Sukses

6 Cara Mendapatkan Token Gratis Secara Online dan Offline, Mudah dan Praktis

Salah satu cara mendapatkan token gratis dari PLN adalah dengan mengunjungi laman resminya.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa cara mendapatkan token gratis yang bisa Anda coba. Token gratis ini merupakan subsidi listrik yang bisa diperoleh masyarakat sebagai bagian dari langkah dari pemulihan pascapandemi Covid-19.

Namun, cara mendapatkan token gratis ini tidak bisa didapatkan oleh semua pelanggan PLN. Hanya pelanggan dengan daya listrik 450 Watt dan 900 Watt saja yang bisa menggunakan cara mendapatkan token gratis ini.

Setidaknya ada tiga cara mendapatkan token gratis ini. Cara yang pertama adalah dengan mengakses website resmi PLN. Yang kedua dengan mengajukan permohonan token gratis melalui aplikasi PLN Mobile.

Yang terakhir, cara mendapatkan token gratis adalah dengan menghubungi PLN melalui WhatsApp. Ketiga cara mendapatkan token gratis tersebut tentunya memerlukan perangkat dan jaringan internet. Namun masih ada beberapa cara lain yang memungkinkan untuk dilakukan secara offline.

Berikut adalah cara mendapatkan token gratis secara online dan offline, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (17/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mendapatkan Token Gratis melalui Website PLN

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mendapatkan token gratis dari PLN adalah dengan mengunjungi laman resminya. Pastikan untuk tidak mengunjungi laman yang salah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka situs www.pln.co.id.

2. Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

3. Masukkan ID pelanggan/nomor meter di kolom pencarian.

4. Masukkan kode captcha, lalu klik “cari”.

5. Nantinya, akan muncul nomor token listrik gratis atau diskon 50 persen.

6. Jika sudah mendapatkannya, jangan lupa disimpan dan masukkan nomor itu ke kWh meter yang sesuai dengan ID Pelanggan.

3 dari 6 halaman

Cara Mendapatkan Token Gratis Melalui Aplikasi PLN Mobile

Berikutnya, cara mendapatkan token gratis adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Hal yang pertama perlu dilakukan dalam cara mendapatkan token gratis ini, Anda perlu mengunduh dan memasang aplikasi PLN ke perangkat smartphone Anda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh aplikasi PLN Mobile dan install.

2. Langsung buka aplikasi PLN Mobile yang sudah diunduh sebelumnya.

3. Perhatikan pada bagian Info & Promo, klik “PLN Peduli Covid-19”.

4. Bila berhasil, masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

5. Pelanggan yang mendapat bantuan akan langsung mendapat token gratis setelah memasukkan ID.

6. Untuk yang sudah mendapatkan bisa langsung memasukkan token listrik PLN gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

4 dari 6 halaman

Cara Mendapatkan Token Gratis dari PLN melalui WhatsApp

Jika Anda tidak berkenan untuk mengunduh dan memasang aplikasi PLN Mobile, Anda bisa menggunakan cara berikut. Cara mendapatkan token gratis ini adalah dengan menghubungi PLN melalui WhatsApp. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp dan chat ke nomor 08122 123 123.

2. Kirimkan pesan berupa nomor ID pelanggan.

3. Akan muncul pesan otomatis dari PLN, ikuti instruksi, lalu pilih info listrik gratis/diskon stimulus Covid-19.

4. Masukkan nomor ID pelanggan saat muncul instruksi untuk memasukkan nomor pelanggan/meter kWh.

5. Token gratis/diskon akan langsung muncul.

6. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

5 dari 6 halaman

Cara Mendapat Token Gratis dengan Menelepon Call Center PLN

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan cara mendapatkan token gratis dengan menelepon call center PLN. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan sambungan telepon, baik dengan menggunakan telepon rumah atau telepon seluler, ke nomor 123.

Nanti Anda akan dihubungkan dengan salah satu customer service PLN. Anda cukup menjelaskan maksud Anda untuk mendapatkan token gratis. Setelah itu Anda cukup mengikuti arahan dari petugas.

Cara Mendapatkan Token Gratis dengan Menghubungi Aparat Desa

Jika cara sebelumnya, pelanggan PLN memerlukan sambungan telepon atau internet, cara mendapatkan token gratis dari PLN ini tidak perlu perangkat atau jaringan internet. Hanya saja prosesnya jadi lebih panjang, sebab pelanggan PLN harus mendatangi aparat desa setempat untuk bisa mendapatkan token gratis.

Anda cukup mendatangi aparat desa setempat, untuk meminta bantuan dalam mendapatkan token gratis. Penting untuk mengingat atau membawa nomor meteran Anda.

Cara Mendapatkan Token Gratis dengan Mendatangi Kantor PLN Terdekat

Berikutnya, cara mendapatkan token gratis adalah dengan mendatangi kantor PLN terdekat. Setelah sampai di kantor PLN terdekat, masuklah ke bagian customer service, lalu utarakan maksud dan tujuan Anda untuk mendapatkan token gratis.

Nanti petugas akan menanyakan ID Pelanggan atau nomor meteran listrik untuk kemudian memberikan nomor token listrik yang bisa Anda gunakan kemudian.

6 dari 6 halaman

Syarat dan Ketentuan

Demikianlah sejumlah cara mendapatkan token gratis dari PLN. Penting untuk menjadi catatan bahwa cara ini hanya berlaku bagi pelanggan dengan kapasitas daya listrik 450 Watt dan 900 Watt saja.

Selain itu, penyaluran stimulus diskon listrik saat ini dilakukan pembatasan pada mekanismenya. Maka pemakaian potongan tarif dihitung sesuai maksimum pemakaiannya, pastikan kamu mendapatkan diskon 100 persen, ya!

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan subsidi listrik, wajib memperhatikan batas pemakaian ini. Untuk pelanggan pasca bayar 450 VA, tarif listrik gratis hanya diberikan untuk pemakaian listrik maksimal 720 jam nyala, atau setara 324 kWh.

Pelanggan prabayar 900 VA, diskon listrik 50 persen juga dikenakan batasan pemakaian 720 jam nyala, atau setara 648 kWh. Lebih dari itu, pemakaiannya dikenakan tarif normal yang sebenarnya sudah disubsidi juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.