Sukses

Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Suku dan budaya tidak terbentuk begitu saja, tetapi ada pemengaruhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perintah jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Suku dan budaya tidak terbentuk begitu saja, tetapi ada pemengaruhnya baik dari dalam maupun dari luar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan faktor penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah letak geografis, sebagai negara kepulauan, kondisi alam, transportasi, komunikasi, hingga penerimaan masyarakat.

Adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pun memberikan dampak positif dan negatif. Apa dampak positif dan negatifnya?

Dalam buku berjudul Khazanah Antropologi 1 (2009) oleh Siany L., Atiek Catur B, dampak positifnya ada kekayaan budaya dan identitas bangsa. Sementara itu, dampak negatifnya ada dominasi dari kelompok dominan atau diskriminasi hingga meningkatkan adanya konflik sosial.

Agar lebih memahami simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, Rabu (21/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menurut buku berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Paket B Setara SMP/MTs oleh Kemdikbud, berupa:

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah dipengaruhi letak strategis wilayahnya. Indonesia diapit oleh dua benua, yakni Asia dan Australia. Indonesia pun diapit oleh dua samudra, yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak negara Indonesia berada di wilayah strategis dan membuat banyak pedagang dari berbagai penjuru dunia singgah ke Nusantara. Selain berdagang, mereka pun memberi pengaruh kebudayaan kepada masyarakat Indonesia.

2. Negara Kepulauan

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah ini negara kepulauan. Dijelaskan, total ada 16.771 pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Banyaknya pulau di Indonesia, membuat setiap pulau mengembangkan adat, budaya, sampai kepercayaannya masing-masing. Inilah penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

Dicontohkan, bahasa orang Padang berbeda dengan orang Jawa. Bahasa Padang lebih banyak pengaruh Melayu. Sementara bahasa Jawa menyerap pengaruh India.

3. Kondisi Alam

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah dipengaruhi kondisi alamnya. Alam di setiap pulau Indonesia pasti berbeda-beda.

Kondisi inilah yang kemudian mempengaruhi kebiasaan, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bentuk rumah, tata kehidupan masyarakat, sampai kepercayaan di setiap daerah.

Dicontohkan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia bagi mereka yang tinggal di dataran tinggi dan mata pencahariannya bercocok tanam sebagai petani. Mereka lebih terbiasa makan sayuran dan buah karena mudah mendapatkannya.

Sementara itu, masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan mata pencahariannya melaut sebagai nelayan, akan lebih jarang makan sayur dan buah. Tentu saja, mereka terbiasa makan hidangan laut.

4. Kondisi Transportasi dan Komunikasi

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah dipengaruhi transportasi dan komunikasi. Ada daerah yang dekat dengan kota, ini membuat akses transportasi dan komunikasi menjadi lebih memadai.

Akan tetapi, kondisi transportasi dan komunikasi demikian belum tentu dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di desa atau jauh dari kota. Tidak jarang, ada yang ketinggalan informasi karena tidak memiliki akses komunikasi yang memadai.

Inilah penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, di mana transportasi dan komunikasi demikian akan berpengaruh kepada kebiasaan masyarakat setempat.

3 dari 3 halaman

Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

5. Penerimaan Masyarakat Atas Perubahan

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah dipengaruhi penerimaan masyarakat atas perubahan. Ini termasuk sikap pada hal-hal baru, termasuk budaya baru dari luar.

Dalam buku berjudul Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi oleh Dr. H. Sutirna, S.Pd., M.Pd., penerimaan masyarakat atas perubahan adalah penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

Dicontohkan, ada masyarakat yang mudah menerima orang atau budaya asing, seperti masyarakat perkotaan. Sementara itu, ada pula masyarakat yang tetap bertahan dengan budaya sendiri dan terus berupaya mempertahankannya.

Ini penjelasan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia lainnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

6. Kepercayaan atau Agama

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah dipengaruhi kepercayaan atau agama. Indonesia dikenal sebagai negara dengan tingkat pemeluk agama yang tinggi.

Perbedaan kepercayaan akan membentuk keberagaman dalam bermasyarakat. Ini akan menciptakan cara hidup, bersosialisasi, dan berbudaya yang berbeda.

7. History atau Sejarah

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah sejarah. Di setiap wilayah Indonesia, pasti memiliki perjalanan sejarahnya sendiri. Contohnya, wilayah yang memiliki riwayat sejarah kerajaan Islam akan memiliki ciri khas budaya khusus terkait sejarah ini.

8. Pengaruh Ras dan Golongan

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah pengaruh ras dan golongan. Ada banyak ras di Indonesia, yakni ras malayan-mongoloid yang tersebar di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali.

Sementara ras malanesoid di daerah Papua, NTT dan maluku. Ras Kaukosoid yakni orang India, timur Tengah, Australia, Eropa dan Amerika. Ras Asiatic mongoloid yakni orang Tionghoa, Korea, dan Jepang.

Ras yang hadir di suatu wilayah pasti berkembang, dan akan membentuk kebudayaan-kebudayaan baru. Akan ada ras yang membentuk golongan dan menciptakan keberagaman sosial dan budaya di Indonesia.

9. Perbedaan Leluhur

Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah adanya perbedaan leluhur. Masyarakat Indonesia berasal dari beberapa leluhur.

Diketahui, leluhur bangsa Indonesia berasal dari suku bangsa Austronesia. Seiring berjalannya waktu, leluhur yang mendiami wilayah Indonesia ini berkembang dan membentuk kebudayaannya sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.