Sukses

Apa Itu Fitnah Dajjal Dan Bentuknya? Pelajari Dalil-Dalilnya

apa itu fitnah dajjal dan bentuknya? berikut pengertian dan juga cara menghindarinya

Liputan6.com, Jakarta Memahami apa itu fitnah dajjal dan bentuknya menjadi salah satu cara untuk menghindarinya. Mendekati akhir zaman, tanda-tanda kiamat mulai bermunculan satu persatu, dimana kemunculan dajjal menjadi salah satu tanda akan datangnya hari akhir. Dajjal akan datang bersama dengan fitnah yang membuat umat manusia terombang-ambing.

Fitnah Dajjal akan menjadi fitnah terbesar yang muncul di alam semesta ini, sejak Allah menciptakan Adam hingga hari Kiamat dimulai dan datang. Ini karena keajaiban besar yang akan Allah ciptakan bersamanya, yang akan memukau pikiran umat manusia dan membuat mereka takjub, serta tersesat dalam fitnah dajjal.

Beberapa bentuk dari fitnah dajjal ini telah dijelaskan dalam sejumlah hadist maupun ayat Al Quran, yang mana menerangkan seberapa besarnya fitnah dajjal ini hingga mampu menyesatkan banyak umat manusia yang tidak kuat imannya. Untuk memeranginya, memahami apa itu fitnah dajjal dan bentuknya menjadi hal yang patut untuk dilakukan.

Lantas apa itu fitnah dajjal dan bentuknya? Untuk lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (21/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Siapakah Dajjal ?

Dajjal

Dajjal adalah nabi palsu dan pendusta yang akan menyesatkan manusia. Dia adalah mesias kesesatan yang akan menggoda manusia melalui tanda-tanda yang diberikan kepadanya, seperti menurunkan hujan, menghidupkan bumi untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, dan “mukjizat” lainnya. 

Akar dajjal berarti mencampur. Kata dajala digunakan untuk mengartikan hal-hal yang sengaja membingungkan dan menjadi kabur dan ambigu. Dajjal adalah orang yang berbicara dengan munafik, yang banyak berbohong dan menipu banyak orang. 

Kata “Dajjal” menjadi gelar yang diberikan kepada mesias palsu yang berbohong, bermata satu. Dajjal disebut demikian karena dia akan menyembunyikan kekafirannya dari manusia dengan berbohong kepada mereka, menipu mereka dan membingungkan mereka.

 

Deskripsi Dajjal

Dia akan menjadi seorang pemuda dengan kulit kemerahan, pendek, dengan rambut keriting tebal, dahi lebar, dan dada lebar, mata kiri buta atau cacat (mamsooh) . Mata ini tidak akan menonjol atau cekung, dan akan terlihat seperti buah anggur yang mengapung. Mata kirinya akan ditutupi dengan sepotong daging tebal yang tumbuh di ujung matanya. 

Tertulis di antara matanya adalah “Kaaf faa' raa'”, dalam huruf (Arab) yang terpisah, atau “kaafir”, dengan huruf-huruf yang digabungkan. Ini akan dibaca oleh setiap Muslim, terpelajar atau buta huruf. Dia akan mandul, tanpa anak yang lahir darinya.

Diriwayatkan dari 'Ubaadah ibn al-Saamit (semoga Allah meridhoi dia) bahwa Rasulullah ﷺ berkata: “Saya telah memberi tahu Anda begitu banyak tentang Dajjal sehingga saya khawatir Anda tidak akan mengerti. Dajjal akan menjadi pria pendek, berjari merpati, dengan rambut keriting. Dia akan bermata satu, dengan matanya tidak menonjol atau cekung. Jika kamu bingung tentang dia, maka ingatlah bahwa Tuhanmu tidak bermata satu.” [Abu Dawud, tidak. 3763]

 

Munculnya Dajjal

Dajjal akan muncul dari arah Timur, dari Khurasan, dari kalangan Yahudi Isfahaan. Dia kemudian akan melakukan perjalanan ke seluruh bumi dan tidak akan meninggalkan kota tanpa memasukinya, selain Makkah dan Madinah, yang tidak akan bisa dia masuki karena para malaikat menjaganya.

Faatimah bint Qays (ra dengan dia), Nabi Muhammad SAW berkata tentang Dajjal: "Dia akan (muncul) dari arah laut Suriah atau dari arah laut Yaman ... Tidak, melainkan dari timur ..." - dan dia menunjuk ke arah timur. [Muslim, tidak. 5228]

3 dari 5 halaman

Apa Itu Fitnah Dajjal Dan Bentuknya ?

Apa Itu Fitnah Dajjal Dan Bentuknya ?

Fitnah Dajjal akan menjadi fitnah terbesar sejak Allah menciptakan Adam hingga Kiamat dimulai. Ini karena keajaiban besar yang akan Allah ciptakan bersamanya, yang akan memukau pikiran orang dan membuat mereka takjub. Diriwayatkan bahwa dia akan memiliki surga dan neraka bersamanya, tetapi surganya akan menjadi nerakanya dan nerakanya akan menjadi surganya. 

