Sukses

Yaumul Milad Artinya dalam Bahasa Indonesia dan Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Yaumul milad menjadi ungkapan ucapan selamat ulang tahun yang islami dari bahasa Arab.

Liputan6.com, Jakarta Yaumul milad artinya perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, ungkapan ini sudah cukup sering digunakan di Indonesia. Seperti yang diketahui, ungkapan ini merupakan serapan dari bahasa Arab yang kerap digunakan saat seseorang berulang tahun.

Yaumul milad artinya selamat hari kelahiran. Ungkapan ini tentunya biasa digunakan untuk mengucapkan selamat saat seseorang berulang tahun. Bagi seorang muslim, ungkapan ini mungkin sudah tidak asing lagi.

Yaumul milad menjadi ungkapan ucapan selamat ulang tahun yang islami dari bahasa Arab. Namun, kata milad sekarang ini sudah menjadi kata serapan dalam bahasa Indonesia. Dalam KBBI, milad artinya waktu kelahiran atau hari kelahiran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023) tentang yaumul milad artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yaumul Milad Artinya

Yaumul milad artinya berasal dari dua kata bahasa Arab, yaitu Yaumul atau yaum dan milad. Yaumul atau yaum berarti hari, dan milad artinya kelahiran. Jadi, yaumul milad artinya selamat hari kelahiran. Yaumul milad artinya merujuk pada ucapan selamat ulang tahun kepada seseorang.

Kata yaumul milad biasanya muncul sebagai ucapan selamat ulang tahun yang islami, karena menggunakan bahasa Arab. Selain itu, ungkapa yaumul milad artinya selamat ulang tahun ini biasanya diikuti dengan kalimat lainnya, yaitu "barakallah fii umrik" atau "barakallah fiikum". Sehingga, sederhananya ucapan selamat ulang tahun "yaumul milad barakallah fii umrik" artinya yaitu selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas umurmu.

Barakallah

Barakallah berasal dari Bahasa Arab yakni “Baaraka" dan “Allah". Kata “Baaraka” memiliki arti berkah, sehingga ucapan Barakallah memiliki makna sebagai ucapan atau doa yang berarti Semoga Allah memberkahi. Ucapan Barakallah biasanya diiringi dengan tambahan “fiika" (untuk laki-laki), “fiiki" (untuk perempuan) “fiikum" (untuk kalian, atau bermakna banyak orang laki-laki dan perempuan) dan "lakum" (untuk orang yang berkomunikasi langsung kepada kamu).

Keutamaan mengucapkan kalimat Barakallah adalah untuk mendoakan keberkahan kepada orang yang kamu temui atas segala nikmat yang diterima atau dimiliki. Yaumul milad artinya selamat hari kelahiran tentu makin lengkap ditambahkan dengan barakallah fiikum.

Jawaban yang pas ketika mendapat ucapan selamat ulang tahun adalah “Jazakallahu khairan” yang artinya “Semoga Allah membalas kebaikanmu.” Ucapan yaumul milad artinya adalah ungkapan yang semata wujud terima kasih dan doa kepada Allah SWT.

3 dari 4 halaman

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun dalam Islam

Yaumul milad artinya selamat ulang tahun, oleh karena itu kamu juga perlu memahami hukum mengucapkan selamat milad kepada orang lain dalam Islam. Hukum mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang lain dalam Islam adalah mubah, yaitu perbuatan yang condong dianjurkan tetapi tidak ada jaminan pahala.

Dimubahkannya hukum memberi ucapan milad adalah dengan catatan tidak ada perbuatan munkar seperti menyalakan lilin, campur baur antara laki-laki dan perempuan, permainan musik, memasang gambar, patung, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Yaumul milad artinya adalah selamat hari kelahiran. Berikut beberapa kata-kata selamat ulang tahun Islami:

1. "Barakallahu fii umrik, anakku sayang. Semoga Allah memberikanmu umur yang panjang dan keberkahan dalam hidupmu. Serta diberikan rizki yang berkah dan hati yang selalu bersyukur, dan semoga kelak menjadi anak yang soleh."

2. "Happy Milad, Sahabatku. Semoga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bertakwa lagi dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti."

3. "Selamat ulang tahun, semoga selalu diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia di dunia dan akhirat."

4. "Selamat ulang tahun istriku. Terima kasih sudah mau mendampingi suamimu yang masih berproses ini. Semoga engkau bisa selalu menjadi istri serta ibu terbaik bagi keluarga kecil kita. Sama-sama belajar terus untuk sakinah ya, sayang."

5. "Istriku, ibu dari anak-anakku, selamat ulang tahun ya. Semoga jatah usia di dunia yang semakin berkurang ini dapat membuat kita menjalani kehidupan dengan baik dan membesarkan anak-anak dalam lindungan Allah SWT. Semoga apa yang kamu impikan dan cita-citakan dapat terwujud. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat untukmu. Aamiin."

6. "Barakallah fii umrik suamiku, semoga makin bertambah dewasa dan bertambah ketakwaan kepada Allah SWT. Semoga kita diberikan keberkahan dalam menjalani rumah tangga ini ya, Aamiin."

7. "Barakallahu fii umrik ukhti (saudara perempuan). Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn."

8. "Miladuki sa'idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya, semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga. Amin."

9. "Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

10. "Happy milad! Semoga barokah sepanjang hayat, makin belajar, makin bermanfaat untuk orang lain.”

11. "Usiamu bertambah dan keberkahanmu pun akan bertambah. Happy milad, Sobat. Barakallah fii umrik ya."

12. "Barakallah fii umrik ya, Sahabatku. Semoga engkau selalu dalam keberkahan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.