Sukses

20 Sifat Wajib Allah Beserta Artinya yang Perlu Diketahui Umat Islam

Secara keseluruhan ada 20 sifat wajib Allah yang wajib diketahui oleh umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta Dalam Islam Allah SWT adalah dzat maha tinggi yang sempurna. Allah memiliki sifat-sifat yang harus di imani oleh pemeluk agama Islam. Secara keseluruhan ada 20 sifat wajib Allah yang wajib diketahui oleh umat Islam. Sebetulnya sifat- sifat Allah SWT tidaklah terbatas, pengelompokan ini bertujuan agar memudahkan umat muslim untuk mengenal dan memahami keagungan Allah SWT lewat sifat- sifatnya. 

Dengan mengetahui sifat wajib Allah dan memahami maknanya, umat muslim dapat memperkuat tauhidnya. Tauhid merupakan salah satu pilar dalam ajaran Islam yang perlu dikuasai oleh seorang muslim. Melalui tauhid, seorang muslim belajar cara memaknai iman kepada Allah seperti yang telah tercantum dalam rukun islam. 

Pentingnya pengetahuan tentang sifat Allah juga tercantum dalam Al-Qur’an, sebagai kitab suci umat Islam. Bahkan ada lagu pujian yang berisikan sifat0sifat Allah untuk memudahkan umat Islam menghafalnya. Berikut 20 sifat wajib Allah yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (13/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

20 Sifat Wajib Allah dan Maknanya

1. Wujud

Sifat wajib Allah yang pertama adalah wujud, sifat ini bermakna keberadaan Allah SWT bukan karena diciptakan oleh siapapun dan tidak ada tuhan selain dia. Allah ada dan tidak bergantung kepada siapapun karena Dialah sang pencipta alam semesta. Bukti kehadiran dan wujud Allah SWT adalah ciptaannya berupa langit dan bumi serta seisinya. 

2. Qidam

Sifat qidam artinya terdahulu atau sebuah awal karena Allah sudah ada terlebih dahulu jauh sebelum apapun yang diciptakannya. Qidam berasal dari bahasa Arab yang berarti terdahulu, artinya tidak ada yang terdahulu sebelum Allah di dunia ini. Semua yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Allah sebagai awal dan pencipta dari kehidupan sekaligus yang mengakhirinya. Sifat Qidam Allah menunjukan dia maha mengetahui segala Sesuatu atas ciptaannya.    

3. Baqa

Sifat wajib Allah adalah baqa yang artinya kekal atau abadi. Sifat baqa memiliki makna Allah adalah maha kekal dan tidak akan pernah punah dan binasa.  Sifat baqa menunjukan bahwa Allah SWT memiliki kebesaran dan kemuliaan atas segala ciptaannya di muka bumi dan alam semesta. 

4. Mukhalafatu Lil Hawaditsi

Mukhalafatu Lil Hawaditsi adalah sifat wajib Allah yang memiliki makna berbeda dengan sesuatu yang baru atau makhluk lainnya. Sifat Mukholafatu lilhawaditsi berarti Allah berbeda dengan para makhluk ciptaannya. Allah Maha Sempurna dan tidak aka nada satupun makhluk yang dapat menyerupainya.

5. Qiyamuhu Binafsihi

Sifat qiyamuhu binafsihi artinya Allah berdiri sendiri dan tidak memerlukan bantuan dari siapapun. Allah tidak akan pernah bergantung kepada siapapun karena memiliki kebesaran atas segala ciptaannya. Tidak seperti makhluk lain, Allah tidak beranak pinak dan tidak memiliki sekutu. 

3 dari 5 halaman

20 Sifat Wajib Allah dan Maknanya

6. Wahdaniyah

Sifat wajib Allah wahdaniyah berarti Allah tunggal atau esa karena tidak memiliki sekutu. Allah SWT adalah tuhan Yang Maha Esa dan satu-satunya pencipta alam semesta. Sebagai umat muslim mengimani Allah Maha Esa menjadi salah satu bagian dari Rukun Iman. apabila seorang muslim menyekutukan Allah SWT maka musyrikkah dari imannya sebagai pemeluk Islam.

7. Qudrat

Sifat qudrat artinya Allah adalah zat yang Maha Kuasa atas apapun dan tidak ada satupun makhluk lain yang bisa menandingi kekuasaan. Allah SWT mustahil memiliki kuasa atas alam semesta dan seisinya. Kekuasan Allah SWT mutlak dan tidak ada batasan dan tidak ada yang membatasi, baik zatnya sendiri maupun makhluk ciptaannya.  

8. Iradat

Sifat wajib Allah, Iradat artinya Allah berkehendak atas segala alam semesta dan seisinya. Allah SWT tidak mungkin melakukan sesuatu atas perintah dan paksaan dari makhluk lain. Jika Allah SWT sudah berkendak maka tidak aka nada yang mustahil dan tidak yang bisa mencegahnya. Segala hal yang ada di alam semesta ini berjalan dan terjadi atas kehendak Allah SWT tanpa campur tangan siapapun. 

9. Ilmu

Sifat ilmu berarti Allah mengetahui segala hal dan tidak ada suatu hal apapun yang tidak diketahui oleh Allah. Pengetahuan dan kepandaian Allah tidak terbatas dan tidak juga dibatasi.  Segala sesuatu yang ada di alam semesta, baik yang tampak maupun gaib pasti diketahui oleh Allah. Bahkan rahasia dalam hati manusia sekalipun diletahui Allah.

10. Hayat

Sifat hayat artinya Allah SWT maha hidup kekal abadi dan memberi kehidupan. Keberadaan Allah bukan karena dihidupkan melainkan hidup dengan kehendaknya sendiri karena Allah adalah maha sempurna. Sifat hayat juga menunjukan bahwa Allah SWT tidak membutuhkan hal-hal yang menghidupkan seperti makan, minum, tidur, istirahat, dan aktivitas hidup manusia lainnya. Hidup Allah SWT kekal dan abadi tanpa mengalami kematian.   

4 dari 5 halaman

20 Sifat Wajib Allah dan Maknanya

11. Sam’un

Sifat Sam’un artinya Allah SWT Maha Mendengar segala sesuatu yang ada di alam semesta. Baik hal-hal yang diucapkan maupun yang disembunyikan dalam hati dan jiwa manusia sekalipun. Tidak ada bentuk suara apapun yang tidak terdengar oleh Allah SWT walaupun suara lemah dan pelan karena pendengaran Allah SWt tidak terbatas pada apapun. 

12. Basar

Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Basar yang berarti Allah Maha melihat segala hal yang terjadi di alam semesta, baik yang tampak maupun yang disembunyikan. Penglihatan Allah SWT tidak terbatas pada apapun dan mutlak tidak terpengaruh pada jarak dan terhalang terhalang oleh apapun. Sifat Basar Allah perlu diimani oleh seorang muslim agar selalu berhati-hati dalam segala tindakan yang dilakukan.

13. Kalam

Sifat wajib Allah kalam berarti dapat berbicara dan berkata secara sempurna tanpa batasan dan bantuan. Allah berfirman lewat kitabnya yang diturunkan kepada para nabi dan rasul. Pembicaraan Allah tentu berbeda dengan konsep pembicaraan dan pemahaman manusia karena Allah tidak berpanca indra atau berorgan seperti manusia. Sifat kalam Allah sangat sempurna dan mutlak. 

14. Qadiran

Qidran adalah sifat wajib Allah yang berarti Allah maha kuasa atas alam semesta dan seisinya. Kekuasaan Allah tidak terbatas karena Dialah sang pencipta yang satu-satunya berkuasa atas kehidupan alam semesta. Kuasa Allah juga tidak akan pernah dapat ditandingi oleh kekuatan apapun di muka bumi. 

15. Muridan

Sifat wajib Allah muridan artinya Allah Maha menghendaki atas segala keadaan dan kondisi yang menentukan apa-apa saja di alam semesta. Allah berkehendak atas nasib dan takdir manusia, serta alam semesta. Sifat muridan Allah sejalan dengan sifat iradat, kehendak Allah SWT besifat mutlak dan tidak terbatas. 

5 dari 5 halaman

20 Sifat Wajib Allah dan Maknanya

16. Aliman

Sifat wajib Allah aliman artinya Allah Maha mengetahui segala sesuatu di alam semesta ini, baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi di muka bumi dan alam semesta. 

17. Hayyan

Sifat ayyan artinya Allah maha hidup tanpa pernah tidur, lengha, lelah, apalagi mati. Keberadaan Allah kekal dan abadi tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

18. Sami’an

Sifat wajib Allah sam’an artinya Allah maha mendengar segala sesuatu yang ada di alam semesta. Allah SWT memiliki kemampuan mendengar ucapan, harapan, doa , bahkan bisikan suara hati manusia yang tidak bisa didengar oleh orang lain. 

19. Bashiran

Sifat basiran berarti Allah selalu mengawasi semua hal yang terjadi di alam semesta termasuk gerak-gerik dan tingkah laku manusia. Tidak ada hal apapun yang bisa lepas dari pengawasan Allah SWT meskipun sudah tersembunyi sekalipun. 

20. Mutakkaliman

Sifat mutakalliman artinya Allah SWT Maha berfirman atas segala rakhmatnya untuk alam semesta sebagi ciptaannya. Firman Allah SWT diturunkan melalui para nabi dan rasul yang menjadi makhluk pilihan yang dapat dipercaya untuk menyampaikan firman-firmannya. Bukti Allah SWT berfirman adalah hadirnya Al-Quran sebagai pedoman umat muslim di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.