Sukses

Profil PT Hyundai sebagai Produsen Otomotif, Lengkap dengan Sejarah dan Produknya

PT Hyundai adalah sebuah perusahaan otomotif yang merupakan divisi dari Hyundai Motor Group.

Liputan6.com, Jakarta PT Hyundai merupakan salah satu merk mobil terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini berasal dari Korea Selatan. PT Hyundai adalah sebuah perusahaan otomotif yang merupakan divisi dari Hyundai Motor Group.

PT Hyundai didirikan sejak tahun 1967 oleh Chung Ju-yung dan bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul. Kemudian melebarkan sayapnya di Indonesia pada tahun 2020. Produk dari perusahaan ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai profil PT Hyundai beserta sejarah dan produknya yang telah dirangkum dari laman resmi hyundai.com, Jumat (30/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Hyundai

PT Hyundai adalah anak perusahaan penjualan dan distributor resmi Hyundai Motor Company yang merupakan produsen otomotif di Indonesia. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1967 oleh Chung Ju-yung dan bermarkas di Yangjae-dong, Seocho-gu, Seoul.

Kemudian, pada tahun 2020, PT Hyundai melebarkan sayapnya ke Indonesia. Visi perusahaan PT Hyundai adalah "Progress for Humanity" yang berarti dasar dari dedikasi dalam menyediakan jajaran produk dengan teknologi yang membantu membangun solusi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. 

Hyundai menginvestasikan USD 1,55 miliar untuk mengembangkan pusat manufaktur pertamanya di ASEAN. Didirikan pada tahun 2020, pabrik modern ini berada di lokasi seluas 8,35 juta kaki persegi (77,6 hektar) di Kota Deltamas, Bekasi, yang akan dioperasikan oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). Pabrik tersebut diperkirakan akan memulai produksi komersial pada paruh kedua 2021 dengan kapasitas per tahun 150.000 unit dan pada akhirnya 250.000 unit setiap tahun saat mencapai kapasitas maksimumnya.

Melalui pabriknya yang canggih, Hyundai akan menghadirkan produk dan teknologi terbarunya di Indonesia serta ke pasar-pasar utama di kawasan ASEAN lainnya. Pabrik manufaktur Hyundai juga akan menyediakan ribuan pekerjaan bagi para pekerja di kawasan ini dan dalam jangka panjang, perusahaan ini sedang mengembangkan produksi kendaraan elektrik (EV) kelas dunia di pabriknya yang berlokasi di Indonesia ini.

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Hyundai

Berikut ini sejarah dari PT Hyundai, yakni:

- 1975: Hyundai memproduksi mobil Korea pertama yang diberi nama Pony. Desain mobil ini merupakan rancangan dari Giorgio Giugiaro yang dipadukan dengan teknologi powertrain dari Mitsubishi. Hyundai mulai mengekspor Pony pada tahun berikutnya ke Ekuador dan negara-negara Benelux.

- 1983: Pony masuk ke pasar Kanada, namun tidak dapat menembus pasar Amerika Serikat karena tidak memenuhi standar emisi di sana. Penjualan Pony di Kanada sangat bagus dan menjadi satu dari penjualan mobil paling top di pasar Kanada. Pony menawarkan kualitas yang setara dengan harga yang murah.

- 1986: Hyundai mulai menjual produknya di Amerika Serikat. Produknya yang bernama Hyundai Excel kemudian dinominasikan sebagai Produk Terbaik di urutan ke-10 oleh Majalah Fortune. Hyundai mulai memproduksi mobil dengan teknologinya sendiri pada tahun 1988, dengan produk pertama Hyundai Sonata.

- 1998: Hyundai mencoba untuk merombak citranya dalam rangka membangun dirinya untuk menjadikan dirinya sebuah perusahaan kelas dunia. Chung Ju-Yung menyerahkan kepemimpinan Hyundai ke anaknya, Chung Mong-Koo pada tahun 1999. 

Perusahaan induk Hyundai, Hyundai Motor Group, menginvestasi besar-besaran dalam kualitas, desain, produksi, dan riset jangka panjang terhadap kendaraannya. Perusahaan ini memberikan garansi 10 tahun atau 100.000 mil kepada mobil-mobil yang dijual di Amerika Serikat dan membuat kampanye marketing yang agresif.

4 dari 5 halaman

Cabang Hyundai di Dunia

Selain di Indonesia, PT Hyundai juga melebrakan sayapnya ke berbagai belahan benua di dunia, yakni:

1. Amerika Serikat

2. India

3. Eropa

4. Turki

5. Mesir

6. Rusia

7. China

8. Jepang

9. Selandia Baru

5 dari 5 halaman

Produk-Produk PT Hyundai di Indonesia

1. SUV

a. Type PALISADE

New PALISADE telah dilengkapi dengan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, sebuah platform yang memudahkan pengecekan informasi penting tentang mobil Anda. Terhubung dengan call center Hyundai 7 x 24 jam saat terjadi kondisi darurat untuk segera memberikan Anda bantuan.

b. Type CRETA

CRETA telah dilengkapi dengan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, sebuah platform yang memudahkan pengecekan informasi penting tentang mobil Anda. Terhubung dengan call center Hyundai 7 x 24 jam saat terjadi kondisi darurat untuk segera memberikan Anda bantuan.

c. Type SANTA FE

Semua detail yang ada pada SANTA FE diciptakan untuk keluarga Anda. Desainnya yang mewah, ruang interior yang luas mendukung berbagai aktivitas Anda sekeluarga, serta teknologi terdepan. Grille depan yang lebar khas SANTA FE didesain menyatu dan harmonis dengan lampu depan. Bagian sampingnya dirancang dinamis dan proporsional membungkus hingga ke lampu belakang dan ke setiap sudut-sudut badan kendaraan. Tampilan SANTA FE yang tak tertandingi akan selalu menemani di setiap momen penting Anda. Tidak hanya luas, interior SANTA FE dilengkapi detil-detil untuk seluruh anggota keluarga Anda. Konsol utama dilapisi dengan bahan kulit premium yang nyaman dengan tombol-tombol yang disusun teratur agar memudahkan Anda dalam mengatur fitur yang diinginkan.

2. EV

a. Type IONIQ 5

Bebas rasa khawatir ketika mengendarai IONIQ 5. IONIQ 5 telah dilengkapi portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak dinding standar. Selain itu IONIQ 5 juga dapat menunjang pengisian daya sampai 80% hanya dalam +/- 18 menit*. Fitur V2L memungkinkan IONIQ 5 menjadi sumber daya listrik sebesar 3,6 kW untuk penggunaan perangkat elektronik, menambah kemudahan dan kenyamanan Anda saat dalam perjalanan.

b. Type KONA Electric

Dengan baterai berkapasitas 39,2kWh, KONA Electric menghasilkan jarak tempuh yang cukup untuk berkendara sehari-hari. Dengan jarak tempuh 305 km (berdasarkan metode WLTP*), membuat Anda percaya diri dalam mengemudi.

Pengisian daya KONA Electric sangat fleksibel. Dapat melalui AC charger, DC fast charger yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam sampai 80% daya baterai. Dan juga melalui portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak arus listrik rumah tangga.

3. MPV

a. Type STARGAZER

Hyundai STARGAZER telah dilengkapi dengan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, sebuah platform yang memudahkan pengecekan informasi penting tentang mobil Anda. Terhubung dengan call center Hyundai 7 x 24 jam saat terjadi kondisi darurat untuk segera memberikan Anda bantuan.

b. Type STARIA

Mengadopsi gaya on-curve design, STARIA mengaplikasikan inovasi terbarunya pada rancang bentuk kendaraan MPV. Siluet futuristiknya membungkus berbagai fitur teknologi terdepan untuk berkendara yang semakin aman, nyaman dan mudah. Lebih dari sekedar membangun estetika desain, STARIA menciptakan kelas dan standar kemewahan yang baru di segmen MPV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.