Sukses

Sitasi Adalah Kutipan, Pahami Juga Manfaat dan Teknik Penulisannya

Sitasi adalah kata lain untuk kutipan, berikut ini pengertian sitasi, manfaat penulisan sitasi dan teknik menulis sitasi.

Liputan6.com, Jakarta Sitasi adalah kata lain untuk kutipan, sehingga dapat diartikan bahwa sitasi adalah cara untuk memberitahu pembaca, tentang asal informasi yang didapatkannya berasal. Sitasi adalah cara untuk penulis memberikan kredit untuk orang atau organisasi yang informasinya digunakan dalam karya tulisnya. Jadi sitasi adalah cara untuk menghindari plagiarisme. 

Mengetahui apa itu sitasi, teknik menulis sitasi dan contoh-contoh sitasi menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang, mengingat setiap orang pasti dan akan terlibat dalam dunia kepenulisan, baik sebagai penulis maupun sebagai pembaca. Karena sitasi adalah salah satu bagian penting dalam suatu karya tulis.

Terdapat banyak cara untuk membuat sitasi, yang bergantung pada sumber sitasi diambil. Untuk memperjelas pengetahuan kita tentang apa itu sitasi, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (11/1/2023). Pengertian sitasi, manfaat penulisan sitasi dan teknik menulis sitasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sitasi Adalah

Sitasi Adalah

Sitasi adalah cara penulis memberitahu pembaca bahwa materi tertentu dalam karya Anda berasal dari sumber lain. Sitasi  juga memberi pembaca informasi yang diperlukan untuk menemukan sumber tulisan lagi, termasuk:

- Informasi tentang penulis

- Judul karya

- Nama dan lokasi perusahaan yang menerbitkan salinan sumber

- Tanggal salinan anda diterbitkan

- Nomor halaman dari materi yang dipinjam

Sitasi atau mengutip sumber berarti memasukkan informasi pilihan tentang buku atau artikel yang anda baca tentang suatu topik dan digunakan dalam makalah anda. Kutipan diperlukan saat mengutip, memparafrasakan atau menggunakan ide (karya seni, foto, video, dll.) atau kata-kata orang lain.

 

Kapan saya perlu menggunakan sitasi?

Setiap kali anda meminjam kata atau ide, anda perlu mengetahui sumbernya dan mencantumkannya. Situasi berikut hampir selalu membutuhkan sitasi:

- Setiap kali anda menggunakan tanda kutip

- Setiap kali anda melakukan parafrase

- Setiap kali anda menggunakan ide yang telah diungkapkan orang lain

- Setiap kali anda membuat referensi khusus untuk karya orang lain

- Setiap kali pekerjaan orang lain sangat penting dalam mengembangkan ide sendiri.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sitasi

Manfaat Sitasi 

Sitasi adalah cara memberikan kredit kepada individu atau organisasi yang informasinya kami pinjam. Ketika menggunakan ide, kata-kata, karya seni atau apa pun dari individu atau organisasi, penulis harus memberikan penghargaan kepada sumber informasi tersebut.

Sitasi juga memberi pembaca yang tertarik dengan spesifikasi yang diperlukan untuk mengambil sumber yang sama dan melakukan lebih banyak penelitian sendiri.

Sitasi dalam teks menunjukkan kepada pembaca dari mana ide atau kata-kata tertentu dalam makalah anda berasal, dan versi singkat kutipan ini mereferensi silang kutipan lengkap di akhir makalah. Dari kutipan penuh, pembaca memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk mengambil sumber.

Sitasi juga mencegah plagiarisme, yang menghilangkan kesempatan penulis untuk bergabung dalam percakapan yang sedang berlangsung tentang suatu topik, membahayakan integritas dan reputasi penulis dan biasanya mengakibatkan konsekuensi serius, baik di dalam universitas maupun di dunia kerja.

