Sukses

Viral Gereja Sediakan Ruang Ibadah dan Istirahat Jamaah Peringatan 1 Abad NU, Indahnya Toleransi

Dalam rangka peringatan 1 abad NU, Gereja-gereja di Sidoarjo dijadikan sebagai tempat istirahat dan ibadah jamaah muslim.

Liputan6.com, Jakarta Puncak peringatan 1 abad NU (Nahdlatul Ulama) digelar di Sidoarjo tepatnya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa (7/2/2023). Merupakan organisasi Islam terbesar di dunia, peringatan 1 abad atau 100 tahun NU ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dan ulama.

Peringatan tersebut juga dihadiri ribuah jamaah dari berbagai daerah Tanah Air. Menanti sejak sore, para jamaah yang hadir semangat ikuti rangkaian acara peringatan 1 abad NU di Sidoarjo hingga akhir acara.

Lantaran jamaah Nahdlatul Ulama membludak, masjid hingga musholla tidak cukup jika harus menampung ribuan jamaah yang hendak beribadah. Gereja-gereja di Sidoarjo pun menyediakan tempat untuk para jamaah istirahat dan beribadah.

Momen jamaah muslim sholat di Gereja di Sidoajo ini pun viral di media sosial. Bukan kali pertama, momen saling menghormati antar umat beragama ini sering ramai dan jadi perhatian publik.

Berikut Liputan6.com melansir dari laman Twitter @Midjan_La_2 momen viral jamaah muslim sholat di Gereja Sidoarjo saat peringatan 1 abad NU, Rabu (8/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gereja di Sidoarjo Jadi Tempat Ibadah Jamaah Muslim

Jamaah datang dari seluruh penjuru negeri, Gereja-gereja di Sidoarjo dijadikan sebagai tempat istirahat sekaligus ibadah jamaah muslim. Ruangan dalam Gereja ditata sedemikan rupa agar jamaah muslim nyaman ketika beribadah.

Terlihat dalam video singkat yang diunggah oleh @Midjan_La_2, kursi-kursi di dalam gereja diatur dengan rapi, karpet digelar dan dibikin sekat pemisah antara jamaah laki-laki dan perempuan.

“Hampir semua gereja² di kota Sidoarjo menerima para jamaah² (peserta 1 abad NU) yg datang dari luar kota untuk istirahat dan ibadah.” Tulis pemilik akun @Midjan_La_2 dalam keterangan unggahannya (7/2/2023).

3 dari 4 halaman

Masjid Penuh

Diungkapkan oleh salah satu netizen bahwa hampir semua masjid dan musholla di dekat Stadion Delta Sidoarjo penuh dengan jamaah. Jika harus mencari masjid lainya yang jaduh dari stadion tentunya tidak memungkinkan karena jamaah capai ribuan.

“Hampir semua masjid dan mushola dalam radius kurleb 3 KM dari Stadion Delta penuh oleh saudara2 NU dari berbagai wilayah.” Tulis @Sinyoo313.

“Kalo mesti di Masjid ntar keburu abis waktu sholatnya, antri panjang saking banyaknya orang. Lagian yang penting memenuhi syarat sah dan wajibnya sholat ya sah saja walau sholat di gereja.” Tambah @nuryana_p menjawab pertanyaan netizen soal kenapa tidak sholat di masjid.

4 dari 4 halaman

GKI Sidoarjo Turut Berpartisipasi

Diketahui, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sidoarjo memang turut berpartisipasi dalam peringatan 100 tahun atau 1 abad NU. Para jemaat secara swadaya memasang sembilan bendera NU dan empat bendera merah putih di depan gedung gereja.

Pendeta GKI Sidoarjo Leonard Andrew Immanuel, mengatakan jika pihaknya membuka posko untuk singgah para jamaah NU yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air.

"Kami juga membuka tempat istirahat. Para jamaah ini akan mendapat makan dan minum, juga fasilitas toilet serta Wifi secara gratis," ucap Pendeta Leonard, Senin (6/2/2023).

Tidak hanya tempat istirahat dan ibadah, GKI Sidoarjo juga akan menyediakan atau membuka layar untuk nonton bareng acara Puncak Resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo.

"Bila panita satu Abad NU menyediakan live streaming, kami juga akan membuka layar, agar para jamaah yang tidak dapat mendekat ke lokasi bisa tetap mengikuti acara 1 abad NU ini," ucap Pendeta Leonard.

GKI Sidoarjo terletak di Jalan Trunojoyo Nomor 39, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo. Jaraknya sekitar 2,6 kilometer dalam waktu tempuh kira-kira 7 menit dari/menuju Stadion Gelora Delta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.