Sukses

4 Cara Membuat Tempat Pensil yang Mudah, Botol Bekas, Kardus, Hingga Kain Flanel

Cara membuat tempat pensil sangat mudah, hanya perlu memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Tempat pensil adalah alat atau wadah untuk menyimpan pensil, pulpen, atau alat tulis lainnya. Cara membuat tempat pensil umumnya menggunakan bahan bekas seperti plastik, kertas, kain, atau bahan lainnya dan dapat memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Tempat pensil berguna untuk menjaga pensil, pulpen, dan alat tulis lainnya tetap rapi dan teratur serta mudah ditemukan.

Tempat pensil juga dapat digunakan untuk memperindah tampilan meja kerja atau meja belajar. Banyak tempat pensil yang memiliki desain yang unik dan menarik, sehingga dapat menambah estetika meja. Cara membuat tempat pensil bisa menggunakan bahan yang mudah diperoleh, serta dapat dibuat sendiri menjadi aktivitas hobi atau proyek DIY (Do It Yourself). Selain itu, ada juga tempat pensil yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pembuangan sampah atau pemotong pensil.

Tempat pensil memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Oleh karena itu memiliki tempat pensil yang baik dan berkualitas, sangat penting bagi setiap orang yang membutuhkan alat tulis dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara membuat tempat pensil dengan barang bekas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Ritsleting

Cara membuat tempat pensil dari botol bekas dan ritsleting sangat mudah Anda lakukan, dengan melihat tahapa-tahapan di bawah ini: 

Persiapkan bahan

- Botol bekas dari plastik dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

- Ritsleting dengan panjang setidaknya sama dengan panjang botol

- Gunting plastik atau pisau

- Lem atau perekat

1. Langkah pertama, gunakan gunting plastik atau pisau untuk memotong bagian atas dan bawah botol bekas sehingga menjadi sebuah tabung dengan ukuran yang diinginkan.

2. Pastikan potongan botol bekas rata dan tidak bergerigi, lalu letakkan ritsleting di sekitar bagian tengah botol bekas.

3. Gunakan lem atau perekat untuk menempelkan ritsleting pada bagian dalam botol, namun pastikan ritsleting terpasang dengan kuat dan rata.

4. Selanjutnya oleskan lem atau perekat pada bagian luar botol dan bagian dalam ritsleting, kemudian rapatkan botol dan ritsleting dan biarkan kering selama beberapa menit

5. Setelah lem atau perekat kering, tempat pensil siap digunakan. Letakkan pensil, pulpen, atau alat tulis lainnya ke dalam ritsleting.

6. Anda juga dapat menambahkan detail seperti warna atau gambar untuk menambah kesan menarik. Semoga bermanfaat!

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kardus Sepatu

Cara membuat tempat pensil dari kardus sepatu cukup mudah dan bisa Anda lakukan di rumah, berikut ini langkah-langkahnya: 

Persiapkan bahan

- Kardus bekas sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

- Gunting plastik atau pisau

- Lem atau perekat

1. Langkah pertama, gunakan gunting plastik atau pisau untuk memotong kardus sepatu menjadi segi empat dengan ukuran yang diinginkan.

2. Pastikan potongan kardus rata dan tidak bergerigi, lalu lipat kardus sehingga membentuk dua sisi bersebrangan seperti buku.

3. Pastikan lipatan kardus rata dan rapat, lalu oleskan lem atau perekat pada bagian luar kardus yang bersebrangan.

4. Rapatkan kedua sisi kardus dan biarkan kering selama beberapa menit, setelah lem atau perekat kering maka tempat pensil siap digunakan.

5. Letakkan pensil, pulpen, atau alat tulis lainnya ke dalam tempat pensil. Anda juga dapat menambahkan detail seperti warna atau gambar untuk menambah kesan menarik. 

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas

Cara membuat tempat pensil dari botol bekas sangat mudah untuk dilakukan, berikut ini langkah-langkah dan tahapannya: 

Persiapkan bahan

- Botol bekas plastik atau kaca dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

- Gunting plastik atau pisau

- Lem atau perekat 

- Warna cat atau spidol untuk mempercantik tampilan

- Stiker atau washi tape untuk memperindah tampilan

- Alat perforasi (misalnya jarum perforasi) untuk membuat lubang pada bagian bawah tempat pensil sebagai pembuangan sampah.

1. Langkah pertama adalah potong botol menggunakan gunting plastik, atau pisau untuk memotong bagian atas botol bekas.

2. Pastikan potongan botol rata dan tidak bergerigi, lalu untuk ukuran potongan botol bebas sesuai dengan keinginan.

3. Lipat potongan botol yang sudah dipotong sehingga membentuk dua sisi bersebrangan, lalu pastikan lipatan botol rata dan rapat.

4. Oleskan lem atau perekat pada bagian luar potongan botol yang bersebrangan, kemudian rapatkan kedua sisi potongan botol dan biarkan kering selama beberapa menit.

5. Setelah lem atau perekat kering, tempat pensil siap digunakan.Letakkan pensil, pulpen, atau alat tulis lainnya ke dalam tempat pensil. Anda juga dapat menambahkan detail seperti warna atau gambar untuk menambah kesan menarik.

6. Cat botol bekas dengan warna yang disukai atau beri sticker atau washi tape untuk memperindah tampilan, kemudian gunakan alat perforasi untuk membuat lubang pada bagian bawah tempat pensil sebagai pembuangan sampah.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mengikuti beberapa tahap di bawah ini. 

Persiapkan bahan

- Kain flanel dengan ukuran sesuai kebutuhan

- Gunting

- Jahit tangan atau mesin jahit

- Benang jahit

- Lembar kertas atau kertas ukur untuk membuat pola.

1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah buat pola, dengan menggunakan lembar kertas atau kertas ukur untuk membuat pola tempat pensil.

2. Pola dapat dibuat dengan ukuran dan bentuk sesuai keinginan. Selanjutnya potong kain flanel sesuai dengan pola yang sudah dibuat.

3. Langkah selanjutya, letakkan dua lembar kain flanel yang saling bersebrangan, lalu jahit bagian tepi kain dengan jarak sekitar 1 cm dari tepi.

4. Jahit pada tiga sisi kain, kecuali satu sisi yang akan menjadi bagian masuk. Selanjutnya lipat kain menjadi seperti tempat pensil, dan rekatkan ujung sisi yang belum jahit.

5. Lipat sisi yang belum jahit seperti kantong dan jahit bagian tepi, dan setelah jahit maka tempat pensil siap digunakan.

6. Letakkan pensil, pulpen, atau alat tulis lainnya ke dalam tempat pensil. Semoga bermanfaat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini