mewah Jadi Sorotan

Diketahui bahwa Korea Utara sedang mengalami krisis kekurangan pangan kronis dan kemiskinan yang meluas. Oleh karena itu, laporan peristiwa yang melibatkan pemimpin Korea Utara dan putrinya membuat banyak orang kecewa.

Kehadiran Kim Ju Ae ternyata memicu kekesalan bagi sejumlah rakyat Korea Utara. Gadis yang diketahui berusia 9 tahun itu terlihat sehat, pipinya tembam, dan pakaiannya juga bagus. Kondisi Ju Ae dinilai berbeda dari rakyat kebanyakan.

"Yang dekat dengan pimpinan negara didahulukan, dan yang lain hidup dalam keadaan serba kekurangan". dikutip Liputan6.com dari Siakapkeli, Jumat (3/3/2023).

Beberapa rakyat Korea Utara pun menyampaikan kekesalannya mengenai penampilan anak Kim Jong Un yang dinilai mewah. Mereka membandingkan dengan kehidupan rakyat yang serba kekurangan.

"Saya marah karena saya dalam banyak masalah," kata seorang Korea Utara kepada RFA.

"Sedangkan Kim Ju Ae yang kita semua tahu makan dan hidup dengan baik, sering muncul di TV dengan pakaian mewahnya," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Dibandingkan dengan Anak-anak Lain di Korea Utara

Warga-warga lain juga membandingkan penampilan Kim Ju Ae dengan anak-anak lain yang kurus. Anak Kim Jong Un tampak bugar dengan tubuh berisi karena makan dengan benar tak seperti rakyat.

"Orang-orang mengatakan hal-hal seperti, 'Dia pasti makan dengan baik, wajahnya sangat putih dan gemuk seperti bulan,'" kata salah satu warga.

"Sebagian besar penduduk tidak bisa makan dengan benar sehingga tulang pipinya lebih menonjol dari sebelumnya," tambahnya.

Busana dari Kim Ju Ae juga menyorot perhatian. Sebab, Korea Utara bukan negara kapitalis, tetapi pakaian Kim Ju Ae terlihat mewah. Anak-anak sekolah lain di Korut bisa dihukum jika dituding mengikuti budaya kapitalis.

4 dari 4 halaman

Diprediksi Sebagai Calon Penerus Pemimpin Korea Utara

Mereka mengklaim bahwa Kim Jong Un mungkin sedang mempersiapkan anaknya untuk menggantikannya nanti. Namun, Kwon Young Se, Menteri Unifikasi Korea Selatan mengatakan kepada Radio CBS bahwa terlalu dini untuk mempertimbangkannya sebagai ahli waris.

"Bahkan jika Korea Utara menetapkan struktur suksesi mulai sekarang, pertanyaannya tetap apakah seorang perempuan akan mampu memimpin Korea Utara yang berpusat pada militer," katanya.

Kim Jong Un diyakini memiliki tiga anak dengan istrinya Ri Sol Ju, tetapi identitas mereka semua tidak dapat dikonfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.