Sukses

12 Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon Jawa dan Kesehatan

Arti kedutan mata kiri bawah dari sisi medis berkaitan dengan kondisi tubuh seseorang atau bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang dialami.

Liputan6.com, Jakarta Arti kedutan mata kiri bawah kerap kali dikaitkan dengan mitos tertentu. Hal ini mengacu kepada primbon jawa, di mana kedutan pada mata kiri dan kanan memiliki arti yang berbeda. Bahkan di bagian mana kedutan terasa juga memengaruhi maknanya.

Arti kedutan mata kiri bawah menurut primbon jawa tentunya perlu disikapi dengan bijak dan penuh pertimbangan logis. Pasalnya, kedutan pada mata kiri ataupun pada mata kanan juga dapat dilihat dari sisi medis.   

Arti kedutan mata kiri bawah dari sisi medis berkaitan dengan kondisi tubuh seseorang atau bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang dialami. Penyebabnya tentunya adalah kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat.

Arti kedutan mata kiri bawah biasanya bukanlah hal yang berbahaya dan dapat ditanangani segera. Namun, kamu tentunya tetap harus mewaspadainya bila berhubungan dengan penyakit tertentu. Untuk itu, penanganannya juga perlu kamu perhatikan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/1/2023) tentang arti kedutan mata kiri bawah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Kesehatan

Stres

Arti kedutan mata kiri bawah yang pertama adalah stres. Namun, enggak semua orang yang sedang stres akan mengalami kedutan mata. Tetapi bagi beberapa orang stres bisa memicu kondisi ini. Apabila kamu mengalami kedutan mata yang diakibatkan stres, maka kamu perlu melakukan relaksasi. Kamu bisa melakukan beberapa latihan teknik pernapasan, yoga, melakukan hobi, menghabiskan waktu dengan orang terkasih, dan lain sebagainya.

Kelelahan

Kondisi kesehatan atau kondisi tubuh lainnya yang menjadi arti kedutan mata kiri bawah berikutnya yaitu kelelahan, baik karena kurang tidur atau penyebab-penyebab lainnya. Untuk mengatasinya, cobalah untuk bersantai atau luangkan waktu untuk tidur lebih banyak. Kelelahan yang spesifik pada mata juga dapat memicu kedutan. Kondisi tersebut dapat diakibatkan oleh gangguan penglihatan yang membutuhkan kacamata atau perubahan ukuran lensa kacamata.

Penggunaan Alat Elektronik Secara Berlebihan

Arti kedutan mata kiri bawah juga bisa diakibatkan oleh penggunaan alat-alat elektronik, seperti komputer, TV, tablet, atau smartphone secara berlebihan. Untuk mencegah kedutan mata, kamu bisa menerapkan aturan 20-20-20. Ini merupakan cara mengalihkan pandangan dari layar setiap 20 menit, mengistirahatkan mata dengan melihat benda sejauh minimal 20 kaki (kurang lebih 6 meter), dan selama 20 detik.

Konsumsi Kafein Berlebihan

Arti kedutan mata kiri bawah juga bisa diakibatkan konsumsi kafein. Untuk menghindari atau mengatasinya, kamu bisa mengurangi konsumsi kopi, teh, coklat, minuman bersoda, dan lain sebagainya. Minuman lain yang dapat menyebabkan kedutan adalah minuman beralkohol. Apabila kamu mengonsumsinya, pertimbangkan untuk berhenti.

3 dari 4 halaman

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Kesehatan

Mata Kering

Mata kering bisa terjadi secara normal pada orang di atas usia 50 tahun. Seseorang yang rutin menggunakan komputer atau laptop juga kerap mengalami kondisi ini. Arti kedutan mata kiri bawah juga dapat terjadi pada seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin dan antidepresan. Apabila kamu mengalami kondisi mata kering, sebaiknya kamu perlu memeriksakan mata kamu ke dokter.

Kurang Mendapatkan Nutrisi yang Seimbang

Arti kedutan mata kiri bawah juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan asupan nutrisi, terutama magnesium. Hal ini yang mungkin juga berpengaruh adalah adanya alergi. Mata yang mengalami alergi akan membengkak, berair, dan terasa gatal. Biasanya kamu yang merasakan alergi di area mata akan refleks menggosok mata. Hal ini mengakibatkan zat histamin akan dilepaskan pada jaringan kelopak mata dan air mata.  Histamin juga diperkirakan menyebabkan kedutan pada mata.

Hemifacial Spasm

Hemifacial sebagai salah satu arti kedutan mata kiri bawah perlu diperhatikan. Kondisi ini dipercaya disebabkan oleh iritasi pada saraf fasialis. Spasme yang muncul sering kali awalnya dirasakan pada salah satu mata, kemudian menyebar pada satu sisi wajah dan menyebabkan kontraksi spontan pada rahang, mulut, pipi, bahkan leher.

Benign Essential Blepharospasm

Benign essential blepharospasm adalah kondisi kelainan saraf yang jarang dan menyebabkan spasme dan kontraksi otot di sekitar mata. Kondisi ini biasanya terjadi pada usia di atas 30 tahun, dan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Mereka dengan kondisi ini akan sering berkedip dan kedutan pada mata yang dapat dipicu oleh stres, kelelahan, angin, cahaya, atau polusi udara. Benign essential blepharospasm biasanya bersifat genetik. Jika kondisi ini dibiarkan, dapat terjadi perburukan.

4 dari 4 halaman

Arti Kedutan Mata Kiri Menurut Primbon

Kelopak Kiri

Arti kedutan mata kiri yang satu ini dikaitkan dengan pertanda seseorang akan mengalami peristiwa yang membuat hati terluka. Kesedihan yang diterima bisa berbagai hal, seperti perpisahan yang tak diinginkan hingga rasa kehilangan yang menyebabkan sakit hati.

Alis Kiri

Kedutan juga bisa dirasakan di alis kiri. Arti kedutan di bagian ini menurut primbon Jawa merupakan pertanda baik. Siapapun yang merasakan kedutan di alis kiri maka akan mendapatkan sebuah keberuntungan. Keberuntungan yang didapat bisa dari berbagai hal, misal mengenai harta, orang yang dicintai, dan lain-lain.

Sudut Mata Kiri Atas

Arti kedutan mata kiri atas ini juga dianggap sebagai pertanda baik. Menurut primbon Jawa, kejadian ini dapat diartikan seseorang akan bertemu dengan sanak saudara jauh yang telah lama berpisah.

Bola Mata Kiri

Selain alis, bola mata juga bisa merasa kedutan. Menurut primbon, ini juga merupakan pertanda baik. Konon, ini merupakan pertanda akan datang kabar bahagia. Pertanda bahagia ini akan didapat dari mana saja, misal terkait dengan harta benda maupun bertemu dengan seseorang yang dicintai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.