Sukses

10 Contoh Kaligrafi Islam Paling Populer, Kenali Jenis dan Cara Membuatnya

Kaligrafi merupakan seni tulis yang berkembang di Jazirah Arab.

Liputan6.com, Jakarta Kaligrafi Arab atau kaligrafi Islam merupakan sebuah seni lukis yang diperuntukkan untuk dijadikan hiasan, salah satunya hiasan dinding. Adapun contoh kaligrafi dapat dibedakan berdasarkan tiga jenis tulisan, yaitu huruf latin, hijaiyah, dan oriental. 

Gambar kaligrafi merupakan seni tulis yang berkembang di Jazirah Arab, namun perlu dipahami juga bahwa kaligrafi adalah seni yang umum, tidak hanya ada pada peradaban Islam saja akan tetapi oriental (Jepang, Cina Korea) hingga peradaban Yunani kuno. Ada banyak contoh kaligrafi yang bisa kamu jumpai, di setiap sudut masjid, dalam wujud tulisan Arab. 

Kaligrafi merupakan suatu seni tulisan, yang biasanya merupakan kalimat bahasa arab yang indah. Setiap seni kaligrafi yang tampak, selalu memiliki unsur-unsur keindahan pada setiap pola dan bentuknya. Contoh kaligrafi selalu membuat seseorang terpesona, karena berasal dari penggalan-penggalan dalam kitab suci Al Quran.

Berikut ini contoh kaligrafi yang Liputan6.com daro berbagai sumber, Rabu (18/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Kaligrafi

1. Kaligrafi Bismillah

Kalimat Bismillah adalah kalimat yang sering di ucapkan oleh seorang muslim sebelum memulai kegiatan. Adapun pengucapan kalimat ini, dilakukan sebelum beraktivitas , yang bermakna bahwa apa yang di lakukan, pasti berlandaskan mencari ridho Allah. Gambar kaligrafi bismillah ini di buat dengan mengutamakan esensi seni, memiliki eye catching yang bagus dan menarik. Biasanya contoh kaligrafi ini memiliki desain seperti bentuk kapal, dengan perpaduan warna cokelat yang menarik. 

2. Kaligrafi Gambar Islam

Kaligrafi Islam adalah salah satu seni kaligrafi yang di yakini sebagai kaligrafi tertua di dunia. Kaligrafi ini juga di yakini telah ada sejak abad ke 11. Hingga kini, banyak sekali umat muslim yang tertarik untuk mempelajari kaligrafi ini, meskipun terhitung rumit untuk di pelajari, pasalnya dalam proses penggambaran kaligrafi tersebut ada teknik yang rumit. Kerumitan kaligrafi Islam dikarenakan teknik dan juga pewarnaannya yang berbeda dengan kaligrafi yang lainnya.

3. Kaligrafi Alhamdulillah

Alhamdulillah merupakan suatu ucapan yang sering di gunakan untuk mengungkapkan sebagian rasa syukur kepada Allah SWT. Kaligrafi dengan teks bertuliskan Alhamdulillah telah banyak di jumpai di berbagai tempat, baik di mushola atau pun masjid. Keunikan suatu kaligrafi bukan hanya di tentukan oleh keunikan gaya penulisan, namun juga keindahan pewarnaan yang di berikan, baik berwarna atau hanya hitam putih saja. 

4. Kaligrafi Gambar Allah

Kaligrafi yang bertuliskan lafadz Allah telah banyak di jumpai di berbagai tempat, masjid, mushola dan juga di rumah-rumah muslim. Oleh karena itu, gaya tulisan yang di gunakan adalah gaya tulisan yang indah dan elok sehingga kaligrafi ini memiliki penampilan yang menawan. Adapun penulisan kaligrafi bukanlah penulisan yang asal-asalan, namun harus memiliki garis dan titik yang sesuai sehingga dengan memandang kaligrafi, memberikan makna mendalam secara visual. Umumnya contoh kaligrafi ini harus di gambar dengan desain dan tema yang menunjukkan kesakralan. 

5. Kaligrafi Arab

Kaligrafi Arab merupakan kaligrafi yang di dalam nya memiliki padanan Khath. Padanan tersebut merupakan suatu ilmu yang di gunakan untuk menulis kaligrafi. Contoh kaligrafi Arab merupakan suatu warisan dari bangsa Arab yang harus dilestarikan, di mana gaya penulisan kaligrafi Arab memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Khat Naskhi adalah khat yang sering di jumpai karena kemudahan dalam penulisannya serta kemudahan dalam membacanya.

 

3 dari 5 halaman

Contoh Kaligrafi

6. Kaligrafi Masjid

Kaligrafi masjid merupakan kaligrafi yang di gambar untuk menambah keindahan ornamen dari suatu masjid. Oleh karena itu, kaligrafi ini sering di jumpai di masjid. Penulisan kaligrafi selain bertujuan untuk menambah nilai seni, juga dapat menambah nilai religius dari suatu masjid. Penulisan kaligrafi masjid juga dapat di gunakan sebagai pembelajaran. Kaligrafi masjid memiliki beberapa jenis gaya dalam desain penulisan, dan yang kerap digunakan adalah jenis Mezanine. 

7. Kaligrafi Asmaul Husna

Kumpulan nama-nama Allah yang indah merupakan Asmaul Husna. Asmaul Husna yang berjumlah sebanyak 99 ini merupakan kumpulan dari nama Allah. Kaligrafi dengan tema Asmaul Husna telah banyak di temui di berbagai tempat, seperti di mushola, masjid dan di rumah-rumah. Keunikan pada teks Asmaul Husna juga terletak pada keindahan desain, dan keunikan gaya penulisan yang memiliki nilai seni tinggi. 

8. Kaligrafi Assalamualaikum

Contoh kaligrafi dengan tulisan Asslamualaikum, telah sering di jumpai di berbagai tempat, seperti di pintu depan atau di mana saja. Peletakan Assalamualaikum di pintu depan, di karena kan kalimat ini merupakan kalimat yang di gunakan untuk menyapa di sertai saling mendoakan. Gambar kaligrafi Asalamualaikum memiliki susunan warna kuning menyala, dengan tampilan bentuk 3D. Warna dengan tampilan tersebut merupakan perpaduan yang unik dan cocok sekali.

9. Kaligrafi Ayat Kursi

Contoh kaligrafi Ayat kursi adalah salah satu teks yang panjang untuk sebuah kaligrafi. Namun dengan menuangkannya dalam bentuk kaligrafi, membuat orang yang melihatnya akan selalu ingat untuk membaca ayat kursi setiap saat. Kaligrafi teks ayat kursi kerap di tampilkan dengan warna yang elegan serta desain 3D yang bagus. Anda akan sering menjumpai kaligrafi ayat kursi, terutamanya di mushola atau masjid dengan gaya tulisan yang bermacam-macam.

10. Kaligrafi Subhanallah

Kalimat Subhanallah memiliki arti “maha suci Allah” di mana kalimat ini juga di gunakan berdzikir oleh para orang muslim. Pengucapan kalimat ini secara istikomah memiliki berbagai keutamaan. Contoh kaligrafi ini memiliki desain di mana teks Subnallah yang di padukan dengan background bunga yang bagus. Kesesuaian antara background dan kaligrafi membuat nilai seni yang tinggi dan nilai visualitas dalam kaligrafi yang tinggi.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Kaligrafi

Setelah mengetahui contoh kaligrafi, maka Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis dalam penulisan kaligrafi diantaranya: 

- Kaligrafi Khat Naskhi

Jenis kaligrafi Arab ini adalah khat naskhi, yang dalam penulisannya menggunakan anatomi huruf sama dengan penulisan huruf Al-Qur’an. Khat naskhi artinya menghapus, sebagaimana jenis penulisan ini diperuntukkan sebagai pengganti khat kufi. Sejarah khat naskhi ini berawal dari seorang bernama Ibnu Muqlah yang disebut-sebut sebagai orang pertama, yang telah menyempurnakan tulisan ini. Ciri khas kaligrafi khat naskhi adalah bentuk hurufnya yang luwes, tidak bertumpuk, tidak terlalu rapat, dan memiliki harakat yang mudah dibaca.

 

- Kaligrafi Khat Kufi Murabba

Jenis khat ini termasuk dalam salah satu kaligrafi kuno, serta tergolong jenis khat tertua dalam peradaban Arab. Contoh kaligrafi dari jenis ini, akan banyak dijumpai di masjid, bangunan-bangunan kuno, prasasti, hingga dokumen-dokumen kuno. Ciri khas kaligrafi khat kufi murabba adalah bentuk tulisannya yang geometris dan tanpa harakat.

 

- Kaligrafi Khat Riq’ah 

Dalam bahasa Arab, riq’ah artinya tambalan, di mana seniman kaligrafi yang menggunakan khat riq’ah menggunakan potongan kulit atau kayu sebagai media tulisnya. Sejarah khat ini berasal dari bangsa Turki Usmani, tepatnya pada masa dinasti Sultan Abdul Majid Khan (1280 H). Ciri khas kaligrafi khat naskhi adalah penggunaan harakat pada bagian yang penting saja, arah tulisan miring, serta bentuk hurufnya pendek-pendek.

- Kaligrafi Khat Tsuluts

Tsuluts dalam bahasa Arab berarti sepertiga, maka dari itu khat tsuluts memiliki ukuran sepertiga dibanding jenis khat lainnya. Ciri khas kaligrafi khat tsuluts adalah kelenturan tulisan yang luar biasa, tampilan yang rumit, dan bentuk kepala huruf yang melengkung serta berduri.

- Kaligrafi Khat Diwani

Dalam bahasa Arab, diwani artinya dewan-dewan perkantoran sebagaimana khat ini diperuntukkan sebagai tulisan kerajaan Turki Usmani. Khat ini mulai muncul dan digunakan semenjak Sultan Muhammad Al-Fatih menaklukkan Konstantinopel pada tahun 857 H, umumnya untuk dokumen-dokumen kerajaan. Ciri khas kaligrafi khat diwani adalah bentuknya yang rumit, banyak hiasan, dan bervariasi.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kaligrafi

- Buat garis sketsa dan penempatan huruf 

Cara membuat kaligrafi yang pertama untuk dilakukan adalah denganmembuat garis sketsa, dan garis penempatan huruf secara umum. Saat membuat kaligrafi, maka pastikan Anda memegang alat dengan cara yang benar untuk menulis huruf dengan benar. 

- Membuat huruf dengan melihat contoh

Dalam menulis kaligrafi, Anda harus memiliki contoh kaligrafi dari setiap huruf-huruf yang akan ditulis. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan nantinya. Bagi pemula, carailah contoh huruf arab yang mudah untuk dibuat.

- Gunakan tekanan dalam membatasi lebar garis

Cara membuat kaligrafi berikutnya adalah dengan menggunakan tekanan, dalam membatasi lebar garis. Panjang dan lebar dari tulisan kaligrafi, harus sesuai dengan kaidahnya dan jangan sembarang dalam menulis.

- Gunakan urutan gerakan yang benar

Sebelum membuat kaligrafi, maka Anda harus mengikuti kaidah yang benar, di mana pada setiap huruf memiliki gerakan tersendiri dalam penulisannya dan pada dasarnya hampir semua berbeda. Jadi menggunakan urutan gerakan yang benar memang sangat penting. Urutan coretan yang asal-asalan, akan sangat berpengaruh pada hasil dari karya seni kaligrafi. 

- Terus berlatih

Dengan berlatih secara rutin dan teratur, maka Anda bisa saja menghasilkan sebuah karya kaligrafi yang bagus. Dalam berlatih dan melakukan berbagai kesalahan, kamu bisa mendapatkan pengalaman untuk menyempurnakan tulisanmu. Selain itu, dengan banyak berlatih, maka tangan anda bisa lebih luwes karena setiap hari melatih otot-otot tangan.

- Amati dan tiru karya orang lain

Meniru atau bahkan menjiplak karya orang lain, adalah salah satu cara membuat kaligrafi agar nda menjadi terbiasa dan lebih mahir dalam menuliskan kaligrafi. Bila masih dalam masa awal belajar atau pemula, tidak ada salahnya untuk menjiplak hasil karya kaligrafi arab milik orang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.