Sukses

Cara Menggunakan Sumpit yang Baik, Ketahui Tata Kramanya

Sebetulnya cara menggunakan sumpit sangat mudah, namun memang perlu latihan dan pembiasaan.

Liputan6.com, Jakarta Sumpit adalah alat makan berbentuk stik panjang yang biasanya terbuat dari bambu, kayu, atau logam. Makan menggunakan sumpit telah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun temurun di negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea dan China. Anak-anak di negara-negara ini telah diajarkan cara menggunakan sumpit dengan benar sejak belia. Sebab, kemampuan menggunakan sumpit menjadi tolok ukur kesopanan seseorang.

Sumpit digunakan untuk memasukkan makanan ke dalam mulut tanpa menyentuh makanan dengan tangan. Cara menggunakan sumpit juga dapat digunakan sebagai alat masak. Sumpit biasanya memiliki satu ujung yang runcing untuk mempermudah memasukkan makanan dan satu ujung yang lebar untuk mempermudah memegang sumpit. 

Cara menggunakan sumpit harus dikuasai sebelum mendatangi jamuan makan bertemakan oriental. Hal ini bertujuan menunjukan rasa hormat pada para staf di dpr dan tuan rumah. Berikut cara menggunakan sumpit yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Sumpit: Jenis

Sebelum mengetahui cara menggunakan sumpit lebih jauh, ada baiknya mengenal jenis-jenis sumpit berdasarkan asalnya. Jepang, Cina, dan Korea memiliki bentuk sumpit yang berbeda. Sumpit Jepang biasanya dibuat dari kayu atau bambu dengan bentuk ujung yang runcing. Bentuk sumpit ini berguna untuk memisahkan tulang ikan yang banyak digunakan pada hidangan jepang.

Sumpit Cina memiliki ukuran yang paling panjang diantara sumpit-sumpit lain. Hal ini berhubungan dengan tradisi makan masyarakat tiongkok yang biasanya makan dengan berbagai macam lauk yang dihidangkan di tengah meja. Ukuran sumpit yang panjang akan memudahkan saat mengambil makanan yang ada di tengah meja

Sumpit Korea memiliki ciri khas terbuat dari logam. Pada zaman dahulu sumpit terbuat dari logam perak digunakan keluarga kerajaan dan bangsawan untuk mendeteksi adanya racun dalam makanan. Saat ini sumpit Korea terbuat bahan stainles steel dan digunakan secara umum.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Sumpit

Meski sumpit merupakan alat makan yang sangat lazim ditemui di berbagai tempat, masih banyak orang yang kesulitan menggunakannya. Sebetulnya cara menggunakan sumpit  sangat mudah, namun memang perlu latihan dan pembiasaan. Berikut cara menggunakan sumpit beserta tipsnya

1. Ambil salah satu sumpit lalu letakkan di antara telunjuk dan ibu jari. Gunakan jari manis sebagai penyeimbang. Sumpit ini akan berada di posisi yang tetap saat digunakan atau tidak bergerak.

2. Pegang sumpit kedua dengan telunjuk, ibu jari, dan jari tengah. Posisi tangan seperti memegang pensil ketika menulis. Sumpit kedua ini lah yang akan bergerak.

3. Setelah berhasil memegang sumpit, kini saatnya menyantap makanan telah dihidangkan.

4. Ingat ya, bagian yang bergerak adalah yang atas saja. Sumpit yang terletak di bagian bawah ditahan ibu jari dan jari manis, tidak perlu bergerak.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Sumpit: Tata Krama

Makan menggunakan sumpit merupakan tradisi yang sangat dijaga oleh masyarakat Asia Timur. Ada beberapa tata krama yang sebaiknya tidak dilanggar saat menggunakan sumpit. Berikut tata krama saat ,menggunakan sumpit.

- Beberapa orang mungkin menggunakan sumpit buat menusuk makanan supaya lebih mudah diambil, terutama yang bentuknya bulat seperti bakso. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Apabila ingin menusuk makanan, gunakan garpu saja yang memang fungsinya untuk mengambil makanan dengan cara ditusuk.

- Hal lain yang dianggap tabu bagi masyarakat Asia Timur adalah menancapkan sumpit ke nasi secara tegak lurus. Bentuk sumpit yang ditancapkan ke nasi akan menyerupai hio atau dupa, hal ini dapat menjadi simbol kematian atau kesialan.

- Hindari memperlakukan sumpit seperti stik drum dengan memukulkan ke alat makan lain seperti gelas, piring, mangkuk, dan sebagainya.

- Jangan menggenggam sumpit atau memegang dalam berbentuk huruf X. ini menjadi simbol kesialan.

- Jangan menjilat bagian ujung sumpit jika nggak ada makanan yang lagi dijepit atau sisa makanan yang menempel di ujungnya.

- Jika ada satu hidangan untuk dinikmati bersama, hindari menggunakan sumpit yang digunakan makan untuk mengambil makanan. Hal ini dianggap sebagai sesuatu yang menjijikan.

- Jika ingin memberikan makanan ke orang lain, sebaiknya letakkan makanan tersebut  di mangkuk atau piring. Estafet menggunakan sumpit bukan lah hal yang sopan untuk dilakukan, selain itu ada risiko makanan terjatuh dan membuatnya mubazir karena harus dibuang.

- Saat makan bersama teman-teman, Kamu mungkin akan memberikan sedikit makanan yang kamu pesan kepada teman untuk dicoba. Jika memang ingin melakukannya, jangan memakai sumpit buat estafet ya. Konon, hal ini hanya dilakukan di acara pemakaman buat memindahkan tulang belulang orang yang udah meninggal.

- Secara tidak sengaja, beberapa orang mungkin pernah menggunakan sumpit untuk menunjuk atau melambai. Perbuatan ini dianggap tidak sopan bagi orang Jepang.

- Hindari menggunakan sumpit untuk mengaduk-aduk dan mencari isi sup. Hal ini dianggap nggak sopan buat sebagian orang karena memilih-milih makanan.

- Setelah selesai makan, jangan meletakkan sumpit di atas mangkuk atau piring. Letakkan sumpit di tatakannya atau di bagian ujung nampan.

- Sumpit tidak boleh digunakan buat menggeser mangkuk dan alat-alat makan lainnya. Buat mengambil alat makan lainnya, gunakan tangan agar lebih sopan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.