Dia akan memiliki sungai air dan pegunungan roti. Dia akan memerintahkan langit untuk menurunkan hujan, dan hujan akan turun, dan dia akan memerintahkan bumi untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan akan melakukannya. Harta karun Bumi akan mengikutinya, dan dia akan melakukan perjalanan dengan cepat, seperti awan yang digerakkan oleh angin. Dan dia akan melakukan prestasi luar biasa lainnya. 

Semua itu disebutkan dalam hadits shahih. Yang menerangkan bentuk-bentuk dari Fitnah Dajjal

1. Surga dan Neraka Bersamanya

Hudhayfah RA berkata: “Rasulullah SAW berkata: 'Dajjal akan bermata satu, buta di mata kirinya, dan akan memiliki rambut tebal. Dia akan memiliki surga dan neraka bersamanya, tetapi surganya akan menjadi neraka dan nerakanya akan menjadi surga.'” [Muslim, no. 5222]

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya bersama dia ada surga dan nerakanya, sungai dan air, serta gunung roti. Sesungguhnya surganya Dajjal adalah neraka dan nerakanya Dajjal adalah surga." [HR. Ahmad].

2. Membunuh Satu Jiwa Lalu Menghidupkannya Kembali

Rasulullah SAW bersabda: "Keluarlah pada hari itu seorang yang terbaik atau di antara orang terbaik. Dia berkata: 'Aku bersaksi engkau adalah Dajjal yang telah disampaikan kepada kami oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.' Dajjal berkata (kepada pengikutnya): 'Apa pendapat kalian jika aku bunuh dia dan aku hidupkan kembali apakah kalian masih ragu kepadaku?' Mereka berkata: 'Tidak.' Maka Dajjal membunuhnya dan menghidupkannya kembali..." [HR. Muslim No. 2938].

Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Sa'eed al-Khudri (ra dengan dia) bahwa orang yang akan dibunuh Dajjal ini akan menjadi salah satu orang terbaik, yang akan pergi ke Dajjal dari kota Rasulullah. Allah dan akan berkata kepada Dajjal, “Aku bersaksi bahwa kamu adalah Dajjal yang diberitahukan oleh Rasulullah kepada kami.” Dajjal akan berkata (kepada orang-orang): "Bagaimana menurutmu - jika aku membunuh orang ini lalu menghidupkannya kembali, apakah kamu akan ragu?" Mereka akan berkata, “Tidak.” Jadi dia akan membunuhnya, lalu menghidupkannya kembali. Kemudian dia (orang yang beriman) akan berkata, “Demi Allah, saya tidak pernah lebih yakin tentang Anda daripada saya hari ini.” Dajjal ingin membunuhnya tetapi tidak diizinkan. [Sahih Al-Bukhari, no. 6599]

3. Bersamanya Air, Sungai dan Gunung Roti

Dari 'Uqbah bin 'Amr radhiyallahu 'anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW berkata tentang Dajjal: "Sungguh Dajjal akan keluar dan bersamanya ada air dan api. Apa yang dilihat manusia air sebenarnya adalah api yang membakar. Apa yang dilihat manusia api sesungguhnya adalah air minum dingin yang segar. Barangsiapa di antara kalian yang mendapatinya hendaknya memilih yang dilihatnya api, karena itu adalah air segar yang baik." [HR. Muslim No. 2935].

Hudhayfah (semoga Allah meridhoi dia) berkata: “Rasulullah ﷺ bersabda: 'Aku tahu apa yang akan dibawa Dajjal bersamanya: dia akan memiliki dua sungai yang mengalir. Yang satu jelas terlihat seperti air dan yang lainnya jelas terlihat seperti nyala api. Jika salah seorang dari kalian melihat hal itu, hendaklah dia memilih sungai yang menyerupai api, kemudian tutup matanya dan tundukkan kepalanya dan minum darinya, karena airnya akan menjadi dingin.'” [Muslim, no. 5223]

4. Menurunkan Hujan

An-Nawwas bin Sam'an radhiyallahu 'anhu: Rasulullah SAW berkata: "Dia datang kepada satu kaum mendakwahi mereka. Merekapun beriman kepadanya, menerima dakwahnya. Maka Dajjal memerintahkan langit untuk hujan dan memerintahkan bumi untuk menumbuhkan tanaman, maka turunlah hujan dan tumbuhlah tanaman." [HR. Muslim No. 2937].

5. Harta Benda akan Mengikutinya 

Rasulullah SAW berkata: "Dia mendatangi reruntuhan dan berkata: 'Keluarkanlah perbendaharaanmu.' Maka keluarlah perbendaharaannya mengikuti Dajjal seperti sekelompok lebah." [HR. Muslim No. 2937].

