Sukses

Piringan Langit hingga Topeng, Ini 5 Potret Peninggalan Kuno Paling Kontroversial

Sejumlah potret peninggalan kuno paling kontroversial, ada piringan langit hingga topeng.

Liputan6.com, Jakarta Peninggalan kuno dapat berasal dari peradaban yang berbeda-beda, seperti peradaban Mesir kuno, Yunani kuno, atau Romawi kuno. Faktanya, peninggalan adalah bagian integral dari warisan kemanusiaan bersama.

Peninggalan kuno adalah benda-benda atau situs-situs yang berasal dari masa lalu, yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah dan informasi tentang peradaban masa lalu. Peninggalan kuno dapat berupa bangunan, patung, keramik, peralatan, atau benda-benda lain yang masih dapat ditemukan dan diamati saat ini.

Umumnya peninggalan kuno bisa berupa benda penting, yang bertahan dari masa sebelumnya serta memiliki kepentingan sejarah dan dapat mencakup alat-alat kuno, teks, dan wadah. Hingga kini terdapat benda peninggalan kuno paling kontroversial yang pernah ditemukan, mulai dari piringan langit, topeng batu hingga cakram giok.

Berikut ini peninggalan kuno paling kontroversial yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Patung

Patung Fasting Siddhartha, juga dikenal sebagai Fasting Buddha yang berasal dari abad ketiga SM. Contoh karya seni Gandhara yang luar biasa ini digali di Sikri, Pakistan, selama abad ke-19 dan terus menjadi salah satu artefak paling menonjol dari periode Klasik Pakistan.

Patung ini menggambarkan tingkat detail yang luar biasa, termasuk relief tinggi, lengan, ketiak, tulang rusuk, dan bahkan urat. Patung Siddhartha juga dipresentasikan ke Museum Lahore Pakistan pada tahun 1894, di mana dapat ditemukan hingga hari ini.

3 dari 6 halaman

Cakram Giok

Cakram Giok juga dikenal sebagai cakram bi, yang merupakan cincin pipih melingkar yang dibuat selama periode Neolitik Akhir. Peninggalan kuno ini tampaknya sangat penting karena biasanya diletakkan di atas tubuh bangsawan, dan telah ditemukan di hampir setiap makam besar budaya Hongshan dan berlanjut hingga budaya Liangzhu, 3800 SM hingga 2000 SM.

Beberapa orang percaya bahwa kedatangan cakram Giok mungkin berkaitan dengan misteri aneh dari batu Dropa, yang adalah artefak serupa berbentuk cakram, yang dilaporkan ada sebelum Cakram Giok ditemukan di sebuah gua dekat perbatasan China-Tibet. 

4 dari 6 halaman

Piringan Langit

Nebra Sky Disk atau Piringan Langit Nebra ini telah menimbulkan cukup banyak kontroversi. Banyak akademisi percaya, bahwa peninggalan kuno ini adalah penggambaran kosmos akurat tertua, yang diketahui mungkin adalah alat pengukur astronomi yang digunakan sebagai jam kuno untuk menghitung waktu tanam dan panen.

Peninggalan itu diduga ditemukan pada tahun 1999 di dekat Nebra di Jerman oleh penjarah yang berusaha menjualnya ke pedagang pasar gelap.

5 dari 6 halaman

Alkitab Iblis

Codex Gigas adalah manuskrip kuno terbesar yang diketahui di dunia. Sebenarnya, namanya secara harfiah berarti "buku raksasa". Manuskrip besar ini dibuat pada abad ke-13, dan awalnya disimpan di sebuah biara di Podlažice. Buku ini mencakup Perjanjian Lama dan Baru dan beberapa teks pendek yang membahas masalah kepraktisan yang signifikan pada masanya, termasuk pengusiran setan, pekerjaan medis, dan kalender.

Peninggalan ini umumnya disebut sebagai "Alkitab Iblis", karena memiliki ilustrasi rinci di mana satu halaman penuh dari Iblis dan, legenda biksu tunggal yang konon menciptakan buku tersebut. Naskah yang berat itu akhirnya sampai ke Stockholm pada akhir abad ke-16, setelah tentara Swedia menjarahnya dari Kastil Kaisar Romawi Suci selama Perang Tiga Puluh Tahun.

6 dari 6 halaman

Topeng Batu Yudea

Topeng batu adalah salah satu peninggalan kuno paling kontroversial, yang kini berusia 9.000 tahun. Topeng batu Yudea ini telah digali dan ditemukan di sekitar gurun selatan Yudea, dan merupakan artefak kuno yang paling mencolok di wilayah tersebut. Peninggalan ini juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui bahwa Raja Salomo hidup sekitar 3.000 tahun yang lalu. Abraham hidup lebih dari 1.000 tahun sebelumnya, dan menjadikan peninggalan ini sebagai harta karun seremonial di seluruh dunia.

Topeng batu Neolitik kuno juga penting secara historis, karena dibuat pada waktu tertentu dalam sejarah, ketika kita mulai mengatur diri kita sendiri ke dalam komunitas. Hingga saat ini, hanya dua dari enam belas topeng yang memiliki konteks arkeologis tertentu. Satu topeng diambil dari sebuah gua di Nahal Hemar, dan yang lainnya adalah topeng yang dibeli oleh jenderal Israel Moshe Dayan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.