Sukses

Waiyyaki artinya dalam Bahasa Arab, Kenali Bedanya dengan Waiyyaka dan Waiyyakum

Waiyyaki artinya juga berkaitan dengan waiyyaka dan waiyyakum.

Liputan6.com, Jakarta Waiyyaki artinya mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Ungkapan ini biasanya digunakan dalam percakapan bahasa Arab. Penggunaan istilah ini cukup sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, terutama tentunya ketika menggunakan bahasa Arab.

Waiyyaki merupakan ungkapan yang tentunya sudah tidak asing bagi seorang muslim. Pasalnya, ungkapan ini adalah salah satu kata bahasa Arab yang sudah cukup lumrah digunakan di Indonesia, terutama bagi orang-orang yang mendalami bahasa Arab.

Waiyyaki artinya juga berkaitan dengan waiyyaka dan waiyyakum. Ketiganya merupakan ungkapan yang biasa digunakan saat menjawab atau membalas ucapan jazakumullah khairan. Namun, penggunaan ungkapan waiyyaki tidak hanya terbatas untuk membalas kalimat jazakumullah khairan saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/2/2023) tentang waiyyaki artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waiyyaki Artinya

Waiyyaki artinya dalam bahasa Arab perlu dipahami oleh setiap muslim. Pasalnya, ungkapan ini merupakan jawaban dari ungkapan jazakumullah khairan. Jazakumullah khairan adalah ungkapan rasa terima kasih dalam bahasa Arab. Di mana jazakumullah khairan sendiri memiliki arti semoga Allah membalas kebaikan kalian.

Waiyyaki artinya dan kebaikan untukmu juga, digunakan untuk perempuan. Maksudnya, waiyyaki artinya kalimat yang diucapkan ketika kamu ingin membalas kalimat jazakumullah khairan dari seorang perempuan. Waiyyaki artinya sama saja dengan waiyyaka ataupun waiyyakum, namun digunakan pada waktu atau kepada orang yang berbeda.

Waiyyaki artinya diucapkan untuk perempuan, sedangkan waiyyaka artinya kebaikan untukmu juga, tapi untuk laki-laki. Sementara itu, waiyyakum artinya kebaikan untukmu juga yang diucapkan kepada orang banyak.

3 dari 4 halaman

Anjuran Mengucapkan Terima Kasih dalam Al-Quran dan Hadis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, waiyyaki artinya adalah kebaikan untukmu juga. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan mengucapkan terima kasih, dimana waiyyaki artinya adalah jawaban dari ucapan terima kasih tersebut. Anjuran untuk mengucapkan terima kasih dan doanya diungkapkan dalam Al Qur'an dan hadis.

Ungkapan rasa syukur telah dijelaskan dalam QS.Ibrahim ayat 7 dengan arti sebagai berikut:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhan kalian memberitahukan, "Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian, dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," (QS. Ibrahim: 7).

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang telah mendapatkan kebaikan dari seseorang, lalu ia berkata kepada pelaku kebaikan tersebut, “Jazaakallahu khairan”, berarti ia telah sampai pada derajat memujinya (telah berterima kasih kepadanya dengan memujinya).” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban, dinilai shahih oleh Al-Albani).

4 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Arab

Waiyyaki artinya adalah ungkapan untuk membalas ucapan terima kasih. Kamu tentunya perlu mengenali beberapa ungkapan terima kasih dalam bahasa Arab. Ada beberapa cuapan terima kasih yang biasa digunakan dalam bahasa Arab, yaitu Jazakumullah khairan, barakallah, tabarakallah, dan masyaallah. Berikut penjelasannya:

Jazakumullah Khairan

Jazakumullah khairan terdiri dari dua kata yakni jazakumullah dan khair. Jazakumullah adalah istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan rasa terima kasih. Jazakumullah artinya "semoga Allah membalas kalian". Sementara khair atau khairan berarti kebaikan. Jadi, arti jazakumullah khairan adalah "semoga Allah membalas kebaikan kalian".

Jazakumullah khairan merupakan ungkapan terimakasih kepada orang yang berbuat baik, termasuk juga bentuk syukur kepada Allah SWT. Tak hanya sekadar berterima kasih, di dalam kalimat ini terselip doa yang baik. Jika berterima kasih kepada seorang laki-laki pengucapannya Jazakallah Khairan, jika pada perempuan Jazakillah Khairan, dan kepada banyak orang Jazakumullah Khairan.

Barakallah

Barakallah berasal dari Bahasa Arab yakni “ Baaraka" dan “ Allah" . Kata “ Baaraka” memiliki arti berkah, sehingga ucapan Barakallah memiliki makna sebagai ucapan atau doa yang berarti Semoga Allah memberkahi.

Ucapan Barakallah biasanya diiringi dengan tambahan “ fiika" (untuk laki-laki), “ fiiki" (untuk perempuan) “ fiikum" (untuk kalian, atau bermakna banyak orang laki-laki dan perempuan) dan " lakum" (untuk orang yang berkomunikasi langsung kepada kita). Keutamaan mengucapkan kalimat Barakallah untuk mendoakan keberkahan kepada orang yang kita temui atas segala nikmat yang diterima atau dimiliki.

Tabarakallah

Secara harafiah arti tabarakallah adalah "semoga Allah memberkahimu". Arti Tabarakallah juga merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Di dalam Al-Qur’an, arti Tabarakallah berarti Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Ibnu Katsier menafsirkannya sesuai arti sebenarnya. Sementara Kementerian Agama Arab Saudi menafsirkan sebagai berkah yang banyak dan luas.

Masyaallah

Secara harafiah, arti masyaAllah adalah ‘apa yang dikehendaki oleh Allah, maka hal itulah yang terjadi’. Istilah ini biasanya diucapkan ketika seorang muslim mengetahui sesuatu hal yang menakjubkan. Hal ini dapat berarti pula bahwa arti Masyaallah adalah bentuk pujian dan doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Rasa ketertarikan tersebut kemudian dapat memunculkan rasa kekaguman berlebih terhadap segala ciptaan Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.