4 dari 5 halaman

Perlindungan Dari Fitnah Dajjal

Perlindungan Dari Fitnah Dajjal

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan umatnya tentang apa yang akan melindungi mereka dari fitnah mesias palsu (al-masih al-dajjal). Dia meninggalkan umatnya di jalan yang jelas, dan tidak ada yang menyimpang darinya kecuali orang yang ditakdirkan. Dia tidak meninggalkan kebaikan apapun tanpa menunjukkannya kepada umatnya, atau keburukan apapun tanpa memperingatkan mereka untuk tidak melakukannya. 

Di antara hal-hal yang dia peringatkan kepada kita adalah fitnah Dajjal, karena itu adalah fitnah terbesar yang akan dihadapi umat hingga Kiamat tiba. Setiap Nabi memperingatkan umatnya terhadap Dajjal bermata satu, tetapi Rasulullah SAW adalah satu-satunya Nabi yang lebih memperingatkan umatnya tentang dia. Allah memberitahunya banyak sifat Dajjal sehingga dia bisa memperingatkan umatnya. Dajjal pasti akan muncul di antara umat ini, karena ini adalah umat terakhir, dan Rasulullah SAW adalah Penutup para Nabi.

Berpegang pada Islam, memiliki iman yang benar dan mempelajari Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Yang Terindah yang tidak dimiliki oleh orang lain. Orang harus tahu bahwa Dajjal akan menjadi manusia yang akan makan dan minum, dan bahwa Allah jauh di atas itu; Dajjal akan bermata satu tetapi Allah tidak bermata satu; tidak ada yang bisa melihat Tuhannya sampai dia mati, tetapi Dajjal akan terlihat oleh semua orang, beriman dan kafir, ketika dia muncul. Mencari perlindungan kepada Allah dari fitnah Dajjal, terutama dalam salaah (sholat).

Abu Hurairah (semoga Allah meridhoi dia) berkata: “Rasulullah SAW bersabda: 'Ketika salah satu dari kalian mengatakan Tasyahhud, biarkan dia berlindung kepada Allah dari empat hal, dan katakan: “Allahumma inni a'oodhi bika min 'adhaab jahannam wa min'adhaab al-qabri wa min fitnat il-mahyaa wa'l-mamaat wa min sharri fitnat al-masih al-dajjal (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, dari siksa neraka kubur, dari cobaan hidup dan mati, dan dari kejahatan fitnah Dajjal).” [HR. Muslim, no. 924]

5 dari 5 halaman

Menghafal Surat Al Kahfi

Mengapa Kita Harus Menghafal Surat Al Kahfi ?

Salah satu alasan menghafal ayat-ayat ini adalah untuk mencari perlindungan dari fitnah Dajjal. Fitnahnya akan menjadi yang terbesar dan kita harus siap menghadapinya. Nabi Muhammad SAW memerintahkan kita untuk melafalkan ayat pembuka Surat Al Kahfi melawan Dajjal. Menurut beberapa laporan, ayat terakhir dari surah ini disebutkan. Ini berarti membaca sepuluh ayat pertama atau sepuluh ayat terakhir.

Al-Nawwaas ibn Sam'aan, di mana dikatakan: "Siapa pun di antara kamu melihatnya (Dajjal), biarkan dia membacakan kepadanya ayat-ayat pembukaan Surat al-Kahfi." [Muslim 5228]

Nabi Muhammad SAW juga bersabda: “Siapa pun yang menghafal sepuluh ayat dari awal Surat al-Kahfi akan dilindungi dari Dajjal” – yaitu, dari fitnah nya. Muslim berkata: “Syu'bah berkata, 'dari ujung al-Kahfi.' Hammaam berkata, 'dari awal al-Kahfi.'” Al-Nawawi berkata: “Alasan untuk ini adalah karena pada awal (surah ini), disebutkan keajaiban dan tanda-tanda, dan siapa pun yang merenungkannya tidak akan tertipu oleh fitnah Dajjal. Dan di akhir surah ini, Allah berfirman (penafsiran artinya): 'Maka apakah orang-orang kafir mengira bahwa mereka dapat mengambil hamba-hamba-Ku sebagai auliya' (tuan-tuan dll.) selain Aku?' (al-Kahfi 18:102).” [Syarh Shahih Muslim, 6/93]

Inilah salah satu keistimewaan Surat al-Kahfi. Ada hadits yang menganjurkan untuk membacanya, terutama pada hari Jum'at.

Tidak diragukan lagi Surat al-Kahfi memiliki makna yang besar, mengandung ayat-ayat besar, seperti kisah Ahli Gua, kisah Musa dan al-Khidr, kisah Dzulqarnain dan pembangunan bendungan untuk menahannya. Ya'jooj and Ma'jooj, bukti kebangkitan dan peniupan Terompet, dan penjelasan orang-orang yang paling tersesat amalnya, yaitu orang-orang yang mengira dirinya mendapat petunjuk padahal sebenarnya mereka sesat dan buta.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Siapa pun yang mendengar tentang Dajjal, jauhkan dia darinya, karena seseorang akan datang kepadanya dan berpikir bahwa dia mengatakan yang sebenarnya karena keajaiban yang dikirim bersamanya.” [Abu Dawud]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.