Sukses

12 Manfaat Lingkungan Hidup bagi Manusia dan Makhluk Lain

Manfaat lingkungan hidup berasal dari komponen penyusunnya yang mencakup berbagai elemen seperti udara, air, tanah, tumbuhan, satwa, dan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Lingkungan hidup adalah keseluruhan lingkungan di sekitar kita yang mencakup semua faktor fisik, biologis, dan sosial yang mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Manfaat lingkungan hidup berasal dari komponen penyusunnya yang mencakup berbagai elemen seperti udara, air, tanah, tumbuhan, satwa, dan manusia. 

Keseimbangan lingkungan hidup yang baik sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di planet ini. Udara sebagai salah satu komponen utama lingkungan hidup yang terdiri dari campuran gas-gas seperti oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida. Air juga merupakan komponen penting lingkungan hidup yang mencakup air di sungai, danau, laut, dan air tanah. Tanah adalah lingkungan tempat tumbuhnya tanaman dan menyediakan habitat bagi berbagai jenis makhluk hidup. Oleh sebab itu manfaat lingkungan hidup sangat penting bagi kehidupan manusia dan mahkluk lain yang hidup di bumi.

Selain faktor fisik dan biologis, manfaat lingkungan hidup juga mencakup faktor sosial seperti budaya, ekonomi, dan politik. Interaksi manusia dengan lingkungan hidup dapat mempengaruhi kondisi lingkungan, baik secara positif maupun negatif. Berikut manfaat lingkungan hidup bagi manusia dan makhluk lain yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (28/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lingkungan Hidup bagi Kehidupan Makhluk di Bumi

1. Menyediakan Sumber Daya

Manfaat lingkungan hidup menyediakan sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan makhluk penghuni bumi, seperti udara yang untuk bernafas, air yang untuk minum, dan tanaman yang menjadi sumber makanan. Sumber daya alam ini juga digunakan dalam kegiatan produksi dan industri.

2. Menyediakan Tempat Tinggal bagi Makhluk Hidup 

Manfaat lingkungan hidup menyediakan tempat tinggal bagi berbagai jenis makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan. Kehadiran berbagai jenis makhluk dalam lingkungan hidup membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan memperkaya keanekaragaman hayati.

3. Menjaga Keseimbangan Ekosistem 

Keseimbangan ekosistem sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan hidup membantu menjaga keseimbangan ekosistem dengan memfasilitasi berbagai interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

4. Mengurangi Risiko Bencana Alam 

Manfaat lingkungan hidup yang terjaga kelestariannya  dapat membantu mengurangi risiko bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Kondisi lingkungan yang buruk dapat memperburuk bencana alam.

5. Menjaga Kesehatan Manusia 

Lingkungan hidup yang sehat dapat menjaga kesehatan manusia dengan menyediakan air bersih, udara segar, dan makanan yang sehat. Sebaliknya, lingkungan yang tercemar dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit pernapasan dan kanker.

6.Menyediakan Sarana Rekreasi dan Kegiatan Outdoor 

Manfaat lingkungan hidup yang indah dan sehat dapat digunakan sebagai tempat rekreasi dan kegiatan outdoor seperti hiking, berkemah, dan olahraga. Kegiatan ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lingkungan Hidup bagi Kehidupan Makhluk di Bumi

7. Menyediakan Bahan Baku Pengobatan 

Lingkungan hidup menyediakan berbagai jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk obat-obatan tradisional maupun modern. Beberapa tanaman telah terbukti memiliki efek penyembuhan yang signifikan terhadap berbagai jenis penyakit.

8. Menghasilkan Oksigen 

Manfaat lingkungan hidup, terutama tumbuhan, menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya karena digunakan untuk respirasi.

9. Menyediakan Habitat Satwa Liar 

Lingkungan hidup menyediakan habitat bagi satwa liar seperti burung, mamalia, reptil, dan serangga. Kehadiran satwa liar dalam lingkungan hidup membantu menjaga keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem.

10. Menyediakan Bahan Baku Industri 

Manfaat lingkungan hidup juga sebagai penyedia bahan baku untuk industri seperti kayu, batu, minyak bumi, dan mineral. Namun, pengambilan bahan baku ini harus dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab agar tidak merusak lingkungan hidup.

11. Menjaga Ketersediaan Air 

Manfaat lingkungan hidup membantu menjaga ketersediaan air dengan memfasilitasi proses siklus air. Air adalah sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, oleh karena itu menjaga kelestarian air sangatlah penting.

12. Menyediakan Sumber Energi Terbarukan 

Lingkungan hidup juga menyediakan sumber energi terbarukan seperti energi matahari, angin, dan air. Pemanfaatan sumber energi terbarukan sangat penting untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang merusak lingkungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.