Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Intonasi? Kenali Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Apa yang dimaksud dengan intonasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti nada, jeda, dan tempo.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan intonasi berkaitan dengan nada dalam musik ataupun saat berkata-kata. Intonasi merupakan tinggi rendahnya suatu nada pada kalimat, di mana seseorang memberikan penekanan dalam kata-kata tertentu dalam kalimat tersebut.

Intonasi merupakan hal yang cukup penting diperhatikan saat kamu berkata-kata. Pasalnya, intonasi dapat memperlihatkan perasaan yang kamu bawa dalam menyampaikan kalimat pada orang lain. Jadi dengan intonasi yang tepat, kalimat kamu akan lebih mudah dimengerti oleh orang lain.

Apa yang dimaksud dengan intonasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti nada, jeda, dan tempo. Istilah intonasi ini kerap kali digunakan dalam bidang musik, seni, hingga linguistik, di mana intonasi sangat diperhatikan dalam bidang-bidang tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/12/2022) tentang apa yang dimaksud dengan intonasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Intonasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud dengan intonasi yaitu lagu kalimat. Intonasi adalah ketepatan penyajian tinggi rendah nada (dari seorang penyanyi). Apa yang dimaksud dengan intonasi juga dapat dipahami sebagai ketepatan pengucapan dan irama kalimat dalam dialog (dari seorang aktor).

Apa yang dimaksud dengan intonasi yaitu variasi nada yang digunakan untuk menunjukkan sikap dan emosi pembicara. Intonasi sangat berkaitan dengan cara pelafalan kalimat. Dalam kalimat, apa yang dimaksud dengan intonasi adalah variasi suara dengan adanya penekanan pada nada, jeda, dan tempo supaya kalimat yang ingin diucapkan kepada orang lain dapat sesuai maksud serta maknanya.

Menurut Gorys Keraf, apa yang dimaksud dengan intonasi yaitu kerja sama antara nada, tekanan, durasi, dan perhentian-perhentian yang menyertai suatu tutur, dari awal hingga perhentian yang terakhir. Intonasi menstimulasi adanya penekanan dari suatu kalimat yang disampaikan dan menjadi simbol yang ditangkap oleh orang lain, sehingga menafsirkan suatu maksud dan makna yang diberikan. Selain itu, apa yang dimaksud intonasi juga penting dalam konteks komunikasi dengan lawan bicara, maksudnya yaitu intonasi harus disesuaikan dengan orang yang sedang berbicara dengan kita.Jenis Intonasi

3 dari 5 halaman

Jenis Intonasi

Apa yang dimaksud dengan intonasi terbagi menjadi 3, yaitu tekanan dinamik, tekanan nada, dan tekanan tempo.

- Tekanan Dinamik. Tekanan Dinamik atau keras lemah dilakukan dengan mengucapkan kalimat dengan melakukan penekanan pada setiap kata yang memerlukan penekanan. Tekanan dinamik adalah tekanan keras yang diletakkan atas sebuah suku kata dan berfungsi untuk membedakan arti dari suku kata tertentu, dan jika tekanan keras ini dipindahkan tempatnya akan berpengaruh pada timbulnya perubahan pengertian.

-  Tekanan Nada. Bentuk pada tekanan nada ini mempunyai peranan untuk membedakan arti suatu kata. Hal ini berarti membaca atau mengucapkan kalimat dengan suara yang naik, turun, dan berubah-ubah. Jadi yang dimaksud dengan tekanan nada ialah tentang tinggi rendahnya suatu nada dalam mengucapkan suatu kata.

Cobalah mengucapkan kalimat dengan memakai nada, artinya tidak mengucapkan seperti biasanya. Yang dimaksud di sini adalah membaca/mengucapkan kalimat dengan suara yang naik turun dan berubah ubah. Jadi yang dimaksud dengan tekanan nada ialah tentang tinggi rendahnya suatu kata.

-  Tekanan Tempo. Tekanan tempo adalah membuat lambat atau membuat cepat pengucapan. Tekanan ini sering dipergunakan untuk lebih mempertegas apa yang kamu maksudkan. Untuk cara latihannya cobalah membaca naskah dengan tempo yang berbeda-beda. Lambat atau cepat dengan silih berganti. Hal ini akan melatih tempo yang kamu inginkan.

4 dari 5 halaman

Fungsi Intonasi

Apa yang dimaksud dengan intonasi juga memiliki fungsi tersendiri. Fungsi intonasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi intonasi adalah sebagai berikut:

-  Membentuk makna. Fungsi intonasi dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah untuk membentuk makna dalam kalimat. Hal ini dapat memberikan kesan atau makna tertentu dari informasi yang disampaikan.

-  Mementingkan suatu bagian dalam kalimat. Fungsi intonasi selanjutnya adalah untuk mementingkan suatu bagian dalam kalimat, biasanya hal ini ditandai dengan adanya penekanan pada kata tertentu. Penekanan ini memengaruhi pengertian dan makna dalam sebuah kalimat.

-  Menimbulkan kesan tertentu. Fungsi intonasi yang ketiga adalah untuk menimbulkan kesan tertentu seperti sedih, gembira, dan lain sebagainya.

-  Menarik Perhatian. Fungsi intonasi berikutnya adalah untuk menarik perhatian penerima pesan. Dengan adanya variasi nada dalam penekanan suatu kata tersebut membuat penerima pesan akan senang untuk mendengarkannya.  

5 dari 5 halaman

Tanda Baca yang Digunakan dalam Intonasi

Dalam bahasa Indonesia, terdapat beberapa tanda baca dalam kalimat yang bisa digunakan dalam intonasi. Tanda baca tersebut terdiri dari:

1. Tanda titik (.) diberikan sebagai penanda pada kalimat berita atau deklaratif.

2. Tanda koma (,) dipakai untuk memisahkan unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan.

3. Tanda seru (!) diberikan sebagai penanda pada kalimat perintah atau kalimat imperatif.

4. Tanda tanya (?) diberikan sebagai penanda pada kalimat tanya atau interogatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.