Sukses

Contoh Gambar Kaligrafi Mudah dan Cara Membuatnya, Gampang Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Contoh gambar kaligrafi mudah ada beragam, bagi anda sebagai pemula hal ini penting untuk diketahui. Kaligrafi merupakan seni menulis indah dengan pena sebagai hiasan. Karya seni ini menggunakan bahasa Arab sebagai objek gambarnya.

Gambar kaligrafi mudah sering kali berbentuk masjid, tulisan Arab, maupun kontemporer. Semua gambar kaligrafi mudah tidak untuk dibaca, melainkan sebagai hiasan dinding atau sebagai pengingat kepada Allah SWT.

Semua gambar kaligrafi mudah memiliki ciri khas bentuk dan pola yang indah, hal ini sebagai pesona tersendiri bagi kaligrafi. Bagi anda yang ingin membuat kaligrafi, bisa mengikuti tahapan-tahapan ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh kaligrafi mudah dan cara membuatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Contoh Kaligrafi yang Mudah Dibuat

Adapun beberapa contoh gambar kaligrafi yang mudah dibuat adalah sebagai berikut:

1. Kaligrafi Islam

Di dalam seni rupa Islam, tulisan dengan bahasa Arab sering kali dibuat kaligrafi. Biasanya isinya mengandung berbagai tulisan dari ayat-ayat suci Al-Quran, mulai dari bismillah, Allah, Muhammad, Alhamdulillah, Asmaul Husna, Assalamualaikum, ayat kursi, hingga Subhannallah. Semua gambar kaligrafi Islam ini kerap kita jumpai dengan media kertas maupun logam.

2. Kaligrafi Masjid

Selain istana, penerapan kaligrafi juga kerap kita jumpai dalam bentuk kaligrafi indah yang terdapat dalam masjid. Sehingga penerapan kaligrafi pada media masjid ini sering kali disebut sebagai kaligrafi masjid. Pada umumnya gambar kaligrafi masjid bertuliskan ayat Al-Qur'an, lafadz Allah, Lafadz Muhammad, dan masih banyak yang lainnya.

Penulisan kaligrafi dalam masjid tersebut kerap dilengkapi dengan berbagai assesoris pemanis berupa ornamen khas yang bernuansa Arab, ornamen bernuansa etnik, ornamen geometris dengan sentuhan warna warni nan indah. Kini. kaligrafi masjid dimasa modern ini, mulai diwujudkan dalam bentuk dan bahan yang kian beraneka ragam. Sehingga menambah keindahan dan nuansa Islami dalam masjid.

3. Kaligrafi Islam Kontemporer

Kaligrafi Islam kontemporer merupakan karya “pemberontakan” atas kaedah-kaedah murni kaligrafi klasik. Secara sederhana, kaligrafi kontemporer ini lebih menonjolkan seni lukis atau seni dua dimensi daripada unsur-unsur kaligrafi yang sesungguhnya.

Kaligrafi kontemporer ini lebih menunjukkan kaligrafi yang kekinian atau modern. Corak-corak kaligrafi Islam kontemporer dibagi dalam beberapa kategori-kategori tradisional, figural, ekspresionis, simbolik, dan abstraksionis mutlak.

4. Kaligrafi Arab dari Kayu

Kaligrafi arab ini berbeda dari kaligrafi pada umumnya, karena pembuatannya di atas media kayu. Kayu yang digunakan pun juga tidak sembarangan, yakni kayu jati dan mahoni. Pembuatan kaligrafi Arab dari kayu ini banyak tersebar di Jepara, Jawa Tengah.

Isi dari kaligrafi Arab dari kayu ini hampir sama dengan kaligrafi Islam, yakni mengandung berbagai tulisan dari ayat-ayat suci Al-Quran, mulai dari bismillah, Allah, Muhammad, Alhamdulillah, Asmaul Husna, Assalamualaikum, ayat kursi, hingga Subhannallah.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Gambar Kaligrafi dengan Mudah

Berikut ini terdapat beberapa cara membuat gambar kaligrafi mudah yang bisa dipraktikkan atau diterapkan oleh pemula, yakni:

1. Buat garis sketsa dan penempatan huruf

Cara membuat kaligrafi yang pertama adalah dengan membuat garis sketsa dan garis penempatan huruf secara umum. Pada tahap awal ini, anda perlu memegang alat tulis dengan benar dan nyaman, usahakan setiap gerakan jari dan tangan sudah mantap dan proporsional.

2. Buat huruf dengan melihat contoh

Dalam menulis kaligrafi, anda harus memiliki contoh dari setiap huruf-huruf yang akan ditulis. Hal ini sebagai upaya untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan nantinya. Bagi pemula, carilah contoh huruf Arab yang mudah untuk dibuat.

3. Gunakan tekanan dalam membatasi lebar garis

Cara membuat gambar kaligrafi mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan tekanan dalam membatasi lebar garis. Panjang dan lebar dari tulisan kaligrafi harus sesuai dengan kaidahnya dan jangan sembarang dalam menulis. Hal ini akan menentukan hasil dari gambar kaligrafi yang telah anda buat.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Gambar Kaligrafi dengan Mudah

4. Gunakan urutan gerakan yang benar

Pakai kaidah yang benar dalam membuat kaligrafi Arab yang bagus. Pada setiap huruf memiliki gerakan tersendiri dalam penulisannya dan pada dasarnya hampir semua berbeda. Jadi dengan menggunakan urutan gerakan yang benar sangatlah penting. Urutan coretan yang asal-asalan akan sangat berpengaruh pada hasil dari karya seni kaligrafi anda. Lihatlah kembali buku contoh kaligrafi untuk meminimalisir kesalahan.

5. Terus berlatih

Cara membuat gambar kaligrafi mudah yang berikutnya adalah terus berlatih. Dengan berlatih secara rutin dan teratur (istiqomah) maka akan menghasilkan sebuah karya kaligrafi yang bagus dan indah. Dengan berlatih dan melakukan berbagai kesalahan, maka anda akan mendapatkan pengalaman untuk menyempurnakan gerakan maupun goresan pada karya kaligrafi. Selain itu, dengan banyak berlatih, maka tangan anda bisa lebih luwes karena setiap hari melatih otot-otot tangan.

6. Amati dan tiru karya orang lain

Meniru atau bahkan menjiplak karya orang lain merupakan cara membuat kaligrafi yang selanjutnya. Hal ini tentu dilakukan agar anda lebih terbiasa dan lebih mahir dalam menuliskan kaligrafi. Bila masih dalam masa awal belajar atau pemula, tidak ada salahnya untuk menjiplak hasil karya kaligrafi Arab milik orang lain.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS