Sukses

Satu Ringgit Berapa Rupiah? Kenali Mata Uang Negeri Jiran ini dan Fakta Menariknya

Satu ringgit berapa rupiah banyak dicari oleh orang-orang yang ingin berkunjung ke Negeri Jiran.

Liputan6.com, Jakarta Satu Ringgit berapa Rupiah banyak dicari oleh orang-orang yang ingin berkunjung ke Negeri Jiran. Dikutip dari laman www.google.com/finance, pada Jumat 17/2/2023, satu Ringgit Malaysia (MYR) saat ini setara dengan 3,426.8221 Rupiah Indonesia (IDR). Namun, nilai tukar antara kedua mata uang ini dapat berfluktuasi seiring dengan perubahan pasar keuangan dan kondisi ekonomi kedua negara.

Satu Ringgit berapa Rupiah juga kerap dicari para pengusaha yang menjalin kerjasama bisnis dengan pengusaha lain dari Malaysia. Sebagai mata uang negara Malaysia, Ringgit digunakan sebagai alat pembayaran resmi untuk berbagai transaksi di dalam dan luar negeri.

Sebenarnya saat ini sudah ada teknologi pembayaran non-tunai yang memudahkan orang-orang melakukan transaksi di luar negeri tanpa harus menukarkan mata uang yang dimiliki ke mata uang negara tujuan. Namun, pengetahuan tentang satu Ringgit berapa Rupiah dapat membantu memperkirakan jumlah uang yang sudah dibelanjakan. Berikut ulasan Liputan6.com tentang satu Ringgit berapa Rupiah yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (17/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satu Ringgit Berapa Rupiah?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya dari laman www.google.com/finance, satu ringgit Malaysia (MYR) saat ini setara dengan 3,426.8221 rupiah Indonesia (IDR). Google finance memang merupakan platform yang memudahkan untuk mencari nilai tukar mata uang dari berbagai negara. Namun, nilai tukar mata uang yang tertera di google finance mungkin saja memiliki selisih dengan nilai tukar yang ditetapkan bank nasional dari tiap negara.

Nilai satu ringgit berapa rupiah yang di laman resmi www.bi.go.id pada Jumat (17/2/2023) memiliki kurs jual 3.479,94 dan kurs beli 3.441,39. Dengan begitu jika ada seseorang yang ingin menukarkan mata uang rupiah ke Ringgit Malaysia, maka ia harus menukarkan 3.479,94 rupiah untuk mendapatkan 1 ringgit malaysia. Sedangkan jika sebaliknya, orang tersebut akan mendapatkan 3.441,39 jika menukarkan 1 ringgit. Hal ini berlaku jika penukaran dilakukan di Indonesia.

Penukaran mata uang dapat dilakukan di bank atau di tempat penukaran uang. Pastikan untuk memperhatikan nilai tukar saat menukarkan uang, dan hindari tempat penukaran yang tidak resmi atau tidak terpercaya. Nilai tukar antara ringgit dan rupiah terus berfluktuasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kondisi ekonomi dan politik di kedua negara. Namun, pada saat artikel ini ditulis, satu ringgit Malaysia setara dengan sekitar 3.535 rupiah Indonesia.

3 dari 4 halaman

Seperti sudah disebutkan sebelumnya dari laman www.google.com/finance, satu ringgit Malaysia (MYR) saat ini setara dengan 3,426.8221 rupiah Indonesia (IDR). Google finance memang merupakan platform yang memudahkan untuk mencari nilai tukar mata uang dari berbagai negara. Namun, nilai tukar mata uang yang tertera di google finance mungkin saja memiliki selisih dengan nilai tukar yang ditetapkan bank nasional dari tiap negara. Nilai satu ringgit berapa rupiah yang di laman resmi www.bi.go.id pada Jumat (17/2/2023) memiliki kurs jual 3.479,94 dan kurs beli 3.441,39. Dengan begitu jika ada seseorang yang ingin menukarkan mata uang rupiah ke Ringgit Malaysia, maka ia harus menukarkan 3.479,94 rupiah untuk mendapatkan 1 ringgit malaysia. Sedangkan jika sebaliknya, orang tersebut akan mendapatkan 3.441,39 jika menukarkan 1 ringgit. Hal ini berlaku jika penukaran dilakukan di Indonesia. Penukaran mata uang dapat dilakukan di bank atau di tempat penukaran uang. Pastikan untuk memperhatikan nilai tukar saat menukarkan uang, dan hindari tempat penukaran yang tidak resmi atau tidak terpercaya. Nilai tukar antara ringgit dan rupiah terus berfluktuasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kondisi ekonomi dan politik di kedua negara. Namun, pada saat artikel ini ditulis, satu ringgit Malaysia setara dengan sekitar 3.535 rupiah Indonesia.

Ringgit adalah mata uang resmi dari Malaysia, yang digunakan dalam perdagangan domestik dan internasional. Kode ISO 4217 untuk ringgit adalah MYR, dan simbol untuk ringgit adalah RM. Mata uang ini terdiri dari koin dan uang kertas yang dikeluarkan oleh Bank Negara Malaysia.

Ringgit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1967 untuk menggantikan mata uang lama yaitu dollar. Koin dan uang kertas yang dikeluarkan pada saat itu menampilkan potret Raja Malaysia, yang saat itu adalah Yang di-Pertuan Agong. Sejak itu, ringgit telah menjadi mata uang yang stabil di Asia Tenggara. Mata uang ini digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi, termasuk perdagangan internasional, pembayaran gaji, dan pembayaran tagihan di dalam negeri.

Bank Negara Malaysia bertanggung jawab atas pengeluaran mata uang ringgit. Selain itu, bank sentral ini juga mengatur kebijakan moneter dan menjaga stabilitas harga di Malaysia. Satu ringgit dibagi menjadi 100 sen, dan koin sen tersedia dalam denominasi 5, 10, 20, dan 50 sen. Uang kertas tersedia dalam denominasi 1, 5, 10, 20, 50, dan 100 ringgit.

Nilai tukar antara ringgit dan mata uang lainnya, termasuk dolar AS dan euro, dapat berfluktuasi tergantung pada perubahan pasar keuangan dan kondisi ekonomi di Malaysia dan di seluruh dunia. Namun, ringgit tetap menjadi mata uang yang penting di kawasan Asia Tenggara dan diakui sebagai salah satu mata uang utama di dunia.

4 dari 4 halaman

Satu Ringgit Berapa Rupiah: Fakta Menarik

1. Hingga 1837, Rupee menjadi mata uang di Malaysia hingga 1837. Kemudian digantikan oleh meta uang Dolar dan akhirnya ringgit ditetapkan sebagai mata uang resmi Malaysia.

2. Tanggal 12 Juni 1967 menandai lahirnya Ringgit sebagai mata uang resmi negara tersebut. Bank Negara Malaysia sebagai otoritas keuangan menetapkan hal tersebut, 10 tahun sejak merdeka dari Inggris.

3. Kata “Ringgit” sendiri bukan asli dari Bahasa Melayu, melainkan Bahasa Spanyol yang merujuk pada bentuk koin yang mempunyai gerigi di sampingnya. 

4.Terdapat koin khusus dari emas bernilai RM50, RM100, dan RM200.

5. Lembaran uang Ringgit memuat tulisan Arab.

6. Pecahan kertas terdiri dari RM50, RM10, RM20, RM5, dan RM2.5. Pecahan koin terdiri dari 1 sen, 5 sen, 10 sen, 20 sen, dan 50 sen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.