Sukses

Profil PT Transjakarta, Transportasi Massal dengan Lintasan Terpanjang di Dunia

PT Transjakarta beroperasi sejak tahun 2004.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta adalah perusahaan layanan dan jasa yang bergerak di bidang transportasi massal atau publik. PT Transjakarta menawarkan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan. Ini perusahaan transportasi massal yang memiliki lintasan terpanjang di dunia.

Dalam buku berjudul Manajemen Transjakarta Busway (2012) oleh Bani Saksono, Darmaningtyas, dan Achmad Izzul Waro, pembangunan PT Transjakarta telah diakui di seluruh Indonesia sebagai sebuah tonggak bersejarah akan hadirnya sebuah sistem angkutan umum massal yang akan mempengaruhi wajah kota dengan cukup revolusioner.

Sistem BRT PT Transjakarta didesain berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia. Terhitung sejak 1 Februari 2004, Transjakarta resmi beroperasi. PT Transjakarta adalah perusahaan dengan status BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) yang dioperasikan oleh Unit Pengelola Transjakarta Busway (UPTB) dibawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, yang bertanggungjawab penuh untuk Gubernur Provinsi DKI Jakarta. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Transjakarta, sejarah berdiri, dan kegiatan usahanya, Kamis (19/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT Transjakarta adalah Perusahaan Transportasi Massal

PT Transjakarta adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi bus khususnya untuk publik. PT Transjakarta sudah menjalankan kegiatan usaha sejak tahun 2004. PT Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan.

Melansir dari situs website resminya, PT Transjakarta adalah sistem transportasi BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km). Sistem BRT ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia. Terhitung sejak 1 Februari 2004, PT Transjakarta resmi beroperasi.

Data Universitas Krisnadwipayana (Unkris), menunjukkan banyak tenaga kerja PT Transjakarta yang terlibat dalam operasional (Pramudi, Onboard/petugas bus, Barrier/petugas halte, dan petugas kebersihan) sekitar 6.000 orang. Banyak rata-rata harian pengguna PT Transjakarta diprediksikan sekitar 350.000 orang. Sedangkan pada tahun 2012, mencapai 109.983.609 orang.

PT Transjakarta dioperasikan oleh Unit Pengelola Transjakarta Busway (UPTB) dibawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, yang bertanggungjawab penuh untuk Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Lowongan kerja PT Transjakarta hanya bisa diakses melalui situs website resminya atau klik di sini.

Seleksi penerimaan karyawan baru PT Transjakarta secara tegas tidak memungut biaya apapun dan tidak bertanggungjawab dengan kerugian yang ditimbulkan.

Dalam buku berjudul Manajemen Transjakarta Busway (2012) oleh Bani Saksono, Darmaningtyas, dan Achmad Izzul Waro, pembangunan PT Transjakarta telah diakui di seluruh Indonesia sebagai sebuah tonggak bersejarah akan hadirnya sebuah sistem angkutan umum massal yang akan mempengaruhi wajah kota dengan cukup revolusioner.

Melansir dari situs website resminya, sejarah mencatat PT Transjakarta resmi menjadi perusahaan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) pada 27 Maret 2014, dan resmi berganti nama menjadi PT Transportasi Jakarta.

Data tahun 2016 menunjukkan PT Transjakarta meluncurkan 116 bus baru. Adanya penambahan unit baru ini, maka Transjakarta memiliki 1.347 unit bus yang siap dioperasikan. Peluncuran armada baru PT Transjakarta adalah awal dari proses penambahan unit Transjakarta baik yang yang dilakukan sendiri maupun oleh operator, yang akan terus bertambah.

Pada momen yang sama, PT Transjakarta pun resmi mengoperasikan Transjakarta Cares per 20 September 2016. Layanan PT Transjakarta ini dapat digunakan secara gratis atau tanpa biaya bagi penyandang disabilitas yang berlokasi di DKI Jakarta.

3 dari 3 halaman

Jenis Bus PT Transjakarta dan Penjelasannya

Unkris menggambarkan jenis bus PT Transjakarta adalah seluruhnya berbahan bakar gas dan diberi isi di SPBG tertentu. Bus PT Transjakarta dibuat dengan menggunakan material tertentu. Interior langit-langit bus, dibuat dengan bahan yang tahan api sehingga bila terjadi percikan api tidak hendak menjalar. Kerangkanya, menggunakan galvanil, suatu jenis logam campuran seng dan besi yang kokoh dan tahan karat.

Model Pintu Bus PT Transjakarta

Pintu PT Transjakarta terletak semakin tinggi dibanding bus lain sehingga hanya mampu dinaiki dari halte Transjakarta (juga dikenal dengan sebutan shelter). Pintu PT Transjakarta terletak di proses tengah kanan dan kiri. Khusus bus gandeng PT Transjakarta, memiliki tiga pasang pintu yaitu proses depan, tengah, belakangan kanan dan kiri. Sementara itu, bus single PT Transjakarta di koridor 4-9 memiliki dua pasang pintu, yaitu proses depan dan belakangan kanan dan kiri.

Pengaman Pintu Bus PT Transjakarta

Pintu bus PT Transjakarta menggunakan sistem lipat otomatis yang mampu dikelola dari konsol yang benar di panel pengemudi. Mekanisme pembukaan pintu bus tertentu telah diubah dijadikan sistem geser untuk semakin mengakomodasi padatnya penumpang pada jam-jam tertentu. Di dekat kursi-kursi penumpang yang proses belakangannya adalah jalur pergeseran pintu, dipasang pengaman yang terbuat dari gelas akrilik untuk menghindari terbenturnya proses tubuh penumpang oleh pintu yang bergeser.

Fasilitas Pendukung Bus PT Transjakarta

Pada setiap bus PT Transjakarta, sudah dilengkapi dengan papan pengumuman elektronik dan pengeras suara yang memberitahukan halte yang hendak segera dilalui untuk para penumpang dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Setiap bus dilengkapi dengan sarana prasarana komunikasi radio panggil yang memungkinkan pengemudi untuk memberikan dan mendapat informasi terkini tentang kemacetan, kecelakaan, barang penumpang yang tertinggal, dan lainnya.

Jaminan Keamanan Bus PT Transjakarta

Setiap bus menampilkan informasi tentang bus yang sedang beroperasi (Kode bus, imbauan untuk pengguna, dan call center operator bus). Khusus antisipasi hal-hal darurat dan dalam rangka mendukung kenyamanan dan keamanan, pada setiap bus PT Transjakarta telah dilengkapi dengan alat pemecah kaca yang tersedia di beberapa proses pada tiap bus, tombol darurat diatas pintu bus, pintu darurat (bus tertentu), serta CCTV yang terhubung dengan layar yang berada di dashboard supir bus (koridor tertentu).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.