Sukses

Viral Rapor Murid Dapat Ranking 1 Meski Tak Lulus KKM, Netizen Heboh

Nilai jeblok-pun bisa dapat juara kelas.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menempuh ujian di sekolah, tak sedikit murid yang harus dimotivasi untuk berlomba lomba mendapat peringkat terbaik. Mulai dari penguasaan materi, menghafal, hingga paham rumus menjadi pondasi seorang murid jadi berprestasi di bidang akademik. Nilai jadi tolak ukur utama untuk jadi juara.

Nilai yang didapa baik bakal menentukan peringkat berapa seorang murid tersebut. Umumnya, semakin baik, semakin teratas sebuah ranking. Hingga belakangan ini tengah viral di media sosial, sebuah cuplikan video menunjukkan nilai seorang siswa yang terbilang jeblok. Namun siapa sangka, siswa yang tak diketahui namanya itu dinyatakan meraih rangking pertama.

Sebuah video yang dibagikan akun TikTok @rnxy yang kini sudah dihapus itu berhasil diabadikan lewat tangkapan layar akun Twitter @convomfs. Seketika cuitannya jadi sorotan netizen yang tak habis pikir dengan rata-rata nilai di kelas murid tersebut. 

Dalam tangkapan layar yang dibagikan terlihat murid tersebut mendapat peringkat pertama. Terlihat keterangan peringkat 1 dari total 23 murid meskipun punya nilai jauh di bawah rata-rata. Seperti apa tanggapan heboh netizen? Berikut Liputan6.com merangkum kisah viralnya melansir dari Twitter @convomfs, Selasa (27/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semua Mata Pelajaran Tak Lulus KKM

Sudah tak asing lagi dalam menentukan juara kelas, ada ketentuan nilai yang harus dicapai. Seperti KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal yang harus didapatkan di setiap mata pelajaran. Namun dalam cuitan yang tengah viral tersebut justru berkebalikan. 

Jika semakin banyak nilai yang bisa dicapai, semakin menentukan murid bisa jadi juara. Sedangkan dalam hasil rapor yang viral tersebut, tak satupun dari mata pelajaran yang ditempuh melampaui KKM.

Terlihat sejumlah 11 mata pelajaran dengan KKM seluruhnya 70. Sedangkan nilai yang didapatkan paling tinggi hanya mendapatkan angka 66, paling rendah 42. Namun hasil akhir keterangan peringkat sukses bikin melongo netizen. 

“Kok bisa dapat juara 1😭Ini isi sekelas gimana anjir. Nilainya gada yg lewat kkm, kkm nya udh rendah bgt pdhl. Speechless,” tulis dalam cuitan akun Twitter @convomfs.

3 dari 3 halaman

Reaksi Netizen

Melihat hasil nilai dan peringkat yang tertera di unggahan tersebut, netizen segera heboh. Mereka seketika geleng kepala tak habis pikir dengan hasil akhir penentuan murid dengan nilai tak mencukupi KKM bisa rangking 1. Netizen tak henti membayangkan dirinya di kelas yang sama, bakal rangking pertama terus. Berikut tanggapan netizen dalam cuitan Twitter @convomfs.

“Gw skolah disitu ranking trus,” komentar akun @Ioseerr

“Tapi ini pernah kejadian sama Abang ku, nilai dia pas kkm, malah ada yg dibawah, tapi dia rank 1😭 bahkan dikadoin sm guru nya😭,” komentar akun @slytkherin

“Unik banget ya.....juara 1 kaya gini, terus yang peringkat 23 apa 0 semua 😭😭😭,” komentar akun @eilaranra

“Buset gapernah ngerjain tugas kah?? ko murni bgt rapotnya,” komentar akun @sahibots

“Gue dulu pernah ngalamin kek gini wkwkw karena siswa pindahan, dimasukinnya ke kelas buncit. Pas rapotan uts,Matematika dapet 56, ipa dapet 42. Awalnya gue diomelin mak w. Tapi pas eyang gue notice gue ranking 1. Mereka berdua auto bingung 😭😭😭,” komentar akun @Doyie1111

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.