Sukses

11 Ciri-Ciri Dajjal Seperti yang Digambarkan Hadis Rasulullah, Matanya Buta Sebelah

Ciri-ciri dajjal seperti yang digambarkan hadis Rasulullah adalah berbeda dengan manusia pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dajjal dalam Islam adalah sosok yang disebutkan dalam nubuat dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW sebagai dekatnya hari kiamat. Dajjal dianggap sebagai sosok yang sangat berbahaya dan sangat menyesatkan, yang akan muncul menjelang hari kiamat untuk menguji keimanan manusia.

Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR. Muslim)

Bagaimana ciri-ciri dajjal seperti yang digambarkan hadis Rasulullah? Sosok dajjal dalam hadis Rasulullah digambarkan memiliki fisik yang berbeda dengan manusia pada umumnya. Dajjal memiliki mata yang buta sebelah, rambutnya keriting, hingga dahi yang lebar.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Dajjal akan mempunyai kekuasaan atas langit dan bumi, dan akan menawarkan surga dan neraka kepada orang-orang."

Dalam buku berjudul Ensiklopedia Kiamat (2020) oleh Tim GIP, Al-Qur’an menyebut Dajjal di akhir zaman mengaku sebagai Tuhan. Dajjal akan mengaku sebagai Tuhan dan berusaha mempengaruhi orang untuk mengikuti keinginannya. Dajjal diyakini akan muncul di Timur Tengah dan akan menguji manusia dengan kekuatannya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ciri-ciri dajjal seperti yang digambarkan hadis Rasulullah, Jumat (17/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Dajjal Seperti yang Digambarkan Hadis Rasulullah

Ciri-ciri dajjal seperti digambarkan hadis Rasulullah, bahwa sosoknya memiliki rambut keriting dan berbadan besar. Sosok dajjal yang digambarkan hadis Rasulullah ini sangat berbeda dengan manusia pada umumnya.

“… Kemudian aku menoleh, tak tahunya ada seseorang yang berbadan besar, warnanya kemerah-merahan, rambutnya keriting, matanya buta sebelah kanan, seolah-olah matanya anggur yang menjorok. Mereka menjelaskan, 'Sedang ini adalah dajjal, manusia yang paling mirip dengannya adalah Ibnu Qaththan, laki-laki dari bani Khuza'ah.'" (HR. Bukhari)

Ini ciri-ciri dajjal seperti digambarkan hadis Rasulullah menurut riwayat Bukhari:

1. Dajjal memiliki perawakan yang besar.

2. Dajjal secara fisik memiliki rambut yang keriting.

3. Dajjal memiliki mata yang buta sebelah, pada riwayat ini mata dajjal yang buta berada di sebelah kanan.

4. Dajjal matanya seperti anggur yang bengkak atau membusuk.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Dajjal akan memiliki penglihatan yang cacat, satu matanya buta dan bengkak seperti anggur yang busuk."

Tidak hanya itu, dalam kitab berjudul Kitab At-Tadzkirah oleh Imam Syamsuddin Al-Qurthubi, ciri-ciri dajjal seperti digambarkan hadis Rasulullah adalah seorang laki-laki yang memiliki dahi lebar dan matanya picak sebelah. Pada riwayat kali ini, mata dajjal yang picak ada di sebelah kiri.

"Adapun Masih Adh-Dhalalah (Al-Masih pembawa kesesatan: Dajjal) adalah seorang lelaki yang berdahi lebar, picak mata kirinya, lebar lubang hidungnya, (tubuhnya) agak bongkok." (HR. Muslim dan dinilai shahih)

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Dajjal Seperti yang Digambarkan Hadis Rasulullah Selanjutnya

Ini ciri-ciri dajjal seperti digambarkan hadis Rasulullah yang dimaksudkan:

5. Dajjal sosok laki-laki yang memiliki dahi lebar.

6. Dajjal memiliki lubang hidung yang lebar.

7. Dajjal berperawakan yang agak bongkok.

8. Dajjal memiliki rambut yang lebih tebal.

Sosok dajjal disebut memiliki bentuk rambut yang tidak hanya keriting. Lebih spesifik daripada itu, menurut hadis yang diriwayatkan dari Hudzaifah, dajjal memiliki rambut yang lebih tebal daripada orang pada umumnya.

Rasulullah SAW bersabda: "Dajjal itu picak mata kirinya, dan tebal rambutnya. Dia membawa surga dan neraka. Tapi, neraka dia (sebenarnya) adalah surga, dan surga dia (sebenarnya) adalah neraka."

9. Dajjal dikenal dengan sosok berkulit putih.

“Dajjal matanya buta sebelah, kulitnya putih.” (Dalam satu riwayat): “Kulitnya putih seperti keledai putih. Kepalanya kecil dan banyak gerak, mirip dengan Abdul ‘Uzza bin Qathan. Jika ada orang-orang yang binasa (mengikuti fitnahnya), ketahuilah Rabb kalian tidaklah buta sebelah.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)   

10. Dajjal matanya tidak hanya buta tetapi juga lebih cekung.

Dari ‘Ubadah bin ash-Shamit, ia berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Dajjal adalah seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting, buta sebelah mata, terhapus mata, tidak menonjol dan tidak bermata cekung. Jika disamarkan kepadamu, maka ketahuilah bahwa Rabb kamu tidak buta sebelah matanya.” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Kekurangan dari ciri-ciri dajjal seperti digambarkan hadis Rasulullah seperti buta, busuk, dan cekung, oleh beberapa ulama yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada yang menafsirkannya sebagai berikut:

Menurut beberapa ulama, kebutaan ini dapat diartikan sebagai suatu kelemahan yang dimiliki oleh Dajjal. Mata yang buta dapat menghalangi seseorang dari melihat kebenaran dan menilai suatu situasi secara objektif. Oleh karena itu, kebutaan Dajjal mungkin dapat diartikan sebagai suatu tanda bahwa ia bukanlah seorang pemimpin yang benar dan jujur.

11. Dajjal memiliki tinggi badan yang melebihi manusia normal.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Dajjal memiliki perawakan besar, dan tinggi melebihi rata-rata manusia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.