Memberikan penghargaan kepada penulis asli dengan mengutip sumber adalah satu-satunya cara untuk menggunakan karya orang lain tanpa menjiplak. Tetapi ada sejumlah alasan lain untuk mengutip sumber:

1. Sitasi membantu siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ide anda dan dari mana asalnya

2. Mengutip sumber menunjukkan jumlah penelitian yang telah anda lakukan

3. Mengutip sumber memperkuat pekerjaan anda dengan memberikan dukungan untuk ide-ide yang ingin disampaikan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Sitasi

1. Cara Membuat Sitasi Dari Buku

Elemen yang harus disertakan:

- Penulis atau Editor

- Tahun terbit (dalam kurung bulat)

- Judul (dalam huruf miring)

- Edisi (jika ada)

- Tempat diterbitkan

- Penerbit

- Nomor seri dan volume (jika ada)

Contoh

Daftar referensi: Ashbourn, J. (2014)  Biometrics in the new world: cloud, mobile technology and pervasive identity . edisi ke-2. London: Springer .

Kutipan dalam teks:  (Ashbourn, 2014)

 

2. Cara Membuat Sitasi Dari E-Book

Jika e-book terlihat seperti buku cetak (biasanya PDF) dengan informasi publikasi dan nomor halaman - kutip dengan cara yang sama seperti buku cetak (di atas). Jika detail penomoran halaman tertentu tidak tersedia, gunakan informasi yang Anda miliki misalnya %, loc, bab/halaman/paragraf. Tambahkan juga DOI atau alamat web ke referensi lengkap.

Contoh 

Daftar referensi: Sebelumnya, H. (2020) Away with the penguins . Tersedia di: https://www.amazon.co.uk/Away-Penguins-Hazel-Prior-ebook (Diakses: 20 September 2021).

Kutipan dalam teks: (Sebelumnya, 2020, 74%)

 

3. Cara Membuat Sitasi Dari Jurnal

Informasi yang anda sertakan dalam referensi akan bergantung pada apakah jurnal tersebut diterbitkan dalam bentuk cetak (namun diunggah untuk akses elektronik), hanya diterbitkan online, atau merupakan versi yang ditemukan dalam repositori institusional. Anda biasanya dapat mengetahui perbedaannya dengan mencari nomor halaman. Jika setiap artikel dalam jurnal dimulai pada halaman 1 atau tidak memiliki nomor halaman sama sekali, kemungkinan jurnal tersebut hanya online. 

Elemen yang harus disertakan:

- Penulis

- Tahun terbit (dalam kurung bulat)

- Judul artikel (dalam tanda kutip tunggal)

- Judul jurnal (dalam huruf miring, gunakan huruf besar pada huruf pertama setiap kata)

- Nomor volume

- Nomor terbitan (jika ada, dalam tanda kurung bulat)

- Nomor halaman atau nomor referensi artikel (Sertakan nomor halaman dari seluruh artikel)

- DOI atau tautan web untuk artikel khusus online

Contoh

Daftar referensi:  Mair, A., Poirier, M. dan Conway MA (2021) 'Efek usia dalam memori otobiografi bergantung pada ukurannya',  PLoS satu,  16(10), nomor artikel e0259279. Tersedia di: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0259279

 

4. Cara Membuat Sitasi Dari Situs Web

Anda dapat menemukan berbagai jenis informasi di Internet. Pastikan item yang anda referensikan bukan artikel jurnal, bab buku, atau jenis publikasi lain yang harus anda kutip dengan cara berbeda.

Elemen yang harus disertakan:

- Penulis (orang atau perusahaan yang membuat halaman web)

- Tahun publikasi atau pembaruan terakhir (dalam tanda kurung bulat). 

- Judul halaman (miring)

- Tersedia di: URL (Diakses: tanggal)

Contoh

Daftar referensi:  Bologna, C. (2018)  Apa yang terjadi pada pikiran dan tubuh Anda saat Anda merasa rindu rumah?  Tersedia di: https://www.huffingtonpost.com/entry/what-happens-mindbody-homesick_us_5b201ebde4b09d7a3d77eee1 (Diakses: 24 Juni 2021)

Kutipan dalam teks: (Bologna, 2018)

 

5. Cara Membuat Sitasi Dari Database Perusahaan

Elemen yang harus disertakan:

- Organisasi penerbitan  

- Tahun publikasi/terakhir diperbarui (dalam kurung bulat)  

- Judul laporan  (miring)  

- Tersedia di: URL atau DOI (Diakses: tanggal)

Contoh

Daftar referensi:  Bureau van Dijk (2020)  Tesco plc company report . Tersedia di: http://fame.bvdep.com (Diakses: 27 Mei 2021). 

Kutipan dalam teks: (Bureau van Dijk, 2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.