Sukses

Makna Kaligrafi Allah, Simak Pula Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Kaligrafi adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan.

Liputan6.com, Jakarta Kaligrafi Allah kerap kali kita temui di masjid maupun rumah-rumah umat Islam. Kaligrafi Allah sendiri memiliki makna yang indah. Kaligrafi Allah dituliskan dengan huruf arab yang indah apabila dipajang di rumah maupun masjid.

Bagi umat Islam, kaligrafi menjadi karya seni rupa murni yang sangat populer. Di mana dalam kaligrafi tersebut tidak hanya sekadar tulisan Arab saja, tetapi tulisan Arab yang menunjukkan unsur estetis ketika seseorang melihatnya.

Kaligrafi Allah sendiri banyak digemari oleh semua umat Islam, termasuk umat Muslim di Indonesia. Meski dibuat dengan berbagai style, namun kaligrafi Allah paling banyak diminati bukan hanya indah dan estetik namun juga mudah untuk dibuat serta dikreasikan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai kaligrafi Allah beserta jenis-jenis dan cara membuatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kaligrafi Allah

Kata kaligrafi berasal dari bahasa Yunani yakni kallos yang berarti keindahan dan grafi yang berarti menulis. Dengan kata lain, kaligrafi adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini. Meskipun begitu, kaligrafi Allah dalam huruf arab lebih dikenal, tetapi banyak pula penerapan aplikasi ke dalam tulisan latin. Kaligrafi dalam bahasa Arab disebut Tahsinul-Khuttuth, artinya khat indah, sedangkan mereka yang ahli khat indah disebut dengan khattath

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kaligrafi

Adapun beberapa jenis-jenis kaligrafi adalah sebagai berikut:

1. Kaligrafi Islam

Di dalam seni rupa Islam, tulisan arab sering kali dibuat kaligrafi. Biasanya isinya disadur ayat-ayat Al-Quran. Bentuknya bermacam-macam, tidak selalu pena di atas kertas, tetapi sering kali juga ditatahkan di atas logam atau kulit. Contoh kaligrafi islam adalah pembuatan kaligrafi Allah dan Muhammad.

2. Kaligrafi Masjid

Kaligrafi masjid adalah penerapan kaligrafi pada media masjid. Sebagai tempat ibadah yang disucikan umat islam dan sering dikunjungi, masjid ditampilkan dalam penggambaran yang indah dan religius. Penggambaran masjid yg indah sekaligus religius itu mampu diwujudkan oleh umat islam dalam bentuk kaligrafi indah bertulis ayat Al-Qur'an, lafadz Allah, Lafadz Muhammad, dll dilengkapi berbagai assesoris pemanis berupa ornamen khas yang bernuansa arab, ornamen bernuansa etnik, ornamen geometris berrak warna warni nan indah.

3. Kaligrafi Islam Kontemporer

Kaligrafi Islam kontemporer merupakan karya “pemberontakan” atas kaedah-kaedah murni kaligrafi klasik. Perkembangannya sangat pesat menjejali aneka media dalam bentuk-bentuk kategori. Mazhab tersebut berusaha lepas dari kelaziman khat atau kaligrafi murni yang banyak dipegang para khattat di banyak pesantren dan perguruan-perguruan Islam seperti Naskhi, Tsulutsi, Farisi, Diwani, Diwani Jali, Kufi, dan Riq’ah. Corak-corak kaligrafi Islam kontemporer dibagi kepada kategori-kategori tradisional, figural, ekspresionis, simbolik, dan abstraksionis mutlak.

4. Kaligrafi Arab Kayu

Kaligrafi Arab dari Kayu ini diukir di kayu, bisa dari kayu jati, kayu mahoni dan lainnya. Kaligrafi ini banyak kita jumpai di wilayah Jepara, Jawa Tengah. Biasanya, kaligrafi ini berisi ayat-ayat Al-Quran yang mempunyai khat turki atau yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kaligrafi

1. Buat Garis Sketsa dan Penempatan Huruf

Cara membuat kaligrafi yang pertama adalah membuat garis sketsa dan garis penempatan huruf secara umum. 

2. Pegang Alat Tulis dengan Benar

Memegang alat dengan cara yang benar akan membantu Anda menulis huruf dengan benar sebagai cara membuat kaligrafi. Dalam hal ini tentunya penggunaan pensil harus didukung dengan bagaimana kamu memposisikan tangan dan pensil dalam posisi yang paling nyaman.

3. Membuat Huruf dengan Melihat Contoh

Dalam menulis kaligrafi, kamu harus memiliki contoh dari setiap huruf-huruf yang akan kamu tulis. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan nantinya. Bagi pemula, carailah contoh huruf arab yang mudah untuk dibuat.

4. Gunakan Tekanan dalam Membatasi Lebar Garis

Cara membuat kaligrafi selanjutnya adalah dengan menggunakan tekanan dalam membatasi lebar garis. Panjang dan lebar dari tulisan kaligrafi harus sesuai dengan kaidahnya dan jangan sembarang dalam menulis.

5. Gunakan Urutan Gerakan yang Benar

Pakai kaidah yang benar dalam membuat kaligrafi arab yang bagus. Pada setiap huruf memiliki gerakan tersendiri dalam penulisannya dan pada dasarnya hampir semua berbeda. Jadi menggunakan urutan gerakan yang benar sangatlah penting. Urutan coretan yang asal-asalan akan sangat berpengaruh pada hasil dari karya seni kaligrafi anda. Lihatlah kembali buku contoh kaligrafi untuk meminimalisir kesalahan.

6. Terus Berlatih

Cara membuat kaligrafi yang paling penting adalag terus berlatih. Dengan berlatih secara rutin dan teratur (istiqomah) maka akan menghasilkan sebuah karya kaligrafi yang bagus juga. Dengan berlatih dan melakukan berbagai kesalahan, kamu bisa mendapatkan pengalaman untuk menyempurnakan tulisanmu. Selain itu, dengan banyak berlatih, maka tangan anda bisa lebih luwes karena setiap hari melatih otot-otot tangan.

7. Tiru Karya Orang Lain

Meniru atau bahkan menjiplak karya orang lain merupakan cara membuat kaligrafi Hal ini tentunya dilakukan agar kamu lebih terbiasa dan lebih mahir dalam menuliskan kaligrafi. Bila masih dalam masa awal belajar atau pemula, tidak ada salahnya kamu untuk menjiplak hasil karya kaligrafi arab milik orang lain.

8. Gunakan Kertas yang Tebal dan Terbaik

Pemilihan alat dan bahan juga sangat berpengaruh dalam cara membuat kaligrafi. Untuk menambah hasil yang indah dan estetik, anda hanya perlu pakai kertas terbaik dan tebal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.