Sukses

Contoh Kaligrafi Ayat Kursi yang mudah, Lengkap Cara Membuatnya

Ayat Kursi berbicara dengan indah dan rinci tentang keyakinan umat kepada Allah, dan menekankan kebesaran-Nya melalui penyebutan sejumlah nama dan sifat-sifat-Nya.

Liputan6.com, Jakarta Kaligrafi merupakan salah satu contoh seni rupa dua dimensi yang berupa seni menulis yang menekankan pada keindahan. Ada beragam jenis kaligrafi, salah satunya kaligrafi ayat kursi. Kaligrafi ayat kursi ini banyak digemari karena memiliki bentuk beragam dan teks yang panjang.

Bukan hanya menawarkan keindahan, kaligrafi ayat kursi juga memiliki makan mendalam dan cara pembuatan yang rumit. Meski begitu, keindahn dari tiap goresan tinda pada bahasa Arabnya menambah kesan klasik.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh kaligrafi ayat kursi dan cara membuatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Kaligrafi Ayat Kursi

Contoh kaligrafi ayat kursi adalah salah satu teks yang panjang untuk sebuah kaligrafi. Namun dengan menuangkannya dalam bentuk kaligrafi, membuat orang yang melihatnya akan selalu ingat untuk membaca ayat kursi setiap saat. Kaligrafi teks ayat kursi kerap di tampilkan dengan warna yang elegan serta desain 3D yang bagus. Anda akan sering menjumpai kaligrafi ayat kursi, terutamanya di mushola atau masjid dengan gaya tulisan yang bermacam-macam. Bahkan, banyak rumah umat Muslim yang dihias dengan kaligrafi ayat kursi.

Bukan hanya sebagai keindahan, kaligrafi ayat kursi juga bisa mengingatkan kita untuk membaca ayat kursi setiap hari. Sebab ayat kursi memiliki makna tentang gambaran atas kekuasaan Allah SWT. Ayat kursi berbicara dengan indah dan rinci tentang keyakinan umat kepada Allah, dan menekankan kebesaran-Nya melalui penyebutan sejumlah nama dan sifat-sifat-Nya.

3 dari 5 halaman

Ayat Kursi dan Artinya

Berikut ini terdapat beberapa bacaan ayat kursi dan artinya, yakni:

Latin Arab : Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kaligrafi Ayat Kursi

1. Buat garis sketsa dan penempatan huruf

Cara membuat kaligrafi ayat kursi yang pertama adalah dengan membuat garis sketsa dan garis penempatan huruf secara umum. Pada tahap awal ini, anda perlu memegang alat tulis dengan benar dan nyaman, usahakan setiap gerakan jari dan tangan sudah mantap dan proporsional.

2. Buat huruf dengan melihat contoh

Dalam menulis kaligrafi ayat kursi, anda harus memiliki contoh dari setiap huruf-huruf yang akan ditulis. Hal ini sebagai upaya untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan nantinya. Bagi pemula, carilah contoh huruf Arab yang mudah untuk dibuat.

3. Gunakan tekanan dalam membatasi lebar garis

Cara membuat gambar kaligrafi ayat kursi mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan tekanan dalam membatasi lebar garis. Panjang dan lebar dari tulisan kaligrafi harus sesuai dengan kaidahnya dan jangan sembarang dalam menulis. Hal ini akan menentukan hasil dari gambar kaligrafi yang telah anda buat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kaligrafi Ayat Kursi

4. Gunakan urutan gerakan yang benar

Pakai kaidah yang benar dalam membuat kaligrafi ayat kursi yang bagus. Pada setiap huruf memiliki gerakan tersendiri dalam penulisannya dan pada dasarnya hampir semua berbeda. Jadi dengan menggunakan urutan gerakan yang benar sangatlah penting. Urutan coretan yang asal-asalan akan sangat berpengaruh pada hasil dari karya seni kaligrafi anda. Lihatlah kembali buku contoh kaligrafi untuk meminimalisir kesalahan.

5. Terus berlatih

Cara membuat gambar kaligrafi ayat kursi mudah yang berikutnya adalah terus berlatih. Dengan berlatih secara rutin dan teratur (istiqomah) maka akan menghasilkan sebuah karya kaligrafi yang bagus dan indah. Dengan berlatih dan melakukan berbagai kesalahan, maka anda akan mendapatkan pengalaman untuk menyempurnakan gerakan maupun goresan pada karya kaligrafi. Selain itu, dengan banyak berlatih, maka tangan anda bisa lebih luwes karena setiap hari melatih otot-otot tangan.

6. Amati dan tiru karya orang lain

Meniru atau bahkan menjiplak karya orang lain merupakan cara membuat kaligrafi ayat kursi yang selanjutnya. Hal ini tentu dilakukan agar anda lebih terbiasa dan lebih mahir dalam menuliskan kaligrafi. Bila masih dalam masa awal belajar atau pemula, tidak ada salahnya untuk menjiplak hasil karya kaligrafi ayat kursi milik orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.