Sukses

6 Makhluk yang Muncul pada Hari Kiamat Menurut Islam, Bukan Hanya Dajjal

Selain tanda-tanda alam, ternyata ada sejumlah makhluk lain yang akan muncul bersamaan maupun bergantian dengan Dajjal pada hari kiamat nanti.

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda datangnya hari kiamat sudah banyak diketahui oleh umat Muslim. Selain tanda-tanda alam, ternyata ada sejumlah makhluk lain yang akan muncul bersamaan maupun bergantian dengan Dajjal pada hari kiamat nanti.

Dalam hal ini, umat Muslim harus mengetahui siapa saja makhluk yang muncul pada hari kiamat untuk lebih mawas diri dan memperkuat ibadah kepada Allah SWT. Makhluk-makhluk tersebut juga telah disebutkan dalam Al-Qur’an dan sejumlah hadis nabi.  Rasulullah SAW bersabda,

“Kiamat tidak akan terjadi sampai kalian melihat ada 10 tanda: terbitnya matahari dari barat, munculnya Dukhan, adanya Dabbah (hewan melata yang bisa memberi tanda), dan keluarnya Ya'juj dan Ma’juj….” (HR. Ahmad 16144, Abu Daud 4311 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai makhluk yang muncul pada hari kiamat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makhluk yang Muncul Pada Hari Kiamat

1. Dajjal

Dikutip dari buku Tanda-tanda Kiamat (2021) karya Atho’illah Umar, dijelaskan bahwa banyak orang yang mendakwakan diri sebagai nabi. Jumlahnya tidak terhitung, tapi yang dimaksud oleh hadis di atas adalah nabi palsu yang mempunyai pengaruh, kekuatan dan ajarannya memperdaya, sehingga pengikutnya menjadi banyak, hingga Allah SWT menghinakan mereka.

Di antara yang mendakwakan diri sebagai nabi adalah Musailimah Al-Kazzab, yang mempunyai pengikut berjumlah besar, bahkan sebagian bangsa Arab menjadi murtad. Allah SWT menghentikan langkahnya melalui Khalifah Abu Bakarra dengan tentaranya yang terdiri dari para sahabat penghafal Al-Qur'an, sehingga ia dapat ditumpas dalam sebuah pertempuran, yang dikenal dengan pertempuran Al-Yamamah.

Nabi palsu lainnya adalah Aswad Al-'Ansi, Tulaihah ibn Khuwailid dan Sajah. Semua nabi palsu yang disebutkan di atas muncul pada masa sahabat. Di antara mereka ada yang mati dibunuh dan ada pula yang kemudian bertobat.

Pada masa tabi'in muncul nabi palsu bernama Mukhtar Ats- Tsaqofi. Pada abad yang lalu, tahun 1233 H juga muncul nabi palsu di Iran yang bernama Mirza Abbas. Di Sudan muncul nabi palsu bernama Mahmud Muhammad Toha yang mempunyai pengikut yang cukup banyak namun akhirnya dihukum mati oleh pemerintah Sudan pada tahun 1985 M.

Tidak mustahil akan muncul lagi nabi-nabi palsu yang berakhir dengan munculnya Dajjal seperti yang diriwayatkan oleh Samurah, bahwa Rasulullah SAW bersabda dalam khutbahnya sewaktu terjadi gerhana matahari:

“Demi Allah SWT Kiamat tulak akan terjadi hingga muncul 30 orang pendusta, yang diakhiri oleh pendusta bermata satu (Dajjal).” (HR Ahmad)

2. Muncul Imam Mahdi

Disebutkan, salah satu makhluk yang muncul pada hari kiamat adalah kemunculan Imam Mahdi. Ini sesuai dengan hadis riwayat Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

3 dari 4 halaman

Makhluk yang Muncul pada Hari Kiamat

3. Ya'juj dan Ma'juj

Ya'juj dan Ma'juj adalah dua kaum yang muncul di akhir zaman. Mereka hidup di balik tembok terbuat dari besi dan tembaga. Mereka akan membanjiri seluruh bumi dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Munculnya Ya'juj dan Ma'juj merupakan salah satu tanda hari kiamat. Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan dalam potongan surat Al Kahfi ayat 94-95, berbunyi:

“Mereka berkata: ‘Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?’ Dzulkarnain berkata: ‘Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka.’” (QS. Al-Kahfi: 94 – 95).

4. Kemunculan Daabbah (Binatang Melata)

Makhluk lain yang muncul pada hari kiamat adalah kemunculan binatang melata. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat An-Naml: 82 yang artinya sebagai berikut:

"Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan seekor dabbah (binatang melata) dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (An-Naml: 82)

4 dari 4 halaman

Makhluk yang Muncul pada Hari Kiamat

5. Kemunculan Nabi Isa AS

Selanjutnya, makhluk yang muncul pada hari kiamat adalah adanya kemunculan Nabi Isa AS. Nabi Isa akan memimpin dunia sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam yang ditegaskan dalam Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an surat an-Nisa ayat 159, Allah SWT berfirman:

“Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka” (Q.S. An-Nisa: 159)

6. Munculnya Kelompok Khawarij

Khawarij adalah satu kelompok yang selalu memberontak terhadap para pemimpin muslimin yang benar. Mereka meng- kafirkan Utsman r.a dan Ali r.a, mengkafirkan orang yang berbuat dosa besar, menghalalkan darah kaum muslimin dan sangat fanatik buta dalam beragama. Di antara mereka terdapat ahli Qur'an yang rajin beribadah dan tilawah namun sayangnya mereka merasa benar sendiri dalam memahami agama sehingga kesombongan ini membuat mereka digelincirkan syaitan.

Imam Ali ra pernah berdialog dengan kelompok terut dalam upaya untuk mengembalikan mereka kepada kebenaran. tetapi mereka membangkang dan membuat onar di negara kaum muslimin. Akhirnya Ali ra memutuskan untuk membunuh para pengikut kelompok ini. Secara diam-diam mereka membuat satu makar yang berhasil membunuh Ali r.a.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.