Sukses

Profil PT Pegadaian, Perusahaan Pemberian Pinjaman dengan Jaminan Barang

PT Pegadaian adalah perusahaan pemberian pinjaman dengan jaminan barang, yang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.

Liputan6.com, Jakarta PT Pegadaian adalah salah satu perusahaan pemberian pinjaman dengan jaminan barang, yang bergerak baik secara konvensional maupun syariah. PT Pegadaian (Persero) adalah perusahaan BUMN, yang dibuka pertama kali di Sukabumi pada tanggal 1 April 1901. Sampai dengan Agustus 2020, PT Pegadaian telah mempunyai outlet sebanyak 4.100 yang tersebar di seluruh Indonesia. Tersedia berbagai macam Produk dan layanan Pegadaian, yang bisa diakses di lebih 11.000 agen.

PT Pegadaian juga telah mengembangkan layanan secara elektronik, dengan aplikasi yang dapat diunduh di Playstore atau App Store. Selain memiliki jaringan pelayanan yang luas, keunggulan Pegadaian lainnya adalah kecepatan dalam pelayanan dengan menerapkan standar waktu layanan maksimal 15 menit.

Berbagai produk-produk juga beraneka ragam, baik itu pemberian pinjaman dengan jaminan barang secara konvensional maupun syariah, pembiayaan usaha mikro, cicilan dan tabungan emas, cicilan kendaraan bermotor, pembiayaan haji dan wisata syariah, serta beraneka jasa lain seperti pengiriman uang, multi pembayaran online, jasa taksiran, jasa titipan, sertifikasi batu permata, dan safe deposit box.

PT Pegadaian juga aktif melaksanakan berbagai program kemitraan dan bina lingkungan, dan salah satu program yang populer adalah, program memilah sampah menabung emas bertajuk The Gade Clean and Gold. Dengan program ini masyarakat diajak meningkatkan kebersihan lingkungan sekaligus menabung emas. 

Berikut ini produk dan layanan PT Pegadaian yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

PT Pegadaian

PT Pegadaian merupakan salah satu perusahaan yang berdiri, dengan tujuan untuk mencegah ijon, rentenir, dan pinjaman tidak wajar lainnya. Hadirnya perusahaan ini, untuk mendukung program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional. Berawal dari tahun 1746, saat VOC mendirikan Bank Van Leening sebagai lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai. Kemudian tahun 1811, pemerintah Inggris kemudian mengambil alih dan membubarkan Bank Van Leening, sehingga masyarakat di beri keleluasaan mendirikan usaha pergadaian.

Mulai berlanjut pada tahun 1901, didirikan Pegadaian negara pertama di Sukabumi (Jawa Barat pada tanggal 1 April 1901) dan 4 tahun setelahnya tepat 1905, Pegadaian berbentuk lembaga resmi "JAWATAN". Kemudian pada tahun 1961, pegadaian mulai membentuk badan hukum dari "JAWATAN" ke "PN" berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) No. 19 Tahun 1960 Jo Peraturan Pemerintah (PP) No. 178 Tahun 1961.

Berlanjut pada tahun 1969, dari bentuk badan hukum "PN" kemudian menjadi  "PERJAN" berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 Tahun 1969. Pada tahun 1990, dari bentuk badan hukum "PERJAN" beralih ke "PERUM" berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 10 Tahun 1990 yang diperbarui dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 103 Tahun 2000.

Pada tahun 2012, badan hukum kemudian berubah dari "PERUM" ke "PERSERO" pada tanggal 1 April 2012, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 51 Tahun 2011. Selang beberapa waktu lamanya, tahun 2021 kemudian badan hukum berubah dari "PERSERO" ke "PERSEROAN TERBATAS" berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 73 Tahun 2021. 

3 dari 6 halaman

Produk dan Layanan PT Pegadaian

Produk dan layanan PT Pegadaian adalah Pinjaman Gadai yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya: 

- Pegadaian Gadai Emas, adalah bentuk pemberian kredit dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah, untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan jaminan emas maupun perhiasan. 

- Gadai Non Emas, merupakan salah satu pemberian kredit dengan sistem gadai, yang diberikan ke seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif. Adapun jaminannya berupa barang non emas seperti gawai, elektronik atau barang rumah tangga lainnya. 

- Gadai Kendaraan, adalah pemberian kredit dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan jaminan kendaraan bermotor.

- Gadai Tabungan Emas, merupakan sistem gadai dengan agunan berupa emas titipan milik nasabah, artinya tabungan emas dari Pegadaian yang dimiliki oleh nasabah bisa digadaikan.

- Gadai Angsuran Emas, adalah kredit sistem gadai kepada semua golongan nasabah untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif menggunakan jaminan emas, baik emas batangan maupun perhiasan dengan sistem pembayaran angsuran bulanan.

- Gadai Efek, adalah layanan pemberian pinjaman dengan jangka waktu hingga 90 hari dengan jaminan berbentuk saham dan atau obligasi tanpa warkat. 

- Gadai Emas Syariah, ialah pemberian pinjaman secara syariah dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah, untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan jaminan emasdan berlian yang terikat emas.

- Gadai Non Emas Syariah, merupakan salah satu produk Pegadaian untuk memberikan pinjaman dana tunai dengan jaminan berupa gawai, elektronik atau barang rumah tangga. 

- Gadai Kendaraan Syariah, ialah pemberian pinjaman secara syariah dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif, dengan jaminan kendaraan bermotor. 

- Gadai Tabungan Emas Syariah, merupakan salah satu bentuk pemberian pinjaman dengan sistem rahn (gadai) yang diberikan ke seluruh golongan nasabah. 

 

 

4 dari 6 halaman

Produk dan Layanan PT Pegadaian

Produk dan layanan PT Pegadaian adalah Pinjaman Non Gadai, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

- Pegadaian Pinjaman Usaha, di mana akan ada pemberian kredit dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), untuk pengembangan usaha dengan sistem fidusia menggunakan barang jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor.

- Pinjaman Usaha Syariah, yang merupakan pinjaman dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM), untuk pengembangan usaha dengan sistem fidusia menggunakan jaminan BPKB kendaraan bermotor. 

- Pinjaman Serba Guna, yang merupakan salah satu sistem kredit yang diberikan kepada karyawan dan non karyawan untuk keperluan konsumtif dengan agunan BPKB kendaraan bermotor. 

- Pegadaian Cicil Kendaraan, adalah layanan pemberian pinjaman dengan prinsip syariah kepada pengusaha mikro/kecil, karyawan dan profesional, guna pembelian kendaraan bermotor dalam kondisi baru maupun second. 

- Pegadaian Cicil Emas, merupakan layanan pembiayaan emas batangan kepada masyarakat secara cicilan. 

- Cicil Emas Arisan, menyediakan layanan investasi emas batangan secara angsuran untuk kelompok arisan dengan harga yang pasti dan tidak dipengaruhi fluktuasi harga emas.

- Pegadaian Cicil EmasKu, merupakan salah satu produk pembiayaan emas batangan yang di tujukan untuk seluruh masyarakat yang ingin berinvestasi emas, sekaligus mendapatkan benefit tambahan berupa asuransi perlindungan diri.

- Pegadaian Gadai Sertifikat, adalah pembiayaan berbasis syariah yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan tetap/rutin, pengusaha mikro/kecil dan petani dengan jaminan sertifikat tanah setingkat SHM dan HGB.

 

5 dari 6 halaman

Produk dan Layanan PT Pegadaian

Produk dan layanan PT Pegadaian adalah layanan jasa, yang terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

- Tabungan Emas Pegadaian, yang merupakan salah satu ayanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

- Produk Tabungan Emas Pegadaian, yang sangat memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

- Pegadaian Jasa Pengiriman Uang, adalah layanan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam dan luar negeri, di mana melakukan kerjasama dengan beberapa Perusahaan Remitansi berskala internasional. 

- Pegadaian Jasa Pembayaran Online, yang merupakan layanan pembayaran berbagai tagihan bulanan, pembelian pulsa, pembelian tiket, pembayaran finance, pembayaran premi BPJS, dan lain-lain.

- Jasa Sertifikasi, yang merupakan jasa pengujian terhadap sebuah batu mulia, emas dan perhiasan lainnya yang dilakukan oleh gemologis di laboratorium gemologi untuk mengetahui jenis, keaslian, kualitas dan spesifikasi-spesifikasi yang lain dibutuhkan dan untuk memberikan kepastian dan keyakinan kepada pemilik, penjual maupun pembeli. 

- Pegadaian Jasa Taksiran, di mana layanan ini tersedia kepada masyarakat yang ingin mengetahui karatase dan kualitas harta perhiasan emas, berlian dan batu permata, baik untuk keperluan investasi ataupun keperluan bisnis dengan biaya yang relatif terjangkau. 

- Pegadaian Jasa Titipan, yang layanananya akan tersedia kepada masyarakat yang ingin menitipkan barang berharga seperti perhiasan emas, berlian, surat berharga maupun kendaraan bermotor. 

- Safe Deposit Box, di mana jasa ini adalah penyewaan kotak penyimpanan barang atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus. 

6 dari 6 halaman

Capaian PT Pegadaian

Terdapat sejumlah capaian dari PT Pegadaian, dari yang terbaru hingga tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini daftar penghargaan yang diperoleh: 

1. Pada tanggal 15 September 2022, PT Pegadaian mendapatkan penghargaan sebagai Top Digital Corporate Brand 2022 Kategori Meningkatkan Aktivitas Corporate Brand di Ranah Digital. 

2. 19 Oktober 2022, PT Pegadaian mendapatkan penghargaan "Tren Asia ESG Excellence 2022" for Non Bank Finance Industry Kategori Sustainibility oleh Tren Asia. 

3. Selanjutnya pada tanggal 27 Oktober 2022, keluar sebagai Most Popular Brand Kategori Other Financial Services BUMN Awards 2022. 

 

4. Pada tanggal 25 Maret 2022, PT Pegadaian mendapatkan sejumlah penghargaan salah satunya Gold Winner PRIA Kategori Anak Usaha BUMN Sub Kategori Manual Tata Kelola Kehumasan 2022. 

 

5. PT Pegadaian pada tanggal 11 Maret 2021, memenangkan penghargaan Gold Winner PR Indonesia Award 2021 Kategori BUMN Sub Kategori Tata Kelola Kehumasan Oleh Publik Relation Indonesia Awards 2021.

 

6. Pada 22 Oktober 2021, PT Pegadaian mendapatkan penghargaan sebagai The Best SOE with Predicate "EXCELLENT" for Financial Performance in 2020 oleh Infobank.

7. Selanjutnya yang diraih oleh PT Pegadaian adalah Certificate of Appreciation as Top 5 Best Workplace for Women 2021 Kategori Financial Industry oleh Indonesia Best Workplace for Women Awards 2021. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.