Sukses

7 Tanda-Tanda Kiamat Kubra Menurut Islam, Kemunculan Dajjal hingga Hewan Melata

Tanda-tanda kiamat kubra ini dapat dilihat dengan kehancuran alam semesta dan berbagai hal aneh akan mencul.

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda kiamat kubra sangat penting diketahui oleh setiap umat Muslim. Kiamat kubra merupakan berakhirnya seluruh kehidupan yang berada di bumi dan langit, meliputi segala ciptaan Allah SWT seperti manusia, alam, dan hewan.

Kiamat kubra dapat juga diartikan sebagai kiamat besar atau hari akhir. Tanda-tanda kiamat kubra ini dapat dilihat dengan kehancuran alam semesta dan berbagai hal aneh akan mencul. Seluruh umat Islam wajib mempercayai adanya hari kiamat, yang merupakan salah satu rukun iman. 

Tanda-tanda kiamat kubra sudah tertulis dalam surat-surat di dalam Al-Qur’an. Kiamat kubra akan dimulai dengan ditiupkannya sangkakala oleh malaikat Israfil. Kemudian, seluruh makhluk di bumi dan langit akan mati. Kejadian tersebut juga diiringi dengan hancurnya seluruh alam semesta.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tanda-tanda kiamat kubra menurut Islam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Kiamat Kubra

1. Surah Al-Mu’Min ayat 59

“Sesungguhnya hari Kiamat pasti akan datang. Tidak ada keraguan tentangnya, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.” (Q.S. Al-Mu’Min (40):59).

2. Surah Az-Zumar 68

“Sangkakala pun ditiup sehingga matilah semua (makhluk) yang (ada) di langit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian, ia ditiup sekali lagi. Seketika itu, mereka bangun (dari kuburnya dan) menunggu (keputusan Allah).” (Q.S. Al-Mu’Min (39):68).

3. Surah Ash-Shura ayat 47

“Penuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari (Kiamat) yang tidak dapat ditolak. Pada hari itu kamu tidak akan mempunyai tempat berlindung dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu).” (Q.S Ash-Shura ayat 47)

4. Surah Al Qari’ah Ayat 101

“Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang). Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.” (QS Al-Qari’ah {101}: 1-11)

3 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Kiamat Kubra

1. Kemunculan Imam Mahdi

Tanda-tanda kiamat kubra yang pertama yaitu kemunculan Imam Mahdi. Dijelaskan, kemunculan Imam Mahdi sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam diriwayatkan dalam hadis Al Hakim, di mana Rasulullah SAW bersabda:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah SWT akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

2. Kemunculan Dajjal

Tanda-tanda kiamat kubra berikutnya yaitu kemunculan Dajjal yang akan menyebarkan fitnah di muka bumi. Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada satu pun mahluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal." (HR. Muslim)

3. Kemunculan Nabi Isa AS

Nabi Isa akan memimpin dunia sebagai tanda-tanda kiamat kubra yang ditegaskan dalam Al-Qur’an. Dalam Al-Quran surat an-Nisa ayat 159, Allah SWT berfirman:

“Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.” (QS. An Nisa ayat 159).

4. Kemunculan Ya'juj dan Ma'juj

Tanda-tanda kiamat kubra adalah kemunculan ya’juj dan ma’juj. Dijelaskan, adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini tertuang dalam Al-Qur’an surat al-Kahfi ayat 94. Allah SWT berfirman:

“Mereka berkata, Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya'juj dan Ma'juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?” (QS. Al-Kahfi ayat 94)

5. Matahari terbit dari barat dan kemunculan binatang melata

Matahari akan terbit dari barat ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah. Dari Abdullah bin Amr, dia berkata, aku hafal dari Rasulullah SAW:

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi."

6. Gempa bumi yang dahsyat

Gempa di muka bumi sebagai tanda-tanda kiamat kubra ini, dijelaskan dalam Al-Qur’an surat al-Hajj ayat 1. Allah SWT berfirman:

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.” (QS. Al Hajj ayat 1)

7. Munculnya api

Tanda-tanda kiamat kubra ini diungkap dalam hadis riwayat Muslim. Bahwa kemunculan api ini akan membawa manusia menuju tempat tertentu.

"Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Kejadiaan saat Kiamat Kubra

Setelah munculnya tanda-tanda kiamat kubra di atas, akan ada serentetan kejadian setelahnya. Berikut ini penjelasannya:

1. Malaikat Israfil meniup sangkakala yang pertama

Hal ini tercantum dalam surat Al-Zumar, yang artinya:

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah." (QS. Al-Zumar/39: 68)

2. Bumi bergoncang dan isi perut bumi berhamburan keluar

Hal ini tercantum dalam surat Al-Zalzalah, yang artinya:

"Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat). Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya." (QS. Al-Zalzalah ayat 99: 1-2).

3. Manusia berterbangan dan gunung-gunung seperti bulu dihambur-hamburkan

Hal ini tercantum dalam surat Al-Qariah, yang artinya:

"Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran. Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan." (QS. Al-Qariah: 4-5).

4. Langit menjadi terbelah

Hal ini tercantum dalam surat Al-Muzzammil, yang artinya:

"Langit(pun) menjadi pecah belah pada hari itu. Adalah janji-Nya itu pasti terlaksana." (QS. Al-Muzzammil: 18).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.