Sukses

7 Gejala Infeksi Norovirus yang Sering Disepelekan, Pahami Penularan dan Pencegahannya

Liputan6.com, Jakarta Perubahan cuaca yang tidak menentu membuat imun pada tubuh mudah menurun sehingga sangat mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya infeksi norovirus. Penyakit ini dapat membuat penderitanya muntah dan diare parah.

Gejala infeksi norovirus yang paling umum terjadi yakni sakit perut, diare, hingga muntah. Penyakit ini menyerang siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa bahkan lansia. Infeksi norovirus termasuk dalam penyakit yang mudah menyebar apabila berkontak langsung dengan penderita.

Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu ditambah banyaknya wilayah di Indonesia yang banjir membuat norovirus dapat berkembang dengan baik. Melansir dari Mayo Clinic, Norovirus dapat bertahan di permukaan dan benda selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai gejala infeksi norovirus beserta cara penularan dan cara mencegahnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Infeksi Norovirus

Infeksi norovirus disebabkan oleh norovirus yang dapat membuat penderitanya mengalami muntah dan diare parah secara tiba-tiba. Biasanya infeksi norovirus akan menimbulkan gejala muntah dan diare mulai 12 hingga 48 jam setelah terpapar norovirus.

Gejala infeksi norovirus biasanya berlangsung 1 hingga 3 hari. Kebanyakan orang sembuh total tanpa pengobatan. Namun, bagi sebagian orang - terutama anak kecil, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan kondisi medis lainnya, muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi parah dan memerlukan perhatian medis. Penyakit ini paling sering terjadi di lingkungan tertutup dan padat.

Penyakit infeksi norovirus termasuk penyakit yang mudah menular, terutama yang mengalami kontak langsung dengan penderita. Penyakit ini mudah ditemui dalam kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini. Beberapa orang bahkan menyebut bahwa penyakit infeksi norovirus sebagai flu perut atau muntaber.

3 dari 5 halaman

Gejala yang Ditimbulkan Infeksi Norovirus

Tanda dan gejala infeksi norovirus dapat dimulai secara tiba-tiba dan meliputi:

1. Mual

2. Muntah

3. Sakit perut atau kram

4. Diare encer atau encer

5. Merasa sakit

6. Demam ringan

7. Nyeri otot

Tanda dan gejala infeksi norovirus biasanya dimulai 12 hingga 48 jam setelah paparan pertama dan berlangsung selama 1 hingga 3 hari. Anda dapat terus mengeluarkan virus di tinja Anda selama beberapa minggu setelah pemulihan. Gejala ini dapat berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan jika Anda memiliki kondisi medis lain. Beberapa orang dengan infeksi norovirus mungkin tidak menunjukkan tanda atau gejala yang signifikan. Meski begitu, mereka masih menular dan dapat menyebarkan virus ke orang lain.

4 dari 5 halaman

Cara Penularan dari Infeksi Norovirus

Dikutip dari Mayo Clinic, infeksi norovirus ini sangat menular. Virus ditumpahkan dalam tinja dan muntahan. Anda dapat menyebarkan virus sejak pertama kali mengalami gejala penyakit hingga beberapa hari setelah Anda sembuh. Norovirus dapat bertahan di permukaan dan benda selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Cara penularan infeksi norovirus adalah sebagai berikut:

1. Makan makanan yang terkontaminasi

2. Minum air yang terkontaminasi

3. Menyentuh tangan ke mulut setelah tangan bersentuhan dengan permukaan atau benda yang terkontaminasi

4. Berada dalam kontak dekat dengan orang yang memiliki infeksi norovirus

Perlu diketahui bahwa norovirus sulit dibunuh karena tahan terhadap suhu panas dan dingin serta banyak disinfektan. Penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, meski begitu apabila tubuh semakin dehidrasi dan lemah perlu adanya perawatan dari tenaga medis. 

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Infeksi Norovirus

Mengutip dari laman Mayo Clinic, adapun cara untuk mencegah infeksi norovirus adalah sebagai berikut:

1. Cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air selama minimal 20 detik, terutama setelah menggunakan toilet atau mengganti popok dan sebelum menyiapkan makanan dan makan maupun minum. Pembersih tangan berbahan dasar alkohol tidak seefektif melawan norovirus seperti menggunakan sabun dan air.

2. Hindari makanan dan air yang terkontaminasi, termasuk makanan yang mungkin disiapkan oleh seseorang yang sedang sakit.

3. Cuci buah dan sayuran sebelum dimakan.

4. Masak makanan laut sampai matang.

5. Disinfeksi permukaan yang mungkin telah terkontaminasi. Kenakan sarung tangan dan gunakan larutan pemutih klorin atau disinfektan yang efektif melawan norovirus.

6. Berhati-hatilah saat bepergian. Jika Anda bepergian ke daerah dengan risiko tinggi infeksi norovirus, pertimbangkan untuk hanya makan makanan yang dimasak, hanya minum minuman panas atau berkarbonasi, dan hindari makanan yang dijual oleh pedagang kaki lima.

Untuk membantu mencegah penyebaran infeksi norovirus terhadap orang lain, selama sakit dan selama 2 hingga 3 hari setelah gejala Anda berakhir. Berikut ini cara anda mencegah penyebaran norovirus dari tubuh anda ke orang-orang terkasih, yakni:

1. Hindari kontak dengan orang lain sebanyak mungkin.

2. Cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air.

3. Mengisolasi diri dari keluarga maupun anak-anak.

4. Hindari memegang makanan dan barang-barang yang akan digunakan oleh orang lain. Disinfeksi permukaan yang terkontaminasi dengan disinfektan yang efektif melawan norovirus.

5. Buang muntahan dan tinja dengan hati-hati. Kenakan sarung tangan sekali pakai, rendam bahan dengan handuk sekali pakai. Masukkan barang-barang kotor ke dalam kantong plastik dan tempatkan di tempat sampah. Lepas dan cuci pakaian dan linen yang mungkin terkontaminasi.

6. Hindari bepergian hingga 2 hingga 3 hari setelah gejala Anda